Yuk, ke dapur dan buat 'sensory play' sendiri!

Ternyata tidak perlu susah-susah mencari toko mainan anak-anak khusus untuk membeli permainan sensorik yang harganya selangit. Semua bahannya tersedia di dapur lho.

285 views   |   1 shares
  • Ada banyak jenis permainan yang melatih sensor otak pada anak. Dan diantara sekian banyak yang tersedia di pasaran, ternyata Anda juga bisa menciptakannya sendiri di rumah, menggunakan kreasi Anda dan anak-anak. Semua bahannya dapat diperoleh dari dapur dan pantry Anda lho. Tentunya, juga aman apabila tidak sengaja tertelan oleh anak-anak. Berikut inspirasinya:

    1. Keluarkan stok tepung roti yang kemarin masih tersisa setelah Anda mambuat lumpia goreng beberapa hari lalu. Lalu, pisahkan ke dalam beberapa mangkuk berbeda. Siapkan setidaknya 3 pewarna makanan berbeda untuk menciptakan bread crumbs berwarna-warni menarik untuk si kecil.

    2. Pasta kering. Pasta sisa Anda mengolah mac and cheese kemarin bisa Anda keluarkan dan pakai untuk bermain anak-anak lho.

    3. Buatlah sandbox ala rumahan dan isi dengan oatmeal sebagai pasirnya!

    4. Jika Anda tidak memiliki 'pasir' untuk mengisi sandbox Anda bisa menggantinya dengan tepung jagung.

    5. Siapkan campuran coklat yang lezat serta marshmallows. Biarkan si kecil bermain celap-celup dengan marshmallows-nya.

    6. Tepung yang biasa Anda gunakan untuk membuat kue pun bisa menjadi bahan paling sederhana untuk anak-anak melatih sensor otaknya.

    7. Buatlah jelly dari tepung agar-agar instan. Jangan berikan gula agar ketika dimainkan si kecil, permukaannya tidak menyebabkan lengket di kulit dan telapak tangannya.

    8. Whipped cream? Kenapa tidak. Teksturnya yang seperti kapas pasti disukai anak-anak. (Tapi mungkin sesekali saja, mengingat whipped cream cenderung mahal)

    9. Buatlah adonan dari kelapa atau adonan roti biasa untuk mengajarkan anak mengenal tekstur.

    10. Siapkan beberapa buah-buahan yang memiliki banyak daging. Misalnya, semangka, melon atau papaya. Kemudian potong-potong dengan menggunakan cookie cutters atau cetakan biskuit yang memiliki beragam bentuk lucu. Anak-anak pasti suka!

  • Tunggu apa lagi bunda? Yuk, ke dapur dan sibukkan sekaligus didik si kecil dengan cara yang menyenangkan! Dan, masih banyak lagi ide lainnya untuk membuat sensory play di sini.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Lulus sebagai Sarjana Sastra dan menjabat sebagai Content Manager www.keluarga.com. Wiwin mengawali kariernya di media cetak harian nasional tertua di Indonesia, mengasah kemampuannya sebagai jurnalis mulai dari reporter junior hingga editor senior di beberapa majalah gaya hidup asing dan lokal Indonesia.

Situs: http://wiwinwiw.wordpress.com

Yuk, ke dapur dan buat 'sensory play' sendiri!

Ternyata tidak perlu susah-susah mencari toko mainan anak-anak khusus untuk membeli permainan sensorik yang harganya selangit. Semua bahannya tersedia di dapur lho.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr