Yang dipikirkan suami ketika istri terlalu sering komplain

Punya istri tapi hobinya sudah kaya komentator saja, komplain terus. Pastinya Anda akan merasakan hal yang sama bukan?

978 views   |   5 shares
  • "Waduh sepertinya apa yang saya lakukan selalu saja ada salahnya deh, protes sana sini, komplain ini itulah. Pokoknya di mata istri saya, semua urusan aja ada minusnya. Bahkan hal sepele pun dikomplain juga. Bikin pusing jadinya!" Beginilah ungkapan kekesalan seorang suami kepada rekan kerjanya saat sedang mengobrol.

  • Apa yang ada di benak Anda para suami ketika diperhadapkan dengan kondisi seperti di atas? Punya istri tapi hobinya sudah kaya komentator saja, komplain terus. Pastinya Anda akan merasakan hal yang sama bukan?

  • Sebenarnya hal yang wajar saja, bila seorang istri akhirnya harus komplain, protes, atau mengkritik suatu kondisi atau pekerjaan yang dianggapnya belum terlaksana dengan sempurna. Jika memang harus dikomplain, Anda harus terima kritikan atau saran dari istri Anda dengan ikhlas. Namun, yang tidak wajar ketika istri terlalu sering komplain. Itu menandakan, istri Anda adalah orang yang tidak bisa menghargai usaha orang lain, tukang protes dan hanya bisa menuntut.

  • Lalu, bagaimana dengan Anda? Apa saja yang dipikirkan seorang suami ketika istrinya terlalu sering komplain?

  • " Sebenarnya bagus juga punya istri yang bisa komplain, saya juga yakin istri komplain artinya ia ingin memberitahukan kepada saya bahwa ada kesalahan yang terjadi dan ingin saya segera memperbaikinya menjadi lebih baik. Bila apa yang dikomplainnya itu masuk akal dan memang perlu ada pembenahan. Saya rasa, komplain yang dilontarkan oleh istri, saya anggap sebagai kritikan yang membangun. Dalam artian komplain positif". (Irfan, 33 tahun, Kediri)

  • "Sebagai suami, kita harus lebih bijak dan ekstra sabar menghadapi istri yang terlalu sering komplain. Saya contohnya, istri saya termasuk orang yang sangat detail dan sangat memperhatikan apa saja yang berkaitan dengan urusan rumah tangga kami. Dari urusan dapur, anak-anak, pengeluaran keluarga, makanan, kebutuhan rumah tangga bahkan urusan pekerjaan saya pun, bila memungkinkan dia juga bisa komplain. Saking seringnya dia komplain, saya jadi terbiasa dengan sikap istri tersebut dan kadang-kadang saya hanya bisa diam saja membiarkan dia berbicara sesuka hatinya mengeluarkan apa yang ia tidak suka. Saat keadaannya tenang, baru kami bisa berdiskusi dengan baik". ( Fahrul, 38 tahun, Malang)

  • " Istri terlalu sering komplain itu istri yang cerewet, suka ngatur, tidak mudah percaya pada orang lain, mementingkan keinginannya sendiri dan tidak bisa bersyukur. Misalnya saja, suami punya penghasilan pas-pasan, dikomplain, suami dituntut untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tanpa melihat bagaimana perjuangan suami. Suami telat pulang kerja dikomplain juga, padahal telatnya karena ada meeting mendadak dengan klien tapi istri gak mau terima alasan apa pun. Atau suami niatnya beli perabot rumah tangga untuk nyenengin istrinya, eh sampai di rumah malah diprotes sama istri karena tidak sesuai selera istri. Jadi serba salah kan? Jika suaminya tidak ekstra sabar yang terjadi pasti perdebatan". ( Reno, 27 tahun, Kediri).

  • Advertisement
  • Sebagai pemimpin keluarga, Anda para suami harus bisa membimbing istri Anda. Jangan jadikan komplain dari istri sebagai beban atau bentuk penolakan istri. Bersikaplah bijak dan dewasa menyikapi setiap keadaan agar istri juga tahu bagaimana harus bersikap dengan semestinya.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Yang dipikirkan suami ketika istri terlalu sering komplain

Punya istri tapi hobinya sudah kaya komentator saja, komplain terus. Pastinya Anda akan merasakan hal yang sama bukan?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr