Seberapa seringkah saya harus membelikan anak-anak baju baru?

Anak-anak tumbuh besar dengan cepat. Bagaimana kita dapat mencegah pengeluaran yang terlalu banyak untuk membeli baju?

392 views   |   1 shares
  • Anak-anak tumbuh besar dengan cepat. Bagaimana kita dapat mencegah pengeluaran yang terlalu banyak untuk membeli baju? Anak-anak, terutama balita membutuhkan baju dengan ukuran yang berbeda, sesuai dengan pertumbuhan mereka. Bila kita membeli baju berukuran sama banyak-banyak, kemungkinan mereka hanya akan memakainya sekali saja. Apa yang harus Anda perhitungkan?

  • 1. Ukuran baju

  • Bila anak Anda berusia 6 bulan sebaiknya Anda membeli baju ukuran 9 atau 12 bulan sebanyak 6 biji, selebihnya belilah baju berukuran 18 bulan. Ukuran baju-baju kecil itu tidak berbeda banyak, sebentar lagi baju itu akan kesempitan. Apalagi jika anak Anda agak gemuk, paling-paling dia akan sempat memakainya 2 - 3 kali saja. Malah banyak orangtua yang membeli baju untuk anaknya dan tidak sempat dipakai karena sudah tidak muat.

  • 2. Corak baju

  • Belilah baju yang anak Anda suka, anak-anak cenderung memakai baju yang itu-itu saja, baju kesayangannya. Pilihlah warna yang cerah atau lembut dengan corak yang menarik seperti bunga-bunga untuk anak perempuan dan hewan untuk anak lelaki. Tentu saja ini bukan patokan mutlak. Ada baju anak perempuan yang lucu dengan gambar gajah, jerapah atau kumbang.

  • Juga ada baju-baju bergambar Mickey atau Mini Mouse, Elmo, Dora atau super hero seperti Superman, Batman dan sebagainya. Dengan corak-corak seperti ini anak-anak akan senang memakainya. Mereka sering melihat film kartunnya, karena itu mereka mengenal tokoh-tokoh itu. Anda tidak perlu membeli banyak baju karena mereka cukup senang dengan beberapa baju yang lucu-lucu.

  • 3. Model baju

  • Jangan membeli baju yang modelnya menyulitkan untuk dipakai. Baju untuk ke pesta memang membuat anak Anda lebih keren, tetapi berapa kali dapat dipakai? Paling-paling untuk Lebaran, Natal, ke hajatan tetangga atau pesta kawin. Baju-baju itu biasanya kurang nyaman untuk dipakai sehingga tidak mungkin dikenakan di rumah. Juga jangan membeli baju yang terlalu mengikuti mode, karena sebentar lagi akan kelihatan ketinggalan zaman.

  • 4. Anggaran belanja

  • Tentu saja ini yang paling menentukan. Jika Anda mempunyai anak lima berapa jatah masing-masing anak? Makanan lebih penting daripada baju, bila ini prioritas dalam keluarga Anda, maka belilah baju hanya jika ada uang lebih. Dalam hal ini Anda perlu menyimpan baju anak-anak yang sudah kesempitan karena baju-baju itu dapat diwariskan ke adiknya. Khususnya baju-baju balita karena hanya dipakai sekali-sekali saja sehingga masih tampak baru. Lain dengan baju kakak-kakaknya yang lebih besar, mungkin sudah bernoda kena makanan dan sobek karena memanjat pagar atau jatuh.

  • Advertisement
  • 5. Ke sekolah

  • Bila Anda mempunyai anak-anak yang sudah bersekolah, mereka membutuhkan baju untuk tahun ajaran baru. Sekedar untuk memberi mereka semangat lebih besar untuk kembali ke bangku sekolah. Tentu saja Anda dapat membeli satu atau dua baju baru untuk ini. Jangan membelikan baju yang aneh-aneh karena anak Anda akan malu memakainya dan dapat menjadi bahan olok-olok temannya. Jika mereka harus memakai seragam, seringkali ini dapat dibeli di sekolah. Hal ini lebih memudahkan karena tidak membedakan antara yang kaya dan yang miskin. Seragam baru hanya perlu dibeli bila sudah kekecilan, berubah warna atau robek.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Seberapa seringkah saya harus membelikan anak-anak baju baru?

Anak-anak tumbuh besar dengan cepat. Bagaimana kita dapat mencegah pengeluaran yang terlalu banyak untuk membeli baju?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr