Dia tidak mau mengakhiri hubungan. Saya harus bagaimana?

Ketika ingin berpisah namun ternyata si dia tidak mau mengakhiri hubungannya, apa yang harus Anda lakukan?

2,082 views   |   4 shares
  • Ada banyak alasan bagi seseorang pada akhirnya mengambil keputusan untuk mengakhiri hubungan percintaannya. Banyaknya perbedaan yang terjadi, sudah tak ada lagi kecocokan yang tercipta, sifat egois pasangan, berkurangnya perhatian, seringnya terjadi beda pendapat dan berbagai masalah lainnya yang biasanya menjadi alasan mereka ingin putus dari pasangannya.

  • Hubungan percintaan seperti demikian, bila fondasi cinta dan komitmen awal Anda tidak kuat, maka saat masalah itu datang dan datang lagi menghampiri hubungan Anda, perasaan cinta pun akan hancur perlahan-lahan. Saat Anda berada dalam hubungan yang menurut Anda sudah tak seindah harapan, Anda tentu merasa tidak nyaman dan tidak bahagia menjalaninya. Rasanya ingin segera putus saja dan berpisah dari pasangan Anda. Karena apa gunanya juga tetap bertahan dalam hubungan seperti itu. Hanya menambah beban dan rasa sakit hati Anda.

  • Akhirnya yang bisa Anda lakukan adalah memberanikan diri mengambil keputusan untuk mengakhiri hubungan Anda. Namun sebelum mengucapkan kata pisah, Anda pun harus bijak membaca situasi, terlebih lagi bila Anda ingin putus karena emosi sesaat. Tentu harus Anda pikirkan matang-matang sebelum bertindak. Jangan sampai Anda menyesal dengan keputusan Anda sendiri.

  • Karena ini keputusan sepihak dari Anda, maka Anda harus memikirkan reaksi atau respons dari pasangan Anda. Bagus kalau akhirnya pasangan Anda mengerti alasan mengapa Anda ingin berpisah, menerima keputusan Anda dengan ikhlas dan merelakan hubungan Anda berdua berakhir. Tetapi bagaimana kalau ternyata doi ngotot tidak mau berpisah dengan Anda? Apa yang harus Anda lakukan?

  • "Mungkin sebaiknya Anda harus membicarakannya kembali dengan pasangan Anda mengapa Anda ingin putus darinya. Berikan pernyataan yang jujur dan sebisa mungkin membuat dia minim sakit hati atas penjelasan Anda. Jelaskan baik-baik bahwa keputusan tersebut demi kebahagian Anda. Berikan juga kesempatan padanya untuk mengutarakan pendapatnya. Jika, ia masih saja tidak mau mengakhiri hubungan. Tanyakan alasannya. Anda juga harus mempertimbangkan alasannya. Bila alasannya dapat memperbaiki hubungan Anda berdua, tidak ada salahnya memberikan dia kesempatan untuk berubah. Itu tandanya dia masih menginginkan Anda dan tentunya masih menyayangi Anda!" ( Titus, 38 tahun, Kediri )

  • " Saya harus bagaimana bila pasangan tidak mau mengakhiri hubungan? Yang pertama, beri dia waktu. Tetapi jangan terlalu lama memberikannya waktu. Tentukan batas waktunya dengan jelas. Beri dia kesempatan untuk berpikir sampai dia bisa memberi keputusan akhir, apakah ia bisa menerima perpisahan atau tidak. Bisa jadi saat Anda mengutarakan untuk berpisah, keadaan Anda berdua saat itu sama-sama emosi, cara penyampaian Anda yang berbelit-belit atau alasan Anda untuk putus tidak masuk akal bagi dia, makanya dia juga tidak bisa menerima keputusan Anda begitu saja." ( Asih, 27 tahun, Kediri)

  • Advertisement
  • Memang tidak mudah bagi seseorang untuk bisa menerima kata putus dari pasangannya. Apalagi bila hubungan mereka sudah terjalin lama. Pasti akan semakin sulit untuk berpisah.

  • "Buat kesepakatan dan berikan dia kesempatan terakhir padanya. Mungkin hanya itu yang bisa Anda lakukan pada pasangan yang tidak mau pisah dari Anda. Jelaskan padanya untuk bisa menghormati kesepakatan dan kesempatan yang Anda berikan. Jika dia melanggar, konsekuensinya adalah Anda akan meninggalkannya dan hubungan Anda berdua akan berakhir." ( Pethris, 22 tahun, Mahasiswa)

  • Mengakhiri hubungan dengan seseorang bukan berarti Anda lantas menjadi benci padanya. Bagaimanapun dia pernah menjadi orang spesial di kehidupkan Anda.

Bantu kami menyebarkan

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Dia tidak mau mengakhiri hubungan. Saya harus bagaimana?

Ketika ingin berpisah namun ternyata si dia tidak mau mengakhiri hubungannya, apa yang harus Anda lakukan?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr