Yuk, buang jauh rasa enggan bersosialisasi dengan tetangga

Kita tidak harus mengenal satu per satu seluruh warga di daerah tempat tinggal kita, tetapi hal ini bukan berarti kita tidak bisa bersikap ramah kepada orang lain yang belum kita kenal.

1,265 views   |   1 shares
  • Di mana pun kita berada hidup bertetangga wajib hukumnya, apalagi di tengah masyarakat Indonesia yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan. Selain itu, dalam hidup bertetangga setiap orang wajib menaati peraturan yang berlaku, jika tidak ingin dikucilkan. Maka dari itu, menjadi tetangga yang baik adalah penting supaya setiap orang di sekitar kita menaruh hormat dan menghargai kita.

  • Namun, kenyataannya masih banyak orang yang tidak menyadari betapa pentingnya hidup bertetangga. Mereka cenderung memilih hidup soliter dan menghindari interaksi dengan orang lain. Kebiasaan semacam ini tentu saja tidak baik, selain bersikap individualis jika sewaktu-waktu musibah datang menerpa, maka masyarakat di sekitar tidak akan bisa segera memberikan pertolongan karena tidak saling mengenal.

  • Lalu, apa yang bisa kita lakukan agar bisa menjadi tetangga yang baik? Tentu saja banyak hal bisa kita lakukan, berikut 5 cara yang bisa kita coba terapkan:

  • 1. Ikuti pertemuan warga secara rutin

  • Undangan pertemuan warga biasanya diberikan oleh ketua RT atau RW setempat setiap bulan sekali atau sesuai dengan kondisi di lapangan. Pertemuan semacam ini sangat penting, selain membahas hal-hal yang sedang berkembang di daerah tempat tinggal, pertemuan rutin warga memberikan waktu bagi setiap orang untuk saling bersilahturahmi satu sama lain.

  • 2. Ikuti kerja bakti bersama

  • Meskipun setiap bulan kita membayar iuran kebersihan, tetapi menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal bukanlah tanggung jawab petugas kebersihan semata. Oleh karena itu, ketika pemimpin setempat mengadakan kegiatan kerja bakti usahakan agar selalu hadir. Banyak hal bisa dilakukan, selain bisa saling bertegur sapa, kegiatan bersih-bersih bisa cepat selesai karena dikerjakan secara bersama-sama.

  • 3. Hindari ikut campur masalah orang lain

  • Sebisa mungkin hindari membicarakan atau ikut campur masalah rumah tangga orang lain. Anda boleh memberikan saran atau nasihat hanya saja jangan sampai terjun terlalu dalam mencampuri urusan rumah tangga mereka. Namun, dalam kasus kekerasan dalam rumah tangga Anda tidak boleh tinggal diam, segera laporkan kepada ketua RT atau RW setempat agar segera bisa ditangani.

  • 4. Ikut serta dalam menciptakan keamanan dan ketertiban lingkungan

  • Sebagai tetangga yang baik kita harus berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan, contoh: Jika di daerah tempat tinggal kita diadakan sistem ronda malam jangan menolak untuk berperan serta, atau jika ada peraturan jam malam dan jam berkunjung maka kita wajib menaatinya. Di samping itu, hindari membuat keramaian tanpa izin dari ketua RT atau RW setempat agar tetangga di sekitar kita tidak merasa terganggu.

  • Advertisement
  • 5. Bersikaplah ramah kepada siapapun

  • Kita tidak harus mengenal satu per satu seluruh warga di daerah tempat tinggal kita, tetapi hal ini bukan berarti kita tidak bisa bersikap ramah kepada orang lain yang belum kita kenal. Tetaplah menjadi pribadi yang rendah hati dan sapalah dengan ramah setiap orang yang kita temui, lakukan hal ini dengan tulus karena lambat laun kita pasti akan dikenal baik di mata mereka.

  • Demikianlah ke lima hal yang bisa coba kita terapkan. Menjadi tetangga yang baik adalah tugas dan kewajiban setiap orang dan ketika kita mampu melakukannya, maka kita telah membawa kedamaian dan ketentraman hadir di lingkungan tempat tinggal kita.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Yuk, buang jauh rasa enggan bersosialisasi dengan tetangga

Kita tidak harus mengenal satu per satu seluruh warga di daerah tempat tinggal kita, tetapi hal ini bukan berarti kita tidak bisa bersikap ramah kepada orang lain yang belum kita kenal.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr