Baby Led Weaning, kapan bayi saya boleh memulainya?

Waktu makan menjadi waktu yang sangat dinantikan anak, benarkah demikian? Apakah waktu makan tidak menjadi permasalahan bagi anak Anda? Dapatkah anak duduk diam dan menghabiskan makanan yang ada di hadapannya?

177 views   |   2 shares
  • Sebelum memulai Baby Led Weaning atau yang lebih dikenal dengan sebutan BLW, ada baiknya kita mengetahui dulu apa itu BLW. BLW adalah metode yang membiarkan anak untuk makan sendiri dan bereksplorasi dengan rasa, warna, dan tekstur dari makanan tersebut. Ketika anak menginjak usia 6 bulan, anak sebaiknya mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI) guna mencukupi kebutuhan gizinya. Biasanya anak dapat makan dengan cara disuapi, namun ada juga anak mulai diterapkan makan dengan metode BLW ini.

  • Seperti pada laman ini, ada banyak manfaat BLW. Beberapa diantaranya adalah BLW dapat dinikmati, alami, melatih anak makan dengan aman, bersikap positif terhadap makanan, nutrisi yang lebih baik, dll.

  • Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memulai metode BLW:

  • 1. Makanan yang boleh dimakan dan tidak boleh dimakan

  • Makanan yang dikonsumsi sebaiknya makanan yang lembut dan mudah dicerna oleh anak. Selain itu makanan yang mengandung perasa buatan dan MSG jangan dulu diberikan kepada anak karena dapat membuat gangguan pada pencernaan dan menghambat penyerapan gizi. Selain itu dapat juga membuat anak kecanduan/tidak mau makan makanan sehat dengan perasa alami lagi.

  • 2. Kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam makanan

  • Pilihlah makanan yang mengandung banyak gizi dan nutrisi buat anak, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Contohnya wortel, pisang, labu, dll. Sebaiknya untuk sayuran dicuci dan dimasak terlebih dahulu hingga lembut tapi tidak lembek, sedangkan untuk buah dapat dicuci dan dipotong bentuk stik/irisan sehingga lebih mudah dipegang dan dikunyah oleh anak.

  • 3. Kebebasan dalam bereksplorasi

  • Biarkan anak bereksplorasi dengan makanannya seperti makanan berjatuhan dan mulut yang kotor sehingga anak dapat dengan cepat melakukan metode BLWdan merasakan semua jenis makanan secara langsung. Untuk tidak merepotkan Anda membersihkan makanan yang jatuh, beri alas dibawah kursi tinggi anak atau beri plastik jika duduk di lantai atau di karpet.

  • Anak dapat makan bersama ditengah waktu makan keluarga, hal ini tentunya menjadi kehangatan tersendiri dalam keluarga. Yuk latih anak menikmati makanannya sejak dini sehingga kelak Anda tidak perlu repot menyuapi anak makan dalam jangka waktu yang lama. Jangan terlalu kuatir dengan mulut yang kotor atau area makan anak menjadi kacau di waktu awal pelatihan anak. Semua itu hanya sementara dan sebentar saja karena anak akan cepat terlatih menikmati makanannya. Selamat mencoba!

  • Advertisement
1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Baby Led Weaning, kapan bayi saya boleh memulainya?

Waktu makan menjadi waktu yang sangat dinantikan anak, benarkah demikian? Apakah waktu makan tidak menjadi permasalahan bagi anak Anda? Dapatkah anak duduk diam dan menghabiskan makanan yang ada di hadapannya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr