Mengatasi pengaruh inflasi dalam rumah tangga agar keuangan tetap terkendali

Dalam keadaan inflasi di mana semua barang kebutuhan rumah tangga naik harganya, apa yang mesti kita kerjakan untuk membuat anggaran tidak melar?

491 views   |   1 shares
  • Dalam keadaan inflasi di mana semua barang kebutuhan rumah tangga naik harganya, apa yang mesti kita kerjakan untuk membuat anggaran tidak melar?

  • Berhemat alias mengencangkan ikat pinggang

  • Tentu saja ini jalan terbaik, kalau bisa. Bagaimana jika hidup Anda sudah pas-pasan sampai tak ada lagi yang bisa dihemat? Katakanlah Anda hidup sederhana sekali, tidak punya mobil supaya mengirit ongkos bensin, reparasi, asuransi, biaya surat-surat mobil. Makan juga lebih sering nasi serta sayur, daging dihidangkan hanya sebeduk sekali. Baju yang itu-itu saja, terakhir Anda membeli baju baru adalah lima tahun lalu. Hanya anak-anak yang Anda pikirkan bajunya karena mereka tumbuh besar, baju-bajunya sudah tidak muat. Apa lagi yang mau Anda hemat?

  • Anggaran belanja sudah Anda atur sebaik mungkin. Sampai capai Anda memisah-misahkan uang setiap menerima gaji. Bagaimanapun Anda atur Anda tidak dapat mencukupi pengeluaran minim rumah tangga Anda.

  • Minta naik gaji

  • Katakanlah Anda sudah bekerja di tempat yang sama selama 5 tahun tetapi gaji Anda tidak naik-naik juga. Anda mendekati bos Anda dan mengajukan permohonan naik gaji. Sayangnya bos Anda berkilah katanya perusahaan makin sulit memperoleh keuntungan, saingan banyak, bahan-bahan baku makin mahal. Katanya lagi Anda beruntung mempunyai pekerjaan karena banyak perusahaan lain terpaksa melakukan PHK supaya dapat bertahan.

  • Mencari pekerjaan lain

  • Memang tidak mudah mencari pekerjaan lain dan jangan pernah Anda mengajukan permohonan berhenti sebelum Anda memperoleh pekerjaan baru. Teliti juga, bahkan selidiki lebih dulu, apakah perusahaan yang ingin mempekerjakan Anda itu lebih bonafide dari perusahaan Anda yang sekarang. Walau menjanjikan gaji lebih besar, jangan sampai baru bekerja 2 bulan perusahaan itu bangkrut. Binalah hubungan yang baik dengan bos yang lama, berilah dia waktu 2 minggu untuk mencari pengganti Anda sebelum Anda berhenti. Siapa tahu Anda terpaksa kembali ke pekerjaan lama Anda.

  • Memanfaatkan keterampilan Anda

  • Apakah Anda memiliki keterampilan yang dapat Anda manfaatkan untuk memperoleh penghasilan tambahan? Bila Anda mampu mereparasi mobil, menjahit baju, menggunting rambut, merias wajah, memasak, membuat kue, bermain piano, menulis, dan banyak lagi lainnya, Anda dapat membuka kursus atau bekerja di rumah sesudah jam kerja. Jika Anda ahli memasak, Anda dapat menerima pesanan rantangan dari tetangga-tetangga yang terlalu sibuk untuk memasak.

  • Internet

  • Advertisement
  • Anda tidak perlu keluar rumah untuk mencari pekerjaan paruh waktu. Banyak orang berbakat memanfaatkan YouTube untuk membuat video masak memasak, menghias wajah, humor, pokoknya apa saja yang sesuai dengan bidang mereka. Jika berhasil mendapat jutaan pemirsa mereka akan dibayar YouTube sebagai pembagian honor dari pemasangan iklan. Anda dapat menulis blog tentang pengasuhan anak, hubungan keluarga, percintaan dan sebagainya. Bila blog Anda populer Anda dapat memperoleh iklan-iklan yang tentu saja menghasilkan uang.

  • Memanfaatkan halaman rumah

  • Betapa kecilnya pun halaman rumah Anda, Anda dapat bercocok tanam untuk membantu berkepulnya asap dapur. Alam Nusantara yang bertanah subur merupakan berkat yang tidak terkira. Cocokkan singkong di halaman atau taburkan biji pepaya, maka Anda dapat memenuhi salah satu dari kebutuhan menu empat sehat lima sempurna.

  • Cabai dan tomat yang kadang-kadang melonjak harganya di pasar, dapat ditanam dengan mudah dari bijinya. Daun cabai dapat dipakai sebagai sayur juga. Bahkan serai akan berkembang biak dari satu tangkai menjadi rumpun yang besar. Pagar dapat Anda manfaatkan untuk tanaman merambat seperti buncis, kecipir, terong dan labu.

  • Bila pekarangan Anda cukup lebar untuk membuat tempat berternak ayam, Anda dapat memulainya dari beberapa anak ayam. Dari telur-telurnya Anda dapat memiliki ayam lebih banyak. Selain makanan, beri juga vitamin dan obat supaya ayam-ayam itu sehat. Dengan cara begini Anda mengurangi pengeluaran untuk membeli makanan.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Mengatasi pengaruh inflasi dalam rumah tangga agar keuangan tetap terkendali

Dalam keadaan inflasi di mana semua barang kebutuhan rumah tangga naik harganya, apa yang mesti kita kerjakan untuk membuat anggaran tidak melar?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr