ART mengajukan kenaikan gaji. Apa saja yang harus dipertimbangkan?

Di hari Lebaran kehidupan rumah tangga di kota-kota besar seakan-akan lumpuh karena para pembantu pulang kampung. Begitu pentingnya peran mereka, sehingga kenaikan gaji pantas untuk dipertimbangkan.

223 views   |   1 shares
  • Di hari Lebaran kehidupan rumah tangga di kota-kota besar seakan-akan lumpuh karena para pembantu pulang kampung. Begitu pentingnya peran mereka, sehingga kenaikan gaji pantas untuk dipertimbangkan. Bagi kaum ibu di Indonesia, di mana masih banyak orang yang bersedia bekerja sebagai pembantu rumah tangga, hidup tanpa pembantu adalah sengsara. Jadi ketika mereka meminta kenaikan gaji, apakah Anda akan berpikir bahwa masih banyak orang lain yang mau digaji sebanyak itu, mengapa tidak mencari orang baru saja?

  • Kepercayaan

  • Pembantu Anda dengan setia mengikuti Anda sejak Anda belum menikah, sudah selayaknya Anda menghargai kesetiaan itu. Lagipula Anda dapat mempercayainya. Bila mencari orang baru belum tentu dia akan sebaik pembantu Anda. Siapa tahu ketika Anda pulang kerja menemukan pintu rumah terbuka, barang-barang entah raib ke mana, begitulah pembantu Anda yang baru bekerja seminggu itu. Kepercayaan inilah yang sulit didapat dan tidak dapat dihargai dengan uang. Sudah sepantasnya Anda menaikkan gajinya supaya dia merasa senang bekerja bagi Anda. Bayangkan bila Anda bekerja 5 tahun tanpa pernah mendapat kenaikan gaji, maukah Anda tetap mengabdi kepada majikan yang sama?

  • Kerajinan

  • Anda sudah tahu bahwa dia rajin dan hampir tidak pernah mengeluh dalam hal pekerjaan. Pagi-pagi sudah bangun membersihkan halaman depan. Petang hari dia baru masuk ke kamarnya sesudah mencuci piring gelas sehabis makan malam. Jika Anda mencari pembantu baru dan kebetulan mendapat orang yang pemalas, Anda akan capai hati. Dia bangun lebih siang daripada majikannya karena semalam bergadang menonton TV kecil yang Anda sediakan di kamarnya. Sorenya seperti pekerja kantor jam 5 dia sudah ngelayap mencari teman-teman sekerjanya buat nonton layar tancap tanpa peduli meja makan belum dibereskan. Jika kerajinan merupakan sebuah unsur plus dari pembantu Anda, sudah sepantasnya Anda memberi dia bonus kenaikan gaji.

  • Pergunjingan

  • Payah bila mempunyai pembantu yang gemar bergunjing. Semua rahasia dapur Anda terbongkar dan didengar semua orang di kompleks perumahan. Mempunyai pembantu seperti ini sama juga memiliki penyiar berita lokal. Lebih baik mempertahankan pembantu lama Anda yang pendiam dan tidak gemar bergunjing walaupun gajinya agak lebih tinggi.

  • Peri kemanusiaan

  • Pembantu di zaman sekarang sudah lebih maju dan tidak lagi diperlakukan seperti di zaman penjajahan. Berjalan harus dengan bersimpuh, paling tidak membungkukkan badan dalam-dalam jika melewati orang. Makan di piring kaleng di dapur, tidur di sebelah kandang burung parkit. Karena itu perlakukanlah dia dengan lebih baik. Gaji juga perlu diperhatikan, jangan tetap sama seperti 5 tahun lalu sedangkan barang-barang sudah naik harganya gara-gara inflasi.

  • Advertisement
  • Penjaga anak

  • Bayangkan jika Anda menggaji suster untuk menjaga anak Anda, berapa Anda harus membayarnya? Karena itu untuk kepercayaan yang satu ini Anda patut menambah gajinya. Walau anak-anak hanya beberapa jam dalam pengawasannya, sesudah mereka pulang sekolah, tetap saja Anda merasa tenteram karena ada orang dewasa yang menjaga dan mengawasi mereka. Orang yang dapat Anda percayai dan bahkan sudah seperti keluarga sendiri karena Anda mengenalnya sudah lama.

  • Selain gaji, ajaklah dia menonton bioskop atau lenong jika itu yang dia sukai. Sesekali ketika Anda mengajaknya ke mal, belikan dia baju yang dia senangi. Dia adalah orang yang bekerja membanting tulang meringankan pekerjaan Anda di rumah sudah semestinya Anda memberi dia penghargaan-penghargaan kecil seperti itu.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

ART mengajukan kenaikan gaji. Apa saja yang harus dipertimbangkan?

Di hari Lebaran kehidupan rumah tangga di kota-kota besar seakan-akan lumpuh karena para pembantu pulang kampung. Begitu pentingnya peran mereka, sehingga kenaikan gaji pantas untuk dipertimbangkan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr