Bayi mogok makan? Mungkin ini saatnya menaikkan level tekstur MPASI-nya

Ingin secepatnya memberikan makanan berat kepada bayi Anda? Ada baiknya perhatikan tekstur makanan sesuai tahapan usianya.

323 views   |   shares
  • Setelah masa ASI eksklusif, bayi yang menginjak usia 6 bulan perlu diberikan makanan pendamping ASI (MPASI) sambil terus diberikan ASI. Setiap Ibu tentunya ingin memberikan yang terbaik bagi buah hatinya, dalam hal ini memberikan makanan yang sehat dan bergizi. Ketika diberikan makan, maka anak mendapat asupan gizi yang dibutuhkan tubuhnya. Makanan yang diberikan kepada anak perlu diperhatikan bukan hanya kandungan gizinya saja, namun perlu juga diperhatikan tekstur dan tahapannya.

  • Berikut tahapan tekstur MPASI sesuai dengan usia si kecil, seperti pada laman berikut ini:

  • 1. Usia 6 bulan

  • Pada saat awal pemberian MPASI kepada anak, sebaiknya diberikan dalam porsi kecil dan tekstur yang cair menyerupai ASI, misalnya ubi ungu atau labu kuning yang dikukus dan dihaluskan serta ditambahkan ASI hingga agak cair. Hal ini dikarenakan anak masih perlu penyesuaian terhadap makanannya. Secara perlahan anak diberikan makanan dengan pola waktu tertentu. Mungkin pada awalnya anak akan menolak atau susah makan, namun sebaiknya walau hanya sedikit demi sedikit anak tetap diberikan makan sesuai waktunya.

  • 2. Usia 7-8 bulan

  • Pada periode ini anak sudah dapat diperkenalkan dengan makanan yang disaring, misalnya bubur + pisang atau bubur + kaldu + wortel yang disaring. Tentu saja porsinya juga masih disesuaikan dengan pencernaan anak dan biasanya masih dalam porsi kecil.

  • 3. Usia 9 bulan

  • Pada usia ini anak dapat diperkenalkan dengan tekstur makanan yang lebih kasar. Namun pada awalnya Anda dapat memberikannya dengan dicampur antara makanan yang disaring dan tim, misalnya sedikit nasi tim ayam giling dicampur dengan bubur wortel yang disaring. Namun jika anak tidak mengalami kesulitan untuk makan maka tidak perlu dicampur lagi. Anak juga mulai dapat dilatih makan sendiri dengan makanan yang dapat digenggamnya, misalnya biskuit anak, wortel kukus yang dipotong bentuk stik, buah yang dipotong kecil-kecil, dll.

  • 4. Usia 12 bulan

  • Pada usia ini anak sudah dapat makan seperti menu keluarga. Tentu saja sebaiknya hindari makanan dengan bumbu yang terlalu banyak dan makanan yang menggunakan MSG atau penyedap rasa.

  • Mulailah untuk memberikan anak makanan yang sehat dan bergizi sejak dini. Bukan hanya untuk mengejar berat badan idealnya, namun yang lebih penting dari itu adalah memberikan anak masa depan yang baik. Makanan yang sesuai dengan tahapan usia anak tentu menjadi makanan yang sehat baginya. Dengan makan makanan yang sehat dan bergizi anak mendapatkan apa yang dibutuhkan tubuhnya. Aktivitas anak pun akan berjalan dengan baik.

  • Advertisement
Bagikan kepada teman-teman Anda!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Bayi mogok makan? Mungkin ini saatnya menaikkan level tekstur MPASI-nya

Ingin secepatnya memberikan makanan berat kepada bayi Anda? Ada baiknya perhatikan tekstur makanan sesuai tahapan usianya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr