Mengajar si kecil untuk meminta maaf dengan tulus

Pada anak balita di usia 1 - 3 tahun, pemahaman tentang arti meminta maaf mungkin belum dapat dimengerti sepenuhnya. Kadang mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan benar atau salah.

424 views   |   4 shares
  • Sebagai orangtua, sudah menjadi kewajiban dan tugas Anda untuk menanamkan nilai kebaikan pada anak. Salah satunya adalah mengajari anak tentang pentingnya makna dari meminta maaf. Mengajarkan anak untuk meminta maaf dengan tulus berarti Anda telah membantu anak untuk belajar bertanggung jawab pada kesalahannya, dan mengajari anak mempunyai empati pada orang lain. Hal ini bisa menjadi bekal bagi anak dalam kehidupannya kelak untuk bisa bersosialisasi dengan baik.

  • Mengajar si kecil untuk berani meminta maaf dengan tulus sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Bahkan dimulai saat anak Anda belum mengerti apa-apa. Tanamkan mulai dari kecil agar hal meminta maaf dapat menjadi kebiasaan baik yang mudah untuk dilakukan kepada siapa saja.

  • Pada anak balita diusia 1 - 3 tahun, pemahaman tentang arti meminta maaf mungkin belum dapat dimengerti sepenuhnya. Kadang mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan benar atau salah. Lagi-lagi, tugas Andalah untuk memberitahukan apabila anak dengan sengaja atau tidak sengaja melakukan kesalahan, jelaskan bahwa "itu tidak boleh dilakukan" namun tetap dengan bahasa yang mudah anak mengerti.

  • Misalnya anak tanpa sengaja melempar mainan ke arah temannya lalu temannya tersebut menangis. Anda bisa menekankan pada anak bahwa yang dilakukannya itu salah dan menyakiti temannya. Ajar anak untuk meminta maaf. Walaupun mungkin ia belum bisa mengucapkannya. Tapi jika itu terus dilakukan, seiring anak bertumbuh ia akan paham kapan ia harus meminta maaf.

  • Bagi sebagian anak, meminta maaf merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Ada anak yang mudah untuk meminta maaf saat melakukan kesalahan , ada juga anak yang keras kepala tidak mau meminta maaf meskipun Anda menyuruhnya . Karakter anak berbeda-beda. Oleh sebab itu kedekatan dan peran orangtua sangat penting. Perlu diingat jangan pernah memaksa anak untuk langsung meminta maaf jika anak belum siap meminta maaf. Apalagi sampai didorong-dorong, dimarahi atau diberi ancaman.

  • Di usia 6 tahun ke atas, anak sudah mengerti makna meminta maaf, namun terkadang mereka enggan meminta maaf, meskipun mereka tahu bahwa mereka sudah melakukan kesalahan. Bukannya tidak peka, mereka mungkin merasa takut, malu, atau dalam keadaan marah. Ketika anak menolak untuk meminta maaf, katakan bahwa meminta maaf dan mengakui kesalahan adalah perbuatan berani. Anak berani adalah anak pintar kesayangan ayah bunda.

  • Lihat juga keadaan si kecil, contoh saat ia bertengkar dengan temannya, tentu emosinya masih meluap. Merasa bahwa temannyalah yang memulai pertengkaran dan dirinya yang teraniyaya. Nah, Anda harus memberi kesempatan pada anak untuk menenangkan diri sebelum meminta maaf agar permintaan maafnya benar-benar ikhlas dari hatinya. Buat anak merasa bahwa Anda peduli dan tidak marah padanya. Dengan begitu ia berani meminta maaf. Setelah itu, beri pujian atau pelukan hangat padanya sebagai imbalan atas keberanian si kecil untuk meminta maaf.

  • Advertisement
  • Meminta maaf bukan sekedar mengucapkan kata "maaf." Tetapi keberanian mengakui kesalahan dan memperbaiki keadaan. Pelukan, jabat tangan dan rangkulan adalah tanda bahwa si kecil ikhlas meminta maaf.

  • Yang paling penting, jadilah teladan dan contoh yang baik untuk anak Anda. Anak akan meniru apa yang dilihatnya dan apa yang didengarnya. Ketika Anda sendiri melakukan kesalahan pada anak, janganlah malu untuk meminta maaf. Lakukan kebiasaan ini mulai dari lingkungan keluarga.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Mengajar si kecil untuk meminta maaf dengan tulus

Pada anak balita di usia 1 - 3 tahun, pemahaman tentang arti meminta maaf mungkin belum dapat dimengerti sepenuhnya. Kadang mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan benar atau salah.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr