Cara Menabung dengan Anggaran yang Ketat

Bahkan dengan anggaran belanja yang ketat seringkali kita tidak dapat memenuhi segala kebutuhan kita. Beberapa petunjuk ini dapat membantu Anda menabung bahkan dengan anggaran yang ketat.

2,713 views   |   shares
  • Kadang-kadang tampaknya tidak ada cukup uang untuk memenuhi kebutuhan kita. Bahkan dengan mengatur anggaran belanja banyak orang merasa dirinya tidak mempunyai sisa uang. Berikut ini beberapa saran untuk membantu Anda menabung bahkan meski anggaran Anda ketat.

  • Tidak peduli bagaimanapun keadaan saya bulan itu, saya selalu memastikan bahwa saya mengikuti anggaran yang ketat. Memang kadang-kadang ada bulan di mana keuangan lebih sulit: ada bulan di mana surat-surat berisi tagihan, ada kalanya berisi cek. Tetapi apa pun yang terjadi saya selalu memastikan bahwa saya mengikuti anggaran yang sama. Jika ada uang lebih saya menyisihkannya untuk ditabung atau memakainya untuk keperluan lain yang tidak ada dalam anggaran.

  • Melalui hal ini, saya menyadari bahwa menabung dapat dilakukan walau anggaran kita ketat. Pertama-tama Anda hendaknya menentukan berapa penghasilan Anda setiap bulan. Misalnya, suami saya bekerja penuh waktu dan mempunyai penghasilan tertentu. Sebaliknya, saya mempunyai blog yang menghasilkan uang tidak tertentu. Jadi bila saya membuat anggaran, saya tidak memasukkan penghasilan saya karena setiap bulan berubah-ubah.

  • Sesudah Anda menentukan penghasilan bulanan, hitunglah tagihan yang harus Anda bayar setiap bulan. Ini meliputi segala keperluan, seperti tagihan listrik, sewa rumah, cicilan mobil, biaya transportasi, dll. Semua ini harus menjadi prioritas utama dalam anggaran Anda.

  • Sesudah Anda mengurangi pengeluaran ini dari penghasilan bulanan, perhatikan berapa sisanya. Ada banyak cara untuk mengatur kelebihan uang ini dengan baik.

    • Anda perlu memastikan bahwa Anda memakai listrik dengan hemat. Matikan lampu bila tidak dipakai, matikan TV bila tidak ada yang menonton, hal-hal kecil ini menghemat banyak listrik yang berarti memperkecil tagihan listrik Anda.

    • Uang yang dipakai membeli bensin dapat dihemat bila Anda merencanakan keperluan Anda ke luar. Pergilah ke pasar atau pasar swalayan terdekat, kalau bisa ditempuh dengan berjalan kaki, itu lebih baik.

    • Tentukan apa yang ingin Anda masak hari itu dan belanjalah sesuai dengan hal itu. Buatlah catatan terlebih dulu dan buat catatan cadangan seandainya bahan yang Anda cari tidak ada. Dengan demikian Anda tidak membeli banyak makanan yang tidak Anda butuhkan.

  • Mengikuti anggaran belanja yang ketat membutuhkan usaha, tetapi dengan persiapan yang teratur Anda dapat mengelolanya dengan baik. Sesudah Anda mengetahui pengeluaran tetap Anda, Anda dapat menentukan gol untuk menabung lebih banyak setiap bulannya.

  • Advertisement
  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irma Shalimar dari artikel asli "How to save money on a tight budget" karya Apryl Griffith.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Apryl Griffith is a mother of three. When she's not tending to her kiddos, she's blogging at Christian Clippers.

Cara Menabung dengan Anggaran yang Ketat

Bahkan dengan anggaran belanja yang ketat seringkali kita tidak dapat memenuhi segala kebutuhan kita. Beberapa petunjuk ini dapat membantu Anda menabung bahkan dengan anggaran yang ketat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr