5 Cara Mengajarkan Anak Anda mengenai Nilai Uang bagi Mereka

Adalah hal yang sangat mulia dan baik untuk mengajarkan anak-anak Anda bahwa uang tidak dapat membeli suatu kebahagiaan.

1,837 views   |   1 shares
  • Adalah hal yang sangat mulia dan baik untuk mengajarkan anak-anak Anda bahwa uang tidak dapat membeli kebahagiaan. Dan adalah hal yang mulia dan baik pula ketika Anda mengajarkan anak-anak Anda mengenai nilai uang yang kelak dapat membuat mereka berhasil dalam kehidupan mereka, apapun perkerjaan yang akan mereka pilih ketika mereka dewasa. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengajarkan anak-anak Anda mengenai nilai dari uang:

  • 1. Berikan Uang Saku Anak-Anak Anda Secukupnya

  • Memberikan anak-anak Anda uang saku yang cukup setiap minggu atau setiap bulan sekali untuk mereka gunakan untuk membeli barang atau makanan yang mereka inginkan, akan membantu mereka belajar nilai dari uang saku yang Anda berikan kepada mereka. Jika Anda selalu membiarkan dompet Anda terbuka untuk mereka membeli apa yang mereka inginkan, mereka tidak akan dapat menghargai apa arti dari membuat suatu anggaran atau pun arti dari menabung.

  • 2. Biarkan Anak-Anak Anda Membeli Barang atau Alat Permainan Mereka dengan Uang Mereka Sendiri

  • Anda mungkin akan senang untuk memberi anak-anak Anda hadiah-hadiah ataupun permainan-permainan yang anak Anda suka seiring dengan perkembangan usia mereka. Beberapa di antara hadiah Anda untuk mereka, mungkin ada beberapa hadiah yang bisa memberi keuntungan untuk mereka, khususnya untuk kesehatan mereka, hadiah-hadiah seperti sepeda, skateboard atau sepatu roda, raket badminton atau tenis meja, dan lain sebagainya. Namun, ada juga hal-hal yang mungkin Anda akan kurang sependapat dengan anak Anda, hal seperti permainan video games (X-Box, Playstation, dll). Permainan-permainan seperti ini memiliki daya tarik tersendiri untuk anak-anak. Hal seperti ini merupakan kesempatan berharga untuk Anda mengajarkan anak-anak Anda mengenai nilai dari uang. Biarkan mereka menabung dari uang saku mereka dan dari upah mereka setiap mereka melakukan tugas rumah yang Anda minta untuk mereka lakukan. Jika Anda meminta anak Anda melalukan suatu pekerjaan atau tugas di rumah Anda, pastikan Anda tidak memberi mereka upah lebih banyak daripada sewaktu mereka melakukan pekerjaan di rumah tetangga atau di rumah sanak-saudara Anda. Tujuan Anda memberikan upah kepada mereka adalah untuk mengajarkan mereka nilai dari uang yang mereka dapat dari melakukan tugas mereka sehingga jika Anda memberikan mereka dengan upah yang sedikit, mereka akan tetap melakukan tugas mereka.

  • 3. Doronglah Anak-Anak Anda untuk Memberikan Sumbangan ke Badan Amal

  • Advertisement
  • Jika Anda memperlihatkan kepada anak-anak Anda pada suatu keadaan yang nyata akan orang-orang di sekitar mereka yang mungkin hidup dalam kemiskinan, Anda membantu mereka untuk melihat bagaimana sejumlah kecil uang mereka dapat menjadi suatu yang berharga yang dapat membuat perbedaan bagi orang-orang yang sedang berjuang dan sedang membutuhkan bantuan. Hal ini tidak saja membantu anak-anak Anda untuk menghargai nilai uang, tetapi juga membuat anak-anak Anda dapat mengenal sikap dan bersifat murah hati terhadap orang lain.

  • 4. Bantulah Anak-Anak Anda Membuka Rekening Bank Mereka Sendiri

  • Sewaktu anak Anda telah siap, bantulah anak-anak Anda untuk membuka rekening bank mereka sendiri, di mana tabungan mereka akan mendapat bunga dari bank sehingga anak-anak Anda akan memahami bagaimana sistem keuangan pada perbankan bekerja. Namun, jangan lakukan hal ini sebelum anak Anda menginjak usia 8 tahun, karena mereka belum dapat mengerti dengan benar konsep atau cara bank menyimpan uang mereka. Juga jangan Anda menunggu sampai anak Anda berusia lebih dari 12 tahun, karena pada usia tersebut mereka beranjak menjadi anak remaja yang biasanya mengalami masa untuk mengabaikan semua perkataan atau nasehat orang tua mereka. Lakukan hal ini ketika Anda memiliki pengaruh atau kontrol yang maksimal terhadap anak Anda, dan ketika mereka telah siap, baik secara usia maupun secara mental. Pastikan anak-anak Anda belajar dan memahami bagaimana membuat suatu setoran atau penarikan tunai pada rekening bank mereka.

  • 5. Libatkan Anak-Anak Anda pada Tabungan untuk Pendidikan Perguruan Tinggi Mereka

  • Meskipun anak-anak Anda perlu untuk memberikan kontribusi atau bantuan mereka untuk biaya kuliah mereka, namun kebanyakan orang tua menyadari biaya untuk pendidikan ini tidaklah murah sehingga banyak orang tua secara efektif membuat ini sebagai suatu tanggung jawab orang tua kepada anak-anak mereka. Bukalah rekening bank untuk setiap anak Anda dan berikan bantuan untuk biaya kuliah anak-anak Anda berupa tabungan untuk setiap anak secara adil dan sama rata. Tunjukkan kepada anak-anak Anda bagaimana dana dalam tabungan tersebut dapat berkembang, lalu bandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan pendidikan di perguruan tinggi yang mereka inginkan. Janganlah Anda menggunakan nama anak Anda pada rekening tabungan ini, kecuali jika Anda memiliki keyakinan pada penilaian anak Anda terhadap uang atau dana yang tersimpan untuk mereka. Anda pasti tidak akan suka melihat jika uang dalam tabungan tersebut digunakan oleh anak Anda untuk membeli mobil baru ketika dia berada di bangku SMU atau ketika anak Anda menggunakan uang ini untuk membuka kedai makanan kecil di pinggir pantai setelah mereka lulus SMU.

  • Advertisement
  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "5 ways to teach your children the value of money" karya Devin Thorpe.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Devin Thorpe is the author of Your Mark On The World and is a Forbes Contributor.

5 Cara Mengajarkan Anak Anda mengenai Nilai Uang bagi Mereka

Adalah hal yang sangat mulia dan baik untuk mengajarkan anak-anak Anda bahwa uang tidak dapat membeli suatu kebahagiaan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr