Apa yang sebenarnya dilihat anak-anak kita dari sebuah pernikahan?

Walaupun tampaknya anak-anak belum mengerti apa-apa mengenai pernikahan, tetapi mereka sebetulnya tahu jauh lebih banyak dari yang Anda kira.

335 views   |   2 shares
  • Walaupun tampaknya anak-anak belum mengerti apa-apa mengenai pernikahan, tetapi mereka sebetulnya tahu jauh lebih banyak dari yang Anda kira. Ketika cucu penulis baru berusia 4 tahun orangtuanya mengalami krisis rumah tangga, dia bertanya kepada ayahnya apakah mereka akan bercerai. Ayahnya heran dari mana dia tahu makna kata itu dan tidak menyangka bahwa dia memahami apa yang terjadi di antara orangtuanya. Bagaimana kita dapat membentuk pandangan anak-anak kita terhadap pernikahan?

  • Peran Yang Maha Kuasa

  • Di dunia di mana pandangan terhadap pernikahan sudah berubah banyak, sangatlah penting untuk menekankan peran Yang Maha Kuasa dalam pernikahan kita. Tidak hanya dua manusia yang terlibat dalam sebuah pernikahan, melainkan ada pihak ketiga yang membuat pernikahan sakral. Jika suami istri menyadari hal ini, mereka akan berusaha keras membuat pernikahan mereka kekal. Sesuatu yang dipertemukan Tuhan tidak pantas diceraiberaikan oleh manusia. Tidak ada alasan untuk menyudahi ikatan pernikahan hanya karena hal-hal sepele.

  • Mungkin Anda bertanya bagaimana jika kedua pihak sudah tidak cocok dan sering bertengkar, bukankah lebih baik berjalan sendiri-sendiri dan membiarkan anak-anak hidup dalam damai. Itu pemikiran manusia, kenyataannya dalam perceraian anak-anaklah yang selalu menjadi korban. Dunianya terbelah-belah, tidak lagi ada keluarga utuh yang menjadi tempat perlindungan mereka. Dampak kejiwaan mencemari kemurnian mereka dalam-dalam. Ada anak yang menjadi pemarah, ada anak yang menjadi pemurung. Banyak yang mampu mengatasinya tetapi banyak pula yang hatinya tergores selamanya.

  • Sebaliknya dalam keluarga yang bahagia anak-anak merasa aman dan terlindung. Mereka tumbuh besar dengan sejahtera dan bahagia, menjadi orang-orang dewasa yang penuh percaya diri.

  • Pandangan anak-anak

  • Apa yang Anda harapkan dilihat oleh anak-anak Anda? Perselisihan kecil sudahlah umum. Tidak mungkin dua orang yang berbeda dapat selalu memiliki pendapat dan perasaan yang sama tentang sesuatu hal. Anak-anak juga tahu bahwa mereka kadang-kadang bertengkar dengan saudara mereka, namun kemudian berbaik kembali dan tetap mengasihinya. Namun pertengkaran yang sengit dan menunjukkan kebencian bukanlah situasi yang baik untuk diperlihatkan kepada anak-anak. Hal-hal di bawah inilah yang hendaknya mereka lihat dalam perkawinan Anda.

  • Saling menghormati

  • Dengan sendirinya anak-anak akan mengikuti jejak orangtua mereka jika mereka melihat ada rasa saling menghormati di antara kedua orangtuanya. Antara lain jika ibu berkata A ayah akan mendukungnya, sehingga tidak ada alasan bagi mereka untuk mengadu domba orangtua. Tidak ada perkataan yang merendahkan pihak lain di antara orangtua. Mereka saling mendukung dan bekerja sama dengan kompak.

  • Advertisement
  • Taat beragama

  • Dalam keluarga anak-anak diajarkan untuk selalu menjunjung tinggi Tuhannya. Mereka diajar beribadat, menjadi orang yang berpekerti luhur. Orangtua selalu bersyukur terhadap segala yang mereka miliki, khususnya keluarga mereka. Agama juga membantu mereka menghadapi tantangan hidup, antara lain kehidupan rumah tangga mereka.

  • Penuh kasih sayang

  • Kasih sayang yang ditunjukkan di antara orangtua dan terhadap anak-anak merupakan perisai yang melindungi mereka. Hal ini menumbuhkan rasa aman dan percaya diri. Mereka merasa bahwa apa pun yang terjadi di luar rumah akan dapat diatasi begitu mereka menginjakkan kaki ke dalam rumah. Mereka tidak akan mencari jalan keluar di antara teman-teman atau orang lain.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Apa yang sebenarnya dilihat anak-anak kita dari sebuah pernikahan?

Walaupun tampaknya anak-anak belum mengerti apa-apa mengenai pernikahan, tetapi mereka sebetulnya tahu jauh lebih banyak dari yang Anda kira.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr