Sudahkah Anda mengenal kawan-kawan dari anak-anak Anda? Penting lho

Seringkali anak Anda lebih senang mendengarkan apa yang dikatakan temannya dibanding nasihat orangtua. Kalau sudah begini, apa yang Anda harus lakukan?

125 views   |   15 shares
  • Sebagai orangtua, Anda memiliki kewajiban untuk menolong anak mengembangkan kemampuan sosial dan emosi mereka. Namun seiring dengan bertambahnya usia, anak-anak secara alami menjalani perubahan pola pikir dan perilakunya. Di saat usia beranjak remaja, pengaruh teman sebaya seringkali menjadi lebih dominan daripada orangtua ataupun guru, mulai dari gaya berpakaian, rambut, hingga kesenangan maupun kebiasan mereka. Anak pun lebih mendengarkan apa yang dikatakan temannya dibanding nasihat orangtua yang seringkali terdengar "kuno". Kalau sudah begini, apa yang Anda harus lakukan?

  • 1. Perlu mengenal teman anak

  • Seringkali kebiasaan yang terjadi diantara orangtua adalah tidak mengenal teman anak, nama maupun tempat tinggalnya. Sebaiknya Anda tahu dengan siapa anak berteman, dari mana asalnya dan siapa orang tuanya, untuk menghindari pengaruh buruk yang sering timbul dalam pergaulan anak seusianya. Pengaruh orangtua seringkali tergantikan oleh karena anak mulai menyatu dengan teman-teman sebayanya.

  • 2. Buka 'pintu' rumah untuk teman anak

  • Saat anak masih kecil undang temannya untuk bermain ke rumah. Pastikan Anda persiapkan beberapa permainan yang dapat mereka nikmati bersama. Bermainlah bersama mereka dan perkenalkan pada mereka aneka kegiatan yang dapat mendorong anak berimajinasi.

  • 3. Tahu kapan harus mundur

  • Perhatikan respon anak Anda dan teman-temannya di saat Anda bersama mereka. Usahakan menjaga peran Anda sebagai pendukung dan bukan pemeran utama. Bila ada tanda-tanda ketidaksenangan dari mereka, jangan segan untuk mundur dan memantaunya dari jauh saja.

  • 4. Hargai dan berikan pujian

  • Kenali nama-nama mereka dan panggillah dengan nama yang benar. Seringkali anak-anak membuat nama julukan antar sesama mereka. Bagi Anda, tetap gunakan nama asli mereka. Perhatikan apa yang mereka kerjakan dan jangan segan memberikan pujian terhadap hal baik yang mereka lakukan.

  • 5. Anda bertindak sebagai pelindung mereka

  • Usia remaja seringkali mudah tertarik ke arah mana saja sesuai dengan keinginan kelompoknya. Ketika Anda mengenal satu persatu anggota kelompok anak Anda, Anda akan tahu apa yang akan mereka lakukan. Dengan menjalin pertemanan yang dekat, Anda dapat mengarahkan kegiatan yang dapat mendorong mereka berhasil di masa depan. Tanpa Anda sadari Anda telah menjadi pelindung mereka.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Sudahkah Anda mengenal kawan-kawan dari anak-anak Anda? Penting lho

Seringkali anak Anda lebih senang mendengarkan apa yang dikatakan temannya dibanding nasihat orangtua. Kalau sudah begini, apa yang Anda harus lakukan?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr