Untuk Anda para 'stay-at-home moms'. Ini caranya untuk tetap termotivasi

Ibu rumah tangga bekerja 24 jam sehari 7 hari seminggu, tidak heran kadang-kadang merasa tidak sanggup lagi menjalankannya.

989 views   |   13 shares
  • Ibu rumah tangga bekerja 24 jam sehari 7 hari seminggu, tidak heran kadang-kadang merasa tidak sanggup lagi menjalankannya. Bila anak sakit, atau suami sakit, mau tidak mau sebagai ibu dan istri Anda harus bergadang merawat si sakit. Suami boleh menikmati cuti atau hari libur, tetapi istri tidak memiliki hak istimewa ini kecuali setahun sekali pada Hari Ibu mungkin. Apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi kejenuhan akibat tanggung jawab yang berat ini?

  • 1. Menciptakan dorongan

  • Anda perlu dorongan untuk mencintai tugas dan kewajiban Anda. Sama saja dengan pekerjaan apa pun, bila Anda tidak menyukainya, Anda akan merasa berat menjalankannya setiap hari. Bedanya Anda dapat berhenti dan mencari pekerjaan lain. Tetapi Anda dapat menyukai pekerjaan atau tugas apa pun jika Anda berpikir bahwa dengan melakukannya Anda memperoleh manfaat besar. Fokus Anda untuk mencapai manfaat tersebutlah yang memberi Anda dorongan. Sebagai ibu rumah tangga, kewajiban mulia dan pengertian bahwa Anda mengemban masa depan anak-anak Anda membuat Anda bangun setiap hari dengan sigap.

  • 2. Penampilan

  • Walaupun penuh kesibukan janganlah melupakan penampilan. Jangan mentang-mentang sudah menjadi ibu, Anda tidak perlu lagi memperhatikan dandanan. Baju lusuh, rambut awut-awutan seperti serabut kelapa, muka mengkilat berminyak dan masih berlepotan air liur. Namun juga bukan berarti Anda harus memakai baju bagus dan tata rias muka lengkap seperti mau ke pesta. Bila Anda bangun pagi dan mengenakan pakaian yang rapi, Anda akan lebih termotivasi. Sedap dipandang mata sehingga suami kangen untuk pulang lebih awal.

  • 3. Cukup istirahat

  • Janganlah terlalu memforsir diri sehingga Anda merasa patah arang. Jika anak-anak dan suami sehat, berilah diri Anda kesempatan untuk istirahat. Tidur cukup membuat badan lebih segar menghadapi hari yang baru. Bila perlu pergilah ke spa untuk relaks, tetapi bila keuangan sempit kerjakanlah sendiri di rumah. Berendamlah dalam air hangat dengan sabun busa, nyalakanlah lilin yang wangi dan sehabis itu bergantian dengan suami memijat badan.

  • 4. Hiburan

  • Sesekali sesudah anak-anak tidur, tontonlah film yang Anda sewa bersama suami. Atau ajaklah suami ke bioskop jika ada ibu atau saudara yang dapat menjaga anak-anak di rumah. Hiburan penting untuk menyeling rutinitas yang membuat Anda jenuh. Hal ini merupakan penyegar kehidupan sehari-hari. Tamasya bersama keluarga juga akan membuat hubungan lebih akrab dan kebahagiaan terbina.

  • Advertisement
  • 5. Olahraga

  • Sibuk dan capai bukanlah alasan untuk tidak berolahraga. Rasa capai dan kesibukan dapat membuat Anda stres. Sedangkan olahraga membuat otak Anda memproduksi dopamin yang membuat Anda merasa senang. Bila Anda memiliki anak kecil bawalah dia dengan kereta bayi keliling taman di dekat rumah Anda atau ajaklah anak-anak yang lebih besar pergi ke taman di sore hari. Mereka dapat bermain sepeda, lari-lari menikmati udara di tempat yang lapang. Mereka dapat membawa alat-alat untuk bermain badminton atau lompat tali bersama Anda.

  • Semua selingan ini dapat Anda lakukan secara bergantian dalam sebulan. Dengan demikian Anda memperoleh rasa senang dalam menantikan saat-saat itu bila Anda sedang jenuh dengan pekerjaan rumah tangga. Anda dapat membuat jadwal atau melakukannya secara spontan tanpa rencana bila keadaan mengizinkan.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Untuk Anda para 'stay-at-home moms'. Ini caranya untuk tetap termotivasi

Ibu rumah tangga bekerja 24 jam sehari 7 hari seminggu, tidak heran kadang-kadang merasa tidak sanggup lagi menjalankannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr