4 macam hal yang biasa diprotes antara adik kakak dan bagaimana cara meresponsnya

Persaingan di antara saudara adalah wajar. Anak-anak berebut perhatian dan kasih sayang orangtua sehingga timbul rasa iri bila mereka merasa orangtuanya berat sebelah.

319 views   |   1 shares
  • Persaingan di antara saudara adalah wajar. Anak-anak berebut perhatian dan kasih sayang orangtua sehingga timbul rasa iri bila mereka merasa orangtuanya berat sebelah. Apalagi jika anak Anda hanya dua orang, seperti kebanyakan keluarga di negara kita. Anak-anak itu hanya dapat membandingkan dirinya dengan kakak atau adiknya.

  • Dimulai dengan kelahiran adiknya anak penulis merasa kedudukannya terancam. Tadinya dia adalah satu-satunya tempat mencurahkan perhatian dan kasih sayang orangtuanya. Begitu adiknya lahir jika ditegur sedikit dia akan mengeluh "Mama, sayang Ceca!" dengan tangisnya yang memelas. Atau dia akan bertanya dengan suaranya yang merdu seratus kali sehari "Mama, sayang Ceca?"

  • Sebaliknya ketika si adik sudah bertambah besar dia akan berusaha menyaingi kakaknya. Bila penulis duduk di lantai menonton TV, si kakak akan berbaring dengan berbantalkan kaki penulis, langsung adiknya ikut berbaring di sebelahnya dengan berbantal kaki yang lain. Penulis bercanda, "Untung anak cuma dua, jika ada lebih banyak, berapa kaki yang mesti Mama miliki?" Begitu pula jika si kakak mencium pipi penulis, si adik tidak mau kalah. Dia cium kedua belah pipi, dahi, kedua mata mamanya sehingga habis basah muka ini dengan ludahnya. Sampai mereka dewasa si adik masih menghitung apa yang orangtuanya berikan kepada kakaknya, dia harus memperolehnya juga.

  • Perasaan iri ini akan lebih mencuat bila salah satu di antara anak Anda menderita kekurangan jasmani atau mental. Sejak kecil Anda harus membina kasih sayang di antara saudara-saudaranya terhadap anak ini. Anda terpaksa mencurahkan lebih banyak perhatian dan waktu baginya sehingga ada kemungkinan saudara-saudaranya merasa ditelantarkan. Mereka biasanya mengeluh dan bertanya mengapa mereka dibedakan. Antara lain inilah keluhan-keluhan itu:

  • 1. Papa dan Mama lebih sayang dia

  • Tunjukkan bahwa sebagai orangtua Anda tidak berat sebelah, berapa pun anak Anda, Anda mengasihi setiap anak sama banyaknya. Namun karena saudara mereka memiliki kekurangan yang harus dibantu, mau tidak mau Anda mencurahkan waktu lebih banyak. Ajaklah anak Anda ikut membantu saudaranya. Tidak jarang si anak sadar dan menjadi pembela saudaranya di luar rumah.

  • 2. Dia mengganggu dan Anda membiarkannya

  • Beritahukan dengan sabar dan jangan marah kepadanya. Usahakan supaya dia memiliki pengertian lebih banyak terhadap saudaranya. Mintalah dia mengajak saudaranya bermain atau ajaklah mereka berdua bermain bersama.

  • 3. Anda memberi dia tugas lebih sedikit

  • Advertisement
  • Karena keadaannya yang terbatas dia memerlukan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan tugasnya. Sedangkan saudara-saudaranya memiliki keterampilan lebih banyak sehingga mampu mengerjakan segala sesuatu lebih cepat. Ajarkan bahwa seharusnya mereka bersyukur bahwa mereka memiliki kemampuan lebih besar.

  • 4. Anda memberi dia lebih banyak hak istimewa

  • Katakan bahwa karena kekurangannya dia perlu bimbingan khusus, seperti kursus di rumah untuk mengejar pelajaran. Ini bukan berarti orangtua hanya menyediakan uang untuk keperluannya. Anak-anak lain perlu diajar bersabar dan berusaha mencapai keterampilan lain tanpa biaya. Seperti bila mereka ingin mahir main gitar, cobalah belajar melalui YouTube. Jika mereka memang berbakat dan tekun, mereka pasti akan mahir. Atau jika mereka ingin mahir main bola, berlatihlah bersama teman-teman, atau ayah mereka dapat membantu.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

4 macam hal yang biasa diprotes antara adik kakak dan bagaimana cara meresponsnya

Persaingan di antara saudara adalah wajar. Anak-anak berebut perhatian dan kasih sayang orangtua sehingga timbul rasa iri bila mereka merasa orangtuanya berat sebelah.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr