Apakah Anda Memiliki Tujuan dalam Hidup? Menggapai Tujuan Keluarga dan Pribadi

Menetapkan sebuah tujuan sebagai sebuah keluarga dapat menjadi perbedaan antara memiliki sebuah keluarga yang baik dengan menikmati keberadaan bersama keluarga yang hebat. Mengajar anak-anak kita untuk menetapkan tujuan.

2,406 views   |   2 shares
  • Menetapkan sebuah tujuan sebagai sebuah keluarga dapat menjadi perbedaan antara memiliki sebuah keluarga yang baik dengan menikmati keberadaan bersama keluarga yang hebat. Mengajar anak-anak kita untuk menetapkan tujuan dan mencapai hasilnya akan membantu anak-anak Anda dan membantu seluruh anggota keluarga besar untuk mencapainya.

  • Tidak ada keluarga efektif atau anak yang luar biasa “yang terjadi begitu saja.” Mereka adalah hasil dari perencanaan dan pengelolaan yang kesemua itu membutuhkan persatuan dalam tujuan keluarga.

  • Melakukan hal-hal untuk mencapai tujuan dapat menjadi sesuatu yang menantang. Namun, hal tersebut juga dapat menjadi suatu hal yang menyenangkan. Ada banyak tempat yang dapat digunakan keluarga menjadi suatu tujuan. Jangan pernah mencoba untuk menerapkan atau menetapkan langsung secara menyeluruh dalam satu pertemuan keluarga. Keluarga Anda akan berontak. Perkenalkan kepada mereka sedikit demi sedikit secara bertahap.

  • Tujuan dalam Tingkah Laku

  • Kita semua akrab dengan tujuan ini dalam keluarga kita. Anda mungkin akan mengatasi pertentangan (menghilangkan atau menyempurnakannya), kejujuran, pelayanan tanpa pamrih, atau yang lainnya. Biasanya sebuah keluarga melakukan hal-hal tersebut dalam kurun waktu yang singkat, lalu setelah itu tidak dilakukan lagi.

  • Ingatlah dua prinsip berikut :Yang pertama adalah prinsip ”Sedikit demi Sedikit”. Dan yang kedua adalah,”Setiap hal kecil dapat membuat suatu perubahan”. Terkadang kita merasa gagal dan berpikir, “Ya, kita telah berusaha menjadi jujur selama 6 bulan penuh. Lalu setelah 3 tahun berlalu, dan dengan sangat menakutkan, kita telah gagal untuk menjadi jujur sepenuhnya.” Tidak begitu. Kita membesarkan anak-anak dan merubah perilaku buruk mereka sedikit demi sedikit. Anak-anak belajar mengenai kejujuran ketika mereka berusia 4 tahun, lalu di usia 8 tahun. Mungkin akan mengulanginya lagi di usia 12 tahun, dan usia 16 tahun dan seterusnya. Setiap waktu mereka mempelajarinya dengan cara yang berbeda. Sedikit demi sedikit, Anda pasti akan membesarkan anak-anak yang jujur sepenuhnya.

  • Intinya, setiap hal kecil dapat membuat suatu perubahan. Anda berusaha untuk menghilangkan pertengkaran di dalam rumah untuk beberapa bulan, setelahnya Anda tidak lagi berusaha untuk melakukannya. Walaupun Anda berusaha hanya dalam kurun waktu yang singkat dalam memberikan kontribusi dan perbaikan untuk keluarga Anda. Hal tersebut telah membantu membawa kedamaian ke dalam rumah Anda. Hal tersebut membuat setiap dari anggota keluarga Anda menjadi sedikit lebih baik. Setiap upaya kecil yang Anda berikan untuk membesarkan anak-anak Anda menjadi anak-anak yang istimewa adalah penting dan membuat suatu perubahan. Anda akan terkejut ketika anak-anak Anda beranjak dewasa dan mereka mengatakan betapa hal yang tampaknya tidak penting, hal kecil yang dapat membawa perubahan besar dalam kehidupan mereka. Anda hanya perlu untuk berusaha melakukan hal-hal baik sedikit demi sedikit.

  • Advertisement
  • Tujuan Kerohanian

  • Dalam budaya keluarga Anda, Anda mungkin ingin memfokuskan pada doa harian keluarga, pertemuan mingguan keluarga, dan pembelajaran tulisan suci keluarga. Anda mungkin memiliki tujuan lain yang penting bagi keluarga Anda. Berkomitmen dan berusaha dalam melakukan kegiatan-kegiatan tersebut akan membawa berkat besar bagi seluruh keluarga.

  • Tujuan Keuangan

  • Di sini,keluarga dapat melihat tujuan dan menyadari bahwa anak perempuan Anda mungkin perlu menabung untuk biaya kuliahnya untuk beberapa tahun mendatang. Anak lelaki Anda mungkin perlu mulai menabung untuk membeli mobil pertama mereka. Anda dapat merencanakan liburan, untuk pernikahan indah anak-anak Anda dan untuk pengeluaran lainnya. Menetapkan tujuan keuangan dan memiliki diskusi mengenai hal tersebut dengan keluarga Anda akan sangat membantu dengan menabung. Belum lagi, hal tersebut adalah sangat efektif dalam mengajarkan anak-anak Anda bagaimana untuk membuat anggaran, dan menabung serta berencana untuk masa depan.

  • Jadi, seringkali hanya orangtua yang memiliki diskusi mengenai hal ini, namun hal ini akan sangat berharga untuk menetapkan tujuan keuangan ini sebagai keluarga dimana anak-anak dapat memberikan ide-ide mereka dan menjadi mengerti. Sebagai contoh, Anda dapat duduk bersama sebagai sebuah keluarga dan mengatakan, “Kita perlu mendekorasi ulang dapur rumah kita. Apa yang harus kita lakukan dan bagaimana kita dapat menabung agar kita dapat mewujudkannya? “Libatkan mereka dalam proses menetapkan tujuan keuangan keluarga.

  • Tujuan Rekreasi

  • Apakah keluarga Anda senang melakukan olahraga tertentu? Olahraga apa? Kapan? Apakah Anda memerlukan kelas kursus atau peralatan untuk olahara tersebut?. Pada satu tahun tertentu, ayah saya (dimana, ketika saya mengingat lagi, ayah saya sedang mengalami krisis paruh baya) menyarankan agar kita mengambil kursus satu olahraga tertentu sebagai bentuk olahraga keluarga. Kami semua berdiskusi mengenai hal tersebut dan (diberkatilah ibu saya) kami mendapatkan peralatan untuk olahraga tersebut, dan kami melakukan olahraga itu bersama-sama keluarga kami semenjak saat itu.

  • Apakah keluarga Anda akan pergi liburan? Ke mana dan kapan? Banyak keluarga yang tidak merencanakan untuk pergi liburan. Bagi mereka yang tidak memiliki rencana, jangan pergi liburan. Ini biasanya bukan karena kekurangan uang, namun kurangnya perencanaan yang dapat membuat liburan Anda menjadi bencana. Ini adalah sebuah kesempatan yang luar biasa untuk keluarga Anda. Liburan dapat dilakukan dengan sangat murah jika Anda bisa menjadi kreatif.

  • Advertisement
  • Seperti telah disebutkan sebelumnya, kunci keberhasilan dalam mencapat suatu tujuan adalah dengan menuliskannya dan berkomitmen untuk melakukannya.

  • Setelah menetapkan tujuan keluarga (dimana tujuan ini dapat berubah dari tahun ke tahun). Hal ini sangat membantu untuk kemudian diwariskan ke setiap anak agar merekapun dapat membuat tujuan dan gol pribadi mereka sendiri.

  • Berikut ini adalah cara yang baik dalam membantu anak-anak membuat gol pribadi mereka. Setiap tahun, biarkan mereka membuat gol pribadi mereka (sekitar 5 atau 6 gol), seperti: Gol untuk mendapatkan nilai 10 dan 9 untuk semua mata pelajaran di sekolah, “mendapatkan piagam penghargaan dari kegiatan pramuka”, “menjadi selalu jujur di rumah”, atau apa pun yang mereka inginkan. Ya, Anda mungkin akan memiiliki anak yang menginginkan untuk membuat daftar 10 gol, dan ada juga yang hanya menginginkan satu atau lebih hal yang mereka inginkan, atau tidak sama sekali.

  • Buatlah sekitar 6 gol dan cetak tulisan gol tersebut dari komputer pada selembar kertas besar yang menarik. Letakkan kertas yang telah dicetak tersebut ke dalam pigura foto berukuran 8x10 kemudian gantung pigura tersebut di dinding samping tempat tidur mereka. Hal ini dapat menjadi pengingat yang kuat dan instan-terutama ketika Anda mendiskusikannya secara teratur.

  • Sebuah papan tulis besar atau papan pengumuman di dalam kamar mereka dapat juga menjadi cara yang efektif. Anak-anak dapat membuat daftar gol mereka setiap waktu, termasuk gol untuk jangka pendek seperti, “membersihkan kandang hewan peliharaan mereka”. Ini adalah papan pengingat yang sangat fleksibel, dan mereka dapat menggunakannya berulang-ulang.

  • Membuat gol dalam rencana pertemuan keluarga akan MELIBATKAN SEMUA KELUARGA. Semua akan memiliki tanggung jawab yang sama dan (biasanya) juga komitmen yang sama. Sekali lagi, kita perlu mengevaluasi kembali di akhir tahun untuk melihat apakah kuta berada di jalur yang tepat, dan melihat apakah gol tersebut masih relevan bagi keluarga kita.

  • Membantu anak-anak dan keluarga menetapkan dan mencapai gol adalah penting dalam rangka membesarkan anak-anak yang akan benar-benar menjadi mandiri, dimana mereka telah dibekali dengan kekuatan dan keterampilan yang akan mereka gunakan seumur hidup mereka. Pada kenyataannya “melakukan”adalah bagian paling penting. Semacam pelatihan, hari demi hari, tahun demi tahun, hal ini menimbulkan dampak yang luar biasa. Orang dewasa yang belum pernah belajar keterampilan ini akan memerlukan perjuangan yang lebih besar dalam kehidupannya. Perbedaan kedewasaan antara mereka yang telah memiliki dan melakukan gol mereka dengan orang yang tidak memiliki gol adalah sangat mencolok.

  • Advertisement
  • Keluarga yang efektif dan anak-anak yang istimewa semua dimulai dengan menetapkan gol dan melakukannya dengan baik. Gol apa yang Anda ingin tetapkan minggu ini? Bicarakan dengan keluarga Anda dan mulailah.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "Got goals? Achieving family and personal goals" karya Merrilee Boyack.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Merrilee Boyack is a mom of four sons, grandma to two and an attorney, author, and professional speaker. Email at: maboyack@gmail.com. Website: MerrileeBoyack.com

Apakah Anda Memiliki Tujuan dalam Hidup? Menggapai Tujuan Keluarga dan Pribadi

Menetapkan sebuah tujuan sebagai sebuah keluarga dapat menjadi perbedaan antara memiliki sebuah keluarga yang baik dengan menikmati keberadaan bersama keluarga yang hebat. Mengajar anak-anak kita untuk menetapkan tujuan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr