Liburan dadakan. Mungkinkah?

Liburan yang terencana mungkin lebih hemat dan menenangkan, apalagi jika bepergian dengan keluarga. Namun, kata siapa, liburan dadakan tidak mungkin dilakukan? Kadang kita butuh tantangan agar hidup tak monoton, bukan?

171 views   |   shares
  • Kebanyakan dari para penikmat jalan-jalan atau liburan biasanya memesan tiket dan membuat rencana perjalanan dari jauh-jauh hari. Biasanya dengan tujuan agar lebih hemat, sebab tiket, penginapan dan beberpa tempat wisata yang dipesan dadakan harganya jauh berbeda dengan yang dipesan sejak lama.

  • Terkait hal ini, detikTravel, melakukan survei, yang hasilnya ternyata 60 persen dari total responden menyatakan lebih suka untuk pergi berlibur secara dadakan tanpa ada rencana sebelumnya. Waw, cukup mengejutkan ya? Tanggapan yang diberikan pun berbeda-beda dari setiap orang. Kebanyakan dari responden yang memilih liburan dadakan biasanya lebih suka dengan kejadian yang datang tidak terduga, karena pengalamannya lebih seru dan tidak terlupakan. Sensasinya juga berbeda bagi sebagian orang.

  • Sisanya, sebanyak 40 persen memilih liburan dengan terencana sesuai daftar yang telah dipersiapkan. Liburan terencana dipilih oleh sebagian responden hasil survei, karena budget atau dana yang harus dipersiapkan sebelum keberangkatan. Namun, ada juga yang lebih memilih karena persiapan lainnya.

  • Liburan terencana memang akan lebih sesuai dan teratur, karena banyak hal yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Rencana dan antisipasi pun sudah dilakukan sebelumnya. Tetapi, pengalaman dari mereka yang memilih pergi dadakan mungkin akan lebih seru dan petualangan melancong akan jauh lebih terasa ya? Tapi sebetulnya mungkinkah kita melakukan liburan dadakan? Kenapa tidak?

  • Liburan dadakan kadang diperlukan jika hidup sudah begitu monoton dan membosankan. Kristen Miglore, traveler yang juga executive editor di Food52 mengatakan bahwa kini ada berbagai applikasi peta yang bisa diunduh di handphone, applikasi lain yang bisa membantu perjalanan dadakan seperti foursquare, yelp, tripadvisor dan scores juga akan membantu kita untuk memilih lokasi-lokasi menarik, dan tempat makan yang enak dan sesuai kantong.

  • Mencari penginapan pun tak selalu harus hotel mahal, kita bahkan bisa menginap di rumah atau apartemen seseorang, kini, tambah Kristen. Dan untuk dia, aplikasi yang paling banyak membantu dalam melakukan liburan spontan adalah media sosial. Sebab, kita bisa mencari kata kunci lokasi tempat berada, dan muncullah ribuan ulasan penting mengenai lokasi liburan itu. Berbagai rekomendasi dan kritik pun akan membuat kita terhindar dari berbagai bahaya yang mungkin terjadi.

  • Sementara menurut Nancy Parode, senior travel expert, dari California, keuntungan liburan dadakan adalah serunya berbagai kejadian tak terduga yang bisa menjadi memori. Salah satunya, tidak ada persiapan tentang rute yang akan diambil juga bisa menjadi cerita tersendiri. Karena tidak selamanya tersasar itu buruk. Malah kadang membawa kisah sendiri yang mungkin tak terlupakan.

  • Advertisement
  • Menurut Nancy, kadang hidup dengan segala rencana malah membosankan. Jika sudah terlalu penat, jangan menunggu-nunggu kapan liburan. Segeralah liburan sekarang juga. Perjalanan yang mendadak, destinasi yang menyegarkan mata dan pikiran, dan semangat yang meletup-letup ampuh membuang penat jauh-jauh.

  • Liburan dadakan memang seru, namun tetap pastikan bahwa destinasi yang akan dituju masih dijangkau. Jangan sampai tempat yang dituju tidak terjangkau oleh transportasi baik pribadi atau umum. Jika minim sinyal telepon atau internet, pastikan traveler sudah menghubungi orang terdekat

  • Pergi secara mendadak, tandanya harus membuat segala yang berkaitan dengan nyaman. Untuk menemani sepanjang perjalanan, ajaklah teman yang seru dan anti ribet. Pilihlah orang-orang yang sekiranya tidak mudah mengeluh soal kondisi yang akan dihadapi saat travelling. Atau justru temukanlah teman di perjalanan. Asal waspada saja, ya.

  • Selain itu, tips penting liburan dadakan yang utama adalah, memastikan bahwa Anda memiliki cukup uang di dompet atau ATM untuk makan, penginapan dan transportasi. Jika liburan dadakan keluar negeri, dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan pun harus tersedia dan jangan sampai tertinggal dong. Serunya liburan bisa berubah menjadi bencana, tanpa dokumen-dokumen tersebut.

  • Jangan lupa juga membaca charger ponsel, atau memastikan ponsel Anda tidak kehabisan baterai dan paket internet. Terakhir, karena Anda pergi tanpa rencana, maka jangan menetapkan ekspektasi yang terlalu tinggi terkait tujuan wisata. Tidak perlu mengunjungi semua tempat di satu daerah yang telah Anda pilih sebagai lokasi liburan. Santai saja dan nikmati segala spontanitas yang mengguncang adrenalin Anda. Selamat berpetualang!

Baca, hidupkan, bagikan!

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Liburan dadakan. Mungkinkah?

Liburan yang terencana mungkin lebih hemat dan menenangkan, apalagi jika bepergian dengan keluarga. Namun, kata siapa, liburan dadakan tidak mungkin dilakukan? Kadang kita butuh tantangan agar hidup tak monoton, bukan?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr