Dampak buruk menonton film horor yang tidak Anda sadari

Dengan maraknya film horor belakangan ini, banyak orang yang kecanduan menontonnya. Bagaimana dampaknya bagi jiwa penonton?

2,180 views   |   4 shares
  • Dengan maraknya film horor belakangan ini, banyak orang yang kecanduan menontonnya. Bagaimana dampaknya bagi jiwa penonton? Anda mungkin menganggap film hanyalah hiburan. Tidak ada pengaruh yang besar bagi hidup Anda. Tetapi bagi orang lain mungkin tidak begitu halnya. Bahkan cerita tanpa gambar dapat meninggalkan bekas yang dalam, apalagi sesuatu yang dilihat dan dibuat seakan-akan benar terjadi.

  • Sikap penakut

  • Penulis pernah menonton sebuah film Jepang, maklum karena tidak ada film Amerika diputar di negeri kita semasa penulis masih remaja. Ceritanya tentang sebuah kapal kosong yang terapung-apung di laut tanpa awak kapalnya. Sebuah kapal lain yang menemukannya menjadi korban karena orang-orangnya ikut menghilang sesudah terkena cairan hijau dari kapal kosong itu. Ternyata mula-mulanya awak kapal kosong itu terkena radiasi sehingga yang tertinggal hanyalah baju-bajunya. Film ini tidak dibuat dengan teknologi secanggih film-film sekarang, sound effect-nya juga tidak mengejutkan seperti film horor saat ini. Namun selama seminggu penulis tidak bisa tidur karena ketakutan. Siapa tahu ketika tidur ada cairan hijau yang mengalir ke tempat tidur. Bayangkan!

  • Membuat hati keras

  • Memang bukan film horor yang menciptakan pembunuh berantai seperti Ted Bundy. Namun tidak dapat disangkal bahwa film-film horor seperti Chainsaw Masacre atau film zombie yang berdarah-darah itu membuat orang terbiasa melihat kekerasan di layar lebar. Film seperti ini dapat mengilhami orang berbuat kekerasan yang serupa. Ada seorang kenalan bule yang mengkritik sensor film di satu negara. Katanya adegan ciuman dilarang keras, dibabat habis tanpa ampun oleh gunting sensor, tetapi adegan kekerasan yang berdarah-darah dibiarkan saja.

  • Mempercayai dunia gaib

  • Agama menganjurkan agar kita tidak memusatkan perhatian kepada hal-hal yang gaib atau mahluk halus. Dengan banyaknya film-film bertemakan rumah hantu atau orang yang kerasukan, kita seakan-akan dijejali dengan pikiran yang mendewakan hal-hal seperti itu. Pikiran yang buruk mendesak pikiran-pikiran kita yang positif. Hal ini sedikit banyak akan memengaruhi kehidupan kita.

  • Membuat orang gampang kaget

  • Anak perempuan penulis berdiri di depan kaca kamar mandi pagi-pagi. Kemenakannya yang berusia setahun berdiri di belakangnya dekat pintu. Karena masih kecil tentu saja dia tidak terlihat di cermin. Ketika dia menoleh dan melihat anak kecil itu, dia kaget sekali. Ini gara-gara suka menonton film horor tentang anak kecil atau boneka yang kesurupan.

  • Advertisement
  • Dapat berakibat fatal

  • Kejutan sering diciptakan untuk membumbui film horor, akibatnya orang yang berpenyakit jantung dapat kena serangan jantung jika menonton film yang sangat tegang. Orang dewasa tidak kurang-kurangnya yang menjerit kaget ketika menonton film horor. Karena itu film horor sering diberi peringatan agar orang yang jantungnya lemah tidak menonton.

  • Mungkin dari semua dampak buruk di atas hanya ada satu keuntungannya, yaitu bila Anda berpacaran dan membawa pacar Anda menonton film horor. Anda akan beruntung dipeluk pacar Anda dan pacar Anda mungkin berpura-pura takut supaya ada kesempatan memeluk Anda. Namun tentu saja ini bukan alasan untuk menonton film horor. Anda boleh mencari kesempatan lain untuk memeluk pacar Anda, tidak perlu dengan menonton film horor. Lebih banyak dampak buruknya daripada keuntungannya.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Dampak buruk menonton film horor yang tidak Anda sadari

Dengan maraknya film horor belakangan ini, banyak orang yang kecanduan menontonnya. Bagaimana dampaknya bagi jiwa penonton?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr