Yuk, berkenalan dengan manfaat si Fitosterol

Kenali fitoesterol yang bermanfaat baik memerangi sel kanker dalam tubuh Anda.

347 views   |   1 shares
  • Anda tentu tidak asing kolesterol. Tapi pernahkan mendengar tentang fitoesterol? Ini adalah senyawa yang terdapat pada tumbuhan yang mirip dengan kolesterol. Namun berbeda dengan kolesterol, fitosterol justru baik bagi kesehatan.

  • National Institutes of Healthmelaporkan ada lebih dari 200 fitosterol yang berbeda dengan konsentrasi tertinggi ditemukan secara alami dalam minyak sayur dan kacang-kacangan. Anda mungkin juga sering melihat label-label produk mengandung fitosterol (phytosterol)dalam jus kemasan atau margarin di supermarket. Selain baik untuk kesehatan, menambahkan makanan yang kaya fitosterol juga baik bagi program diet.

  • Lalu apa saja manfaat mengonsumsi fitoesterol? Berikut di antaranya:

  • 1. Menurunkan kolesterol

  • Sebuah studi yang dituliskan padaAnnual Review of Nutrition, 2002, dijelaskan bahwa fitosterol sebenarnya bersaing dengan kolesterol dalam hal penyerapan di saluran cerna. Fitoesterol dikemukakan dapat mencegah penyerapan koleterol dan tidak mudah diserap sehingga kadar kolesterol total yang diserap menjadi lebih rendah. Rutin mengkomsumsi fitosterol dipercaya dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

  • 2. Perlindungan kanker

  • Fitosterol juga telah diketahui dapat membantu menghambat perkembangan sel kanker pada tubuh. Jurnal kesehatan "European Journal of Clinical Nutrition" edisi Juli 2009 mengeluarkan berita bahwa peneliti di University of Manitoba di Kanada melaporkan adanya bukti fitosterol dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker di ovarium, payudara, perut dan paru-paru. Fitosterol bekerja dengan mencegah produksi sel-sel kanker, menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel-sel yang sudah ada dan benar-benar mendorong kematian sel-sel kanker. Kandungan antioksidan tinggi diyakini menjadi salah satu cara fitosterol dapat membantu melawan sel kanker. Antioksidan adalah senyawa yang mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas yang merusak tubuh.

  • 3. Merawat kulit dan mencegah penuaan

  • Manfaat lain dari fitosterol yang tidak banyak orang ketahui adalah membantu pemeliharaan kulit. Salah satu faktor yang berkontribusi dalam penuaan kulit adalah kerusakan dan kehilangan kolagen - komponen utama dalam jaringan kulit ikat, serta paparan sinar matahari. Semakin tua, tubuh akan mengalami kemunduran dalam hal memproduksi kolagen. Jurnal medis Jerman Der Hautarzt melaporkan sebuah studi pada kulit menunjukkan manfaat anti-penuaan pada kulit salah satunya terkandung dalam fitosterol dan lemak alami lainnya. Dilaporkan bahwa fitosterol tidak hanya menghentikan perlambatan produksi kolagen yang dapat disebabkan oleh matahari namun juga mendorong produksi kolagen baru.

  • Advertisement
  • Cukup menarikkan manfaat mengonsumsi fitoesterol? Namun jangan terburu mengganti diet Anda, konsumsi fitosterol juga tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan diare dan penyerapan vitamin A terganggu. The European Foods Safety Authority (EFSA) menyebutkan, mengonsumsi 1,5-2,4 gram fitosterol/hari mampu menurunkan total lemak sebanyak 7-10%. Cukupkan asupan sehat Anda dengan menambahkan fitoesterol dalam diet harian Anda.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Yuk, berkenalan dengan manfaat si Fitosterol

Kenali fitoesterol yang bermanfaat baik memerangi sel kanker dalam tubuh Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr