Memilih susu formula terbaik. Apa saja yang harus saya tahu?

Banyaknya jenis dan merk susu formula yang dijual dipasaran, seringkali membuat para bunda bingung dalam memutuskan susu formula mana yang terbaik untuk anak bunda. Bunda tentu tidak ingin salah pilih bukan?

860 views   |   1 shares
  • Sebagai orangtua, sudah menjadi kewajiban kita untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak kita. Apalagi yang menyangkut tumbuh kembang anak. Kita pasti akan lebih protektif dan selektif dalam memberikan apa saja yang menjadi kebutuhan anak.

  • Masa pertumbuhan dan perkembangan anak adalah masa paling tepat bagi setiap bunda dalam memberikan asupan gizi dan nutrisi yang terbaik bagi putra-putri bunda. untuk mendukung pertumbuhannya.

  • Ketika anak baru lahir, ASI adalah asupan atau makanan terbaik yang wajib diberikan pada bayi. Pemberian ASI eksklusif dianjurkan pada bayi usia 0 sampai 6 bulan. Menginjak usia 6 bulan ke atas, bayi sudah membutuhkan asupan nutrisi tambahan. Itu sebabnya, susu formula dan MPASI adalah pilihan yang tepat sebagai makanan pendamping ASI.

  • Banyaknya jenis dan merk susu formula yang dijual dipasaran, seringkali membuat para bunda bingung dalam memutuskan susu formula mana yang terbaik untuk anak bunda. Bunda tentu tidak ingin salah pilih bukan? Sebelum memilih susu formula yang cocok dan baik untuk anak bunda, bunda harus mengetahui hal-hal di bawah ini, agar pemahaman tentang pemilihan susu formula tepat sasaran sesuai kebutuhan anak dan bunda.

  • 1. Pilih susu yang sesuai dengan usia anak

  • Yang pasti, pilih susu formula yang sesuai usia bayi atau anak. Biasanya pada bagian depan kotak susu atau kaleng susu, tertulis usia anak yang bisa mengonsumsi susu tersebut. Setiap merk susu biasanya ada tahap-tahapannya. Misalnya, usia bayi bunda 8 bulan, bunda memilih susu formula untuk usia 6 - 12 bulan. Karena usia bayi bunda berada di antara usia 6 - 12 bulan. Jangan sampai bunda salah memilih karena kandungan gizi pada masing-masing susu sudah disesuaikan dengan usia bayi.

  • 2. Pilih susu sesuai kondisi anak

  • Tidak semua anak cocok mengonsumsi satu jenis atau merk susu formula. Setiap anak memiliki pertahanan yang berbeda-beda. Itu sebabnya pilih susu yang benar-benar sesuai kondisi anak. Bunda bisa memperhatikan reaksi anak setelah mengonsumsi susu tersebut. Bila setelah mengonsumsi susu tersebut, anak mengalami diare, muntah, gangguan pencernaan atau kondisi tubuhnya menurun, bisa jadi susu tersebut tidak cocok dengan kebutuhan anak bunda. Segera ganti susu tersebut dengan merk yang lain.

  • 3. Perhatikan kandungan gizinya yang terdapat dalam susu

  • Pada dasarnya komposisi kandungan gizi yang terdapat pada setiap susu formula bayi dan anak hampir sama. Bunda bisa melihatnya pada label nutrisi yang terdapat pada susu. Dengan melihat kandungan gizi pada setiap label susu,tentu bunda mengetahui kelebihan atau manfaat lebih pada satu jenis susu sehingga bunda dapat menjadikannya sebagai pertimbangan dalam pemilihan susu yang baik.

  • Advertisement
  • 4. Sesuaikan harga susu dengan keuangan bunda

  • Susu formula terbaik karena harganya yang mahal atau merknya yang terkenal. Hal tersebut tidak menjamin bahwa susu tersebut terbaik untuk anak bunda. Walaupun mungkin selama ini, pandangan setiap bunda bahwa susu yang mahal itu pasti bagus. Tapi, sebaiknya harga susu juga menjadi pertimbangan bunda. Susu yang murah bukan berarti susu dengan kualitas rendah. Ada juga beberapa anak, tumbuh sehat dan gemuk dengan bantuan susu yang murah. Itu artinya susu mahal bukan jaminan mutlak anak dapat tumbuh sesuai harapan bunda. Harus dipikirkan juga, sebaiknya pilih susu formula dengan harga yang sesuai dengan kondisi keuangan bunda.

  • 5. Pastikan susu yang bunda pilih mudah dibeli di pasaran

  • Sebaiknya pilih susu formula yang mudah didapatkan di toko, pasar atau supermarket terdekat agar bunda tidak kesulitan mendapatkan susu tersebut ketika tiba-tiba bunda kehabisan susu. Dan pastikan susu tersebut sudah terdaftar di BPOM RI, agar bunda yakin bahwa susu tersebut aman, memenuhi standar dan layak dikonsumsi oleh anak.

  • Bila bunda masih kesulitan dalam memilih susu formula yang tepat, bunda bisa berkonsultasi pada dokter anak atau dokter ahli gizi.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Memilih susu formula terbaik. Apa saja yang harus saya tahu?

Banyaknya jenis dan merk susu formula yang dijual dipasaran, seringkali membuat para bunda bingung dalam memutuskan susu formula mana yang terbaik untuk anak bunda. Bunda tentu tidak ingin salah pilih bukan?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr