Plus minus memilih homeschooling untuk anak

Homeschooling adalah alternatif pendidikan yang bisa diberikan kepada anak, selain sekolah umum. Banyak hal baik yang didapat jika mengaplikasikannya. Namun, tentunya tak terlepas juga dari kekurangan. Apa sajakah?

341 views   |   2 shares
  • Menyekolahkan anak di sekolah umum merupakan hal yang umum, dan menjadi pilihan hampir seluruh masyarakat Indonesia. Walau demikian sekolah tidak menjadi satu-satunya cara bagi anak untuk memperoleh pendidikan.

  • Saat ini tren pendidikan homeschooling menjadi pilihan lain dalam upaya orangtua memberikan pendidikan bagi putra-putrinya. Dan kemunculannya di tanah air pun kian marak. Lalu, apa itu homeschooling? Secara umum pengertian homeschooling adalah model pendidikan di luar metode belajar formal di sekolah, saat sebuah keluarga memilih untuk bertanggung jawab sendiri atas pendidikan anak-anak dan mendidik anaknya dengan berbasis rumah.

  • Tetapi, sebagai sebuah pendidikan alternatif, homeschooling tentunya mempunyai beberapa kekuatan dan kelemahan. Sebelum memutuskan memilih homeschooling untuk anaknya, orangtua wajib mengetahui plus minus homeschooling.

  • Kelebihan Homeschooling

    • Anak-anak memiliki pilihan untuk belajar, bebas menentukan apa yang ingin mereka pelajari dan kapan mereka ingin belajar. Anak bebas dan leluasa menikmati proses belajar tanpa harus terbebani target kurikulum.

    • Banyak keluarga homeschooling mengatakan bahwa homeschooling memiliki peran penting dalam mendekatkan hubungan keluarga. Waktu belajar bersama dapat membantu mendekatkan hubungan dalam keluarga.

    • Menurut situs family education.com, kestabilan emosi anak - anak homeschooling tidak perlu khawatir mereka akan 'dibully', mendapatkan tekanan akibat kompetisi di sekolah, sehingga mereka tidak harus tertekan baik fisik maupun mental menghadapi itu semua.

    • Kebebasan agama/ kepercayaan. Banyak orangtua merasa bahwa homeschooling memberikan mereka kesempatan untuk lebih banyak mengajarkan nilai-nilai agama.

    • Dengan homeschooling, orangtua dapat melindungi anak dari paparan nilai dan pergaulan yang negatif seperti tawuran, narkoba, pornografi, menyontek di kelas dan sebagainya.

    • Mendapat istirahat yang cukup. Dengan homeschooling anak-anak bisa mengatur jadwal tidurnya dengan baik sehingga dapat beristirahat dengan cukup. Waktu tidur dan istirahat merupakan kebutuhan vital bagi anak yang dapat mempengaruhi fisik dan mental anak, khususnya anak - anak menjelang remaja dan remaja.

    • Biaya pendidikan dapat menyesuaikan dengan kondisi keuangan orangtua.

    • Dengan homeschooling, orangtua dapat menentukan beragam metode untuk mendidik anak mereka dan bisa tidak terlalu fokus pada bidang yang 'mubazir'. Orangtua dapat mengintegrasikan pengetahuan yang akan diberikan sesuai dengan kemampuan, ketertarikan, dan kesiapan anak, termasuk mengintegrasikan nilai agama ke dalamnya.

  • Advertisement
  • Kekurangan Homeschooling

    • Homeschooling membutuhkan komitmen dan keterlibatan tinggi dari orangtua. Seperti dilansir dari publicshools.org, orangtua yang memilih homeschooling menghabiskan waktu lebih banyak untuk merencanakan, mengarahkan anak mereka dalam beraktivitas, serta turut berpartisipasi dalam kegiatan mereka. Idealnya ibu harus berada di rumah untuk secara penuh bertanggung jawab dalam pendidikan anak sementara ayah bekerja. Namun, bukan tidak mungkin jika keduanya bekerja. Hal ini akan menjadi tantangan bagi orangtua dalam membagi waktu untuk bekerja dan mendidik anak

    • Menurut pakar pendidikan, Prof. Dr. Arief Rahman anak yang dididik homeschooling kurang belajar bersosialisasi. Mereka kurang berinteraksi dengan teman sebaya dari berbagai status sosial. Padahal skill tersebut dapat memberikan pengalaman berharga untuk belajar hidup di masyarakat. Namun mereka yang kontra seperti Paula Rothermel dari Universitas Durham Inggris dalam Laporan Tahun 2002, menilai bahwa perkembangan psikososial dan akademik pesertahomeschooling usia kurang dari 11 tahun ditemukan sikap yang lebih matang secara sosial dan berprestasi akademik lebih baik daripada anak-anak yang dididik di sekolah. Sementara Kak Seto, salh satu pendiri ASAH PENA (Asosiasi Sekolah Rumah dan Pendidikan Altenatif) mengatakan bahwa anak-anak homeschooling mendapat desain khusus untuk mempraktekkan bagaimana cara-cara yang baik untuk bermasyarakat secara baik dan benar.

    • Ada risiko anak kurang atau tidak memiliki kemampuan bekerja dalam tim, organisasi, dan kepemimpinan.

    • Kemungkin anak tidak memiliki kemampuan menyelesaikan situasi sosial dan masalah yang kompleks yang tidak terprediksi.

    • Keterbatasan keuangan. Untuk melaksanakan homeschooling, salah satu orangtua harus mengorbankan pekerjaan penuh waktu mereka dan ini dapat menyebabkan masalah keuangan bagi sebagian keluarga.

  • -

  • Kritikan dari orang lain. Ketika homeschooling semakin berkembang, tetap saja masih banyak orang yang memandang negatif homeschooling dan ini adalah hal biasa. Bahkan pandangan negatif ini berasal dari teman - teman dan keluarga dekat. Jika anda memilih homeschooling maka Anda harus siap dengan kritikan dan pandangan negatif orang lain.

  • Setelah melihat pro dan kontra penerapan homeschooling, orangtua tentu lebih mudah mengambil keputusan apakah akan tetap bersekolah formal atau memilih homeschooling. Yang menjadi tujuan tentunya agar tercapai tujuan pendidikan dan demi tumbuh kembang anak yang baik.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Plus minus memilih homeschooling untuk anak

Homeschooling adalah alternatif pendidikan yang bisa diberikan kepada anak, selain sekolah umum. Banyak hal baik yang didapat jika mengaplikasikannya. Namun, tentunya tak terlepas juga dari kekurangan. Apa sajakah?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr