5 hal yang harus orangtua lakukan untuk mendukung prestasi anak di sekolah

Orangtua yang acuh tak acuh terhadap pola belajar anak dapat menyebabkan anak mengalami kegagalan, prestasi yang diperoleh pun akan sangat jauh dari kata memuaskan, akhirnya menyebabkan anak mengalami disorientasi belajar.

1,228 views   |   11 shares
  • Dalam kegiatan sehari-hari di sekolah para guru kerap dihadapkan dengan kenyataan bahwa meskipun telah menggunakan berbagai macam metode belajar, mereka tetap belum mampu membimbing seluruh siswa mencapai hasil yang sama. Hal ini disebabkan karena setiap siswa memiliki hambatan yang berbeda-beda dalam belajar, baik itu hambatan yang datang dari dalam individu maupun dari luar individu. Salah satu contoh hambatan yang berasal dari luar individu adalah lingkungan keluarga, jadi jika orangtua mengharapkan anak berprestasi, maka situasi keluarga yang harmonis dan bahagia terlebih dahulu harus diciptakan.

  • Keluarga yang harmonis dan bahagia adalah kunci utama bagi keberhasilan anak. Namun, selain ke dua hal tersebut ada beberapa hal penting lainnya yang perlu diupayakan oleh orangtua agar pencapaian prestasi anak di sekolah makin membanggakan, di antaranya:

  • 1. Orangtua hendaknya bisa menjadi teladan

  • Orangtua yang acuh tak acuh terhadap pola belajar anak dapat menyebabkan anak mengalami kegagalan, prestasi yang diperoleh pun akan sangat jauh dari kata memuaskan, akhirnya menyebabkan anak mengalami disorientasi belajar. Untuk itulah, diperlukan teladan nyata dari orangtua supaya anak merasa termotivasi dan memiliki semangat kuat untuk tetap terus belajar.

  • 2. Orangtua hendaknya bisa memenuhi kebutuhan belajar anak

  • Prestasi belajar di sekolah yang dicapai seorang anak tidak lepas dari sarana yang disediakan oleh orangtuanya. Diperlukan sarana dan juga prasarana yang memadai agar kebutuhan belajar anak terpenuhi seperti buku-buku pelajaran, perangkat komputer, alat transportasi, layanan internet, ruang belajar yang nyaman dan sebagainya.

  • 3. Orangtua hendaknya tidak otoriter memaksa anak belajar

  • Agar anak bisa mencapai prestasi terbaik orangtua kadang memaksa mereka supaya belajar dengan keras, namun cara ini ternyata tidak terlalu efektif. Sebaliknya, sikap otoriter yang ditunjukkan oleh orangtua seringkali memunculkan keinginan anak untuk memberontak. Padahal, belajar adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan, karena itu belajar seharusnya dilakukan dengan cara-cara yang menyenangkan pula.

  • 4. Orangtua hendaknya bisa menjadi sahabat

  • Ketika belajar setiap anak membutuhkan rekan yang bisa diajak berdiskusi, memiliki cukup pengetahuan untuk memberikan jawaban serta pemahaman yang mereka butuhkan. Maka dari itu, orangtua diharapkan mampu menjadi sahabat sekaligus mentor, sehingga anak-anak memperoleh pengetahuan dan jawaban yang benar dari setiap pertanyaan mereka.

  • Advertisement
  • 5. Berikan perhatian serta kasih sayang secara penuh

  • M. Russel Ballard, seorang rohaniawan berkata, "There is no one perfect way to be a good parent, each situation is unique. Each parents has different challenges, diffrent skills and abilities, and certainly diffrent children. What matters is that a parent should loves her children deeply..." (Tidak ada cara yang sempurna untuk menjadi orangtua yang baik, setiap keadaan adalah unik. Setiap orangtua memiliki tantangan yang berbeda, kemampuan serta keahlian yang berbeda, dan tentu saja anak-anak yang berbeda. Yang terpenting adalah bahwa orangtua harus mencintai anak-anaknya dengan sepenuh hati). Inilah tugas penting orangtua sebab anak-anak yang merasa kurang diperhatikan, malas belajar, suka melawan, sibuk dengan dirinya sendiri, bermasalah di sekolah, tidak disiplin, tidak berprestasi, dan suka membuat keonaran semua hal tersebut terjadi karena kurangnya perhatian serta kasih sayang dari orangtua.

  • Masih ada banyak hal lain yang perlu dilakukan oleh orangtua guna mendukung putra-putrinya mencapai keberhasilan dalam belajar. Ketika anak Anda berhasil, tentunya akan ada banyak peluang dan kesempatan menghampiri, sehingga kehidupan masa depan buah hati Anda makin terjamin. Oleh karena itu, jangan pernah sia-siakan kesempatan berharga untuk mendidik mereka, Anda tidak pernah tahu kelak buah hati Anda akan menjadi seperti apa, tapi melalui hal-hal baik yang Anda lakukan saat ini, maka Anda membuka peluang bagi buah hati Anda menjadi pribadi-pribadi yang luar biasa.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

5 hal yang harus orangtua lakukan untuk mendukung prestasi anak di sekolah

Orangtua yang acuh tak acuh terhadap pola belajar anak dapat menyebabkan anak mengalami kegagalan, prestasi yang diperoleh pun akan sangat jauh dari kata memuaskan, akhirnya menyebabkan anak mengalami disorientasi belajar.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr