8 cara menenangkan anak yang marah, di mana pun

Anda sedang berbelanja ke toko dan anak Anda meminta sesuatu yang tidak Anda setujui. Dia menangis menjerit-jerit, menarik perhatian semua orang, apa yang mesti Anda lakukan?

1,288 views   |   8 shares
  • Anda sedang berbelanja ke toko dan anak Anda meminta sesuatu yang tidak Anda setujui. Dia menangis menjerit-jerit, menarik perhatian semua orang, apa yang mesti Anda lakukan? Jika Anda tarik untuk dibawa pulang dia akan tambah menjerit-jerit dan orang-orang akan menganggap Anda ibu yang gagal atau ayah yang jahat. Sementara jika dipenuhi permintaannya dia akan memakai itu sebagai senjata lain kali. Taktik apa yang harus Anda pakai supaya ini tidak terjadi lagi?

  • Sebelum pergi ajaklah anak Anda berbicara baik-baik. Mintalah dia berjanji bahwa di toko dia tidak boleh merengek-rengek bila ibu atau ayah sudah berkata tidak akan membelikan sesuatu yang dimintanya. Bila dia tetap menangis ayah atau ibu tidak akan membawanya ke toko lagi. Ayah dan ibu terpaksa pergi bergantian untuk belanja sementara salah satu dari mereka menjaga anak di rumah.

  • Di rumah tetangga

  • Anda sedang asyik berbincang-bincang dengan tetangga, bergunjing dan merancang arisan. Mendadak si kecil menarik-narik baju Anda sambil merengek minta pulang. Makin didiamkan, makin tidak sabar dia dan ulahnya mengganggu pembicaraan Anda. Dalam hal ini ikutilah kemauannya, ajaklah dia pulang karena Anda sudah mengobrol cukup lama, urusan rumah tangga terlantar dan anak Anda juga ingin diperhatikan. Dia merasa Anda melalaikannya karena Anda terlalu sibuk bergunjing sendiri.

  • Di rumah ibadat

  • Anda sekeluarga pergi beribadat, si kecil tidak ketinggalan Anda bawa. Dia tidak bisa duduk diam dan lama-lama karena bosan dia mulai menangis. Anda membujuknya dengan mengeluarkan buku gambar supaya dia mau duduk dan mewarnai bukunya. Makanan kecil yang Anda bawa menenangkan kemarahannya dan dia mau duduk lagi dengan khidmat.

  • Di sekolah

  • Hari pertama masuk TK anak Anda merasa takut dan tidak aman, karena itu dia berontak dengan menangis dan menjerit tidak mau melepaskan pelukannya dari kaki Anda. Untuk mencegah hal ini beberapa hari sebelum sekolah ajaklah anak Anda ke sekolahannya. Biarkan dia merasa kenal dengan tempat itu dan ceritakan apa yang akan dia lakukan di situ supaya dia merasa senang dan ingin bersekolah.

  • Di bioskop

  • Anda ingin menonton bioskop kebetulan tidak ada yang menjaga anak Anda, jadi Anda putuskan untuk mengajaknya, karena filmnya juga bukan film yang mengandung kekerasan atau seks. Di bioskop anak Anda mulai bosan padahal film masih setengah lagi. Terpaksa Anda membeli berondong dan es krim lagi untuk membujuk anak Anda. Untung dia mau diam sampai film selesai.

  • Advertisement
  • Di tempat kerja

  • Suatu hari istri Anda sedang tidak enak badan, dia perlu banyak istirahat, mau tidak mau Anda membawa anak Anda ke tempat kerja. Bos Anda yang baik hati tidak keberatan tentang hal itu. Tetapi tentu saja Anda kuatir anak Anda akan merecoki Anda bekerja. Dari rumah Anda sudah membuat persiapan apa saja yang perlu dibawa untuk menghibur anak Anda. Dari makanan kecil sampai mainan kesayangannya, semua Anda bawa. Anda menaruh dia di ruang istirahat dengan pesan Anda akan menengoknya dan bermain bersama dia selama jam istirahat. Rekan-rekan kerja Anda memperlakukannya dengan penuh kasih sayang sehingga dia betah di situ.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

8 cara menenangkan anak yang marah, di mana pun

Anda sedang berbelanja ke toko dan anak Anda meminta sesuatu yang tidak Anda setujui. Dia menangis menjerit-jerit, menarik perhatian semua orang, apa yang mesti Anda lakukan?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr