Hal yang sesungguhnya bos lakukan ketika Anda terlalu sering izin terlambat datang ke kantor

Menjadi seorang bos, sebetulnya tidak mudah. Sebab, permasalahan yang dihadapi dengan karyawan pun banyak. Salah satunya adalah menghadapi karyawan yang terlalu sering datang terlambat.

558 views   |   2 shares
  • Tepat waktu bisa jadi cerminan profesionalisme seseorang dan membuat kesan pertama positif. Sayangnya, di zaman sekarang ini, cukup banyak orang yang menyepelekan masalah waktu dan "hobby" datang terlambat ke kantor. Apakah Anda termasuk yang punya masalah selalu datang terlambat?

  • Jika iya, pernahkah Anda menyadari, bahwa dengan terlambat terlalu sering Anda telah merugikan banyak sekali orang? Bukan hal baru jika hal yang paling meresahkan bos adalah karyawan yang gemar telat, dan tidak menyadari bahwa keterlambatannya itu bukan hanya urusannya dengan diri sendiri saja. Karena efek yang ditimbulkan biasanya sistemik. Jadi tahukah Anda hal yang sesungguhnya bos lakukan ketika Anda terlalu sering izin terlambat ke kantor, namun tak pernah Anda sadari? Ada empat hal terkait isu ini, seperti dilansir majalah TIME.

  • Isu utamanya

  • Saat Anda terlambat datang ke tempat kerja, apalagi sering, akan menyebabkan semua orang pun jadi terlambat. Sadar tak sadar, Anda sebetulnya berperan atas segala keterlambatan lain dalam pekerjaan. Apa pun posisi Anda di kantor. Saat Anda tak hadir saat pekerjaan sudah dimulai, ada begitu banyak hal yang juga ikut hilang dan membawa ke step selanjutnya..

  • Dampaknya

  • Saat Anda tak hadir untuk mengerjakan tugas-tugas yang seharusnya Anda kerjakan, ada orang lain yang harus melakukan pekerjaan itu untuk Anda. Artinya, mereka, atau bos Anda (jika pada akhirnya dia yang mengerjakan) juga akan terlambat, toh? Mengapa? Sebab saat ia mengerjakan tugas Anda, pekerjaan yang harusnya menjadi tanggung jawabnya akan terbengkalai sementara. Maka, ia pun terlambat, sama seperti Anda.

  • Citra diri sebagai si telat

  • Apakah Anda pernah menyadari, saat Anda terlalu sering terlambat, semua orang akan memandang Anda sebagai "si telat"? amat kontras jika Anda selalu hadir tepat waktu, menyelesaikan tugas dengan baik kemudian diapresiasi atas segala yang telah Anda upayakan. Maka bos akan mengenal Anda sebagai seseorang yang profesional dan selalu siap melakukan hal terbaik. Citra diri Anda di mata orang lain akan terbentuk dengan perilaku dan kinerja. Begitupun saat Anda menjadi si hobi terlambat. Bos akan melihat Anda sebagai orang yang yang sangat membutuhkan orang lain untuk menyelesaikan kewajiban yang seharusnya Anda kerjakan sendiri.

  • Anda pasti tak mau dikenal sebagai karyawan seperti itu kan? Atau menjadi sumber masalah bagi seluruh tim di kantor?

  • Bos harus membuat keputusan

  • Jika Anda terlalu sering telat, bos lambat laun akan merasa dirinya tidak bisa, atau tidak perlu, membuat Anda hadir tepat waktu. Ini adalah pilihan yang harus Anda buat. Namun bos, harus bertanggung jawab dan memberi keputusan dengan karyawan yang menjadi tanggung jawabnya. Bisa saja, karena Anda sudah keterlaluan, bos akan memilih untuk tak lagi mempekerjakan Anda. ya, Anda membuatnya berada dalam posisi tersulit.

  • Advertisement
  • Dalam buku Never Be Late Again, tulisan konsultan manajemen, Diana DeLonzor, tertulis sebuah penelitian di Universitas San Fransisco yang dilakukan kepada 225 orang. Hasilnya, sekitar 17 persen sering terlambat. Dan benang merah yang menghubungkan si hobi telat satu dengan lainnya adalah; mereka semua adalah orang-orang yang terbiasa menunda mengerjakan sesuatu, kesulitan mengendalikan diri sendiri (biasanya terkait dengan hobi minum-minum, berjudi, kecanduan belanja, kecanduan makan), dan menunjukkan gejala seperti pengidap Attention Deficit Disorder (ADD) yang biasanya sulit konsentrasi, gelisah, dan masalah atensi.

  • Pauline Wallin, Ph.D, seorang psikolog dari Camp Hill, Pennsylvania mengatakan, "Orang yang terlalu sering terlambat biasanya bergulat dengan kecemasan berlebih, mudah terdistraksi, dan ambivalansi (memiliki dua perasaan yang bertentangan) serta berbagai masalah psikologi internal yang tak bisa diatasi."

  • Ini adalah hal pertama yang harus Anda atasi terlebih dahulu, jika Anda merupakan salah satu orang yang hobi telat. Maka, cobalah untuk memikirkan bagaiamana perasaan kita jika harus terus mengerjakan pekerjaan yang semestinya menjadi tanggung jawab orang lain, sebelum terlambat dan merasa bahwa hal itu biasa-biasa saja.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Hal yang sesungguhnya bos lakukan ketika Anda terlalu sering izin terlambat datang ke kantor

Menjadi seorang bos, sebetulnya tidak mudah. Sebab, permasalahan yang dihadapi dengan karyawan pun banyak. Salah satunya adalah menghadapi karyawan yang terlalu sering datang terlambat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr