Ketika terpaksa pindah ke rumah mertua

Bagaimana bila keadaan memaksa Anda untuk pindah ke rumah mertua? Apa yang harus Anda lakukan?

829 views   |   4 shares
  • Setelah memutuskan menikah, kita bukan lagi menjadi tanggung jawab orangtua kita. Terutama bagi pihak wanita, ketika ia resmi menyandang status istri, yang bertanggung jawab atas dirinya adalah suaminya.

  • Membangun hubungan pernikahan, bukan hanya berbicara tentang hubungan Anda dan pasangan saja. Tetapi menikah adalah menyatukan dua keluarga besar. Katakanlah yang dulunya Anda mempunyai hanya dua orangtua, setelah menikah Anda mempunyai tambahan dua orangtua lagi, yaitu ayah ibu pasangan Anda. Yang sering Anda panggil dengan sebutan mertua.

  • Kehidupan setelah menikah tentu akan berbeda. Salah satunya mengenai tempat tinggal. Saat Anda dan pasangan memutuskan untuk menikah, Anda berdua harus merencanakan atau menentukan di mana Anda berdua akan tinggal membentuk satu keluarga baru pasca menikah.

  • Ada baiknya bila Anda tidak tinggal satu atap bersama orangtua atau mertua Anda. Mengapa demikian? Karena Anda sudah mempunyai kehidupan rumah tangga sendiri, Anda harus belajar mandiri dan tentunya untuk menghindari ketidaknyamanan antara menantu dan mertua yang sering terjadi.

  • Namun, bagaimana bila keadaan memaksa Anda untuk pindah ke rumah mertua? Apa yang harus Anda lakukan?

  • "Hal inilah yang terjadi dengan saya, sebetulnya kami sudah diberi rejeki memiliki rumah sendiri. Walaupun rumah kecil dan sederhana, saya sangat bersyukur. Kami sudah menempati rumah tersebut kurang lebih hampir 3 tahun. Memasuki akhir tahun ke-3, suami saya dipindahtugaskan ke luar kota. Artinya kami sekeluarga juga harus ikut pindah. Walaupun berat untuk pergi, tapi itulah keputusan kami. Dan kebetulan lagi, kota tempat dia dipindahtugaskan adalah kampung halamannya sendiri. Sambil mencari tempat tinggal yang baru, suami saya mengusulkan untuk tinggal di rumah orangtuanya. Dengan segala pertimbangan, akhirnya saya sekeluarga tinggal bersama mertua. Sebenarnya agak terpaksa sih, namun mau bagaimana lagi, semuanya sudah menjadi keputusan suami saya !" (Lena, IRT, 29 tahun)

  • "Mau sebaik bagaimanapun mertua kita, tentu lebih enak tinggal sendiri di rumah sendiri bukan? Namun, ketika kondisi mengharuskan kita untuk pindah ke rumah mertua apa yang harus kita lakukan? Pastinya, kita harus lebih bisa menjaga sikap, terutama kita sebagai menantu. Karena posisi kita yang tinggal di rumah mertua, kitalah yang harus beradaptasi dengan kebiasaan dan tata cara di rumah mertua. Walaupun mungkin banyak kebiasaan kita dan mertua yang berbeda, sebisa mungkin kitalah yang mengubah kebiasaan kita." ( Nung, Wiraswasta, 32 tahun)

  • Advertisement
  • "Ketika terpaksa pindah ke rumah mertua, yang pertama harus ikhlas. Anggap rumah mertua seperti rumah orangtua sendiri supaya Anda tidak merasa terpaksa dan tetap nyaman selama berada di rumah mertua Anda. Berusahalah menjalin komunikasi yang baik, tetap menghormati mereka seperti Anda menghormati orangtua Anda sendiri. Jangan malas dan jangan suka keluyuran sendiri apalagi sampai sering menitipkan anak Anda kepada mertua. Karena kebiasaan-kebiasaan seperti itu biasanya mertua kurang suka. Pintar-pintarlah mengambil hati mertua Anda. Tetaplah mandiri walaupun Anda tinggal bersama mertua. Positive thinking saja dan bersabarlah sampai Anda dan pasangan bisa menempati rumah Anda sendiri." ( Ike, 27 tahun, Kediri)

  • Tidak semua menantu dan mertua bisa menjalin hubungan yang langsung akrab. Memang semua butuh proses, namun kecanggungan dan rasa sungkan pasti tetap ada. Itu sebabnya tinggal di rumah sendiri adalah pilihan yang paling tepat. Meskipun mungkin Anda belum mampu membeli rumah sendiri, rumah kontrakan pun tidak jadi masalah kok.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Ketika terpaksa pindah ke rumah mertua

Bagaimana bila keadaan memaksa Anda untuk pindah ke rumah mertua? Apa yang harus Anda lakukan?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr