5 makanan alternatif jika si kecil alergi susu sapi

Sebelum memutuskan untuk memberikan makanan yang terbuat dari hasil olahan susu sapi, ada baiknya kosultasikan terlebih dahulu dengan dokter keluarga Anda.

1,328 views   |   3 shares
  • Setiap orang bisa saja memiliki alergi terhadap susu sapi, tetapi kasus semacam ini lebih sering dijumpai pada bayi. Mengapa demikian? Menyimak penjelasan dr. Tessi Ananditya pengasuh di laman www.alodokter.com mengatakan, "Alergi susu sapi adalah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh salah dalam mengenali protein susu menjadi sesuatu yang perlu dilawan. Akibatnya, bayi yang alergi terhadap susu sapi bisa berubah menjadi rewel, berat badan tidak naik, perut kembung, diare dan bahkan hingga muntah-muntah." Namun demikian, sebetulnya tidak hanya susu sapi saja yang dapat menyebabkan alergi, tetapi juga susu kambing, domba dan kerbau.

  • Jika usia buah hati Anda masih di bawah 2 tahun ASI tetap menjadi makanan terbaik untuknya. Namun, dalam kondisi tertentu ada beberapa jenis makanan alternatif sebagai pengganti susu sapi yang bisa Anda berikan kepada si kecil, di antaranya:

  • 1. Tajin atau susu beras

  • Prof. Ir. Djoko Said Damardjati, peneliti di Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan mengatakan, "Selain baik untuk orang dewasa air tajin juga sangat baik untuk bayi. Kandungan yang dimiliki oleh air tajin di antaranya adalah enzim, zat besi, kalsium, antioksidan, vitamin B dan vitamin E. Selain itu, terdapat pula mikro selenium yang sangat baik bagi perkembangan tubuh bayi."

  • 2. Susu formula kedelai

  • Dikutip dari laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), kandungan gizi yang dimiliki susu formula kedelai setara dengan susu sapi, yaitu 3,5% protein, 2% lemak, dan 2,9% karbohidrat. Meskipun tidak mengandung susu sapi, tetapi masih bisa terjadi reaksi silang antara protein susu sapi dengan protein dari susu kedelai, sehingga 10-14% bayi tetap dapat mengalami alergi karena pengguna susu ini. Pemberian susu kedelai sebagai pengganti susu sapi hanya diperbolehkan melalui anjuran dokter dengan keadaan khusus seperti masalah ekonomi, bayi tidak dapat cocok denga susu formula lain atau adanya aturan khusus seperti anjuran pola makan vegetarian.

  • 3. Susu formula asam amino

  • Mengutip laman https://childrenallergyclinic.wordpress.com, susu Formula Asam Amino adalah bahan dasar pembuatan susu formula hipoalergenik (HA). Rasa susu formula ini relatif lebih enak dan rata-rata mudah diterima oleh bayi kebanyakan, tetapi harganya yang terbilang cukup mahal kadang tidak terjangkau oleh masyarakat dengan penghasilan di bawah rata-rata.

  • Advertisement
  • 4. Susu sapi ekstensif hidrolisat

  • Adalah susu sapi yang telah melewati proses hidrolisa (melalui pemrosesan khusus) dan cocok untuk bayi usia di bawah 6 tahun. Susu formula ini memiliki rasa yang kurang enak dan harganya relatif cukup mahal. European Society of Paediatric Allergy and Clinical (ESPACI) menjelaskan, formula ekstensif hidrolisa adalah formula dengan bahan dasar protein hidrolisa dengan fragmen yang cukup kecil guna mencegah terjadinya alergi pada anak. (https://childrenallergyclinic.wordpress.com)

  • 5. Makanan padat pendamping ASI (MPASI)

  • Pemberian MPASI hanya dianjurkan untuk anak usia 6 bulan ke atas. Ketika buah hati Anda tidak cocok dengan semua produk olahan dari susu sapi, maka Anda bisa mulai memperkenalkan berbagai macam sayuran, kacang-kacangan dan buah-buahan segar untuk dikonsumsi. Beberapa produk hewani seperti telur dan daging pun juga bisa Anda masukkan dalam daftar menu harian mereka.

  • Alergi susu sapi sangat umum dialami oleh anak-anak. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memberikan makanan yang terbuat dari hasil olahan susu sapi, maka ada baiknya kosultasikan terlebih dahulu dengan dokter keluarga Anda. Dokter akan memeriksa kondisi kesehatan anak Anda dan kemudian akan memberikan rekomendasi susu apa yang terbaik untuk dikonsumsi.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

5 makanan alternatif jika si kecil alergi susu sapi

Sebelum memutuskan untuk memberikan makanan yang terbuat dari hasil olahan susu sapi, ada baiknya kosultasikan terlebih dahulu dengan dokter keluarga Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr