Gaji tidak kunjung naik dari tahun ke tahun. Evaluasi diri yuk

Sudah bekerja selama bertahun-tahun namun tak juga mengalami kenaikan gaji, adalah hal yang patut dipertanyakan. Tak hanya kepada perusahaan, namun juga kepada diri sendiri. Sebab jangan-jangan memang Anda salah.

500 views   |   3 shares
  • Perkara gaji memang menjadi pertimbangan besar dalam karier seseorang. Jika gaji yang diterima tidak sesuai, seseorang bisa saja mundur dari posisinya. Atau ketika gaji yang diterima berada di kisaran jumlah itu-itu saja, karyawan juga bisa jadi mengajukan pengunduran diri. Apalagi dengan inflasi yang terus terjadi dan harga barang-barang selalu menanjak naik, gaji yang lebih banyak stagnannya daripada naik, jadi terasa lebih menyedihkan. Ditambah kenyataan, kita sudah bekerja di tempat itu cukup lama.

  • Sebenarnya apa sih yang menyebabkan gaji kita sulit naik atau tak kunjung naik. Pimpinan Human Resource Development (HRD) di salah satu anak perusahaan milik MNC Group, Nugroho Ponco Sudarmo menyebutkan beberapa sebab yang membuat gaji karyawan tidak naik-naik.

  • Tidak mencari solusi

  • Apabila gaji karyawan tidak naik-naik padahal sudah lama bekerja, seharusnya mereka mencari solusi. Misalnya, bertanya kepada atasan mengapa gaji tidak naik, jika kurang jelas bisa ditanyakan kepada HRD. Bila penyebabnya karena penilaian kinerja, maka perusahaan akan mencarikan solusinya agar karyawan bisa bekerja lebih optimal dan mendapat kompensasi yang sesuai. Masalahnya, banyak karyawan yang tidak ingin mencari solusinya, mereka hanya menggerutu tanpa mengevaluasi diri.

  • Kemampuan tidak bertambah

  • Selama bekerja, Anda tidak melakukan inovasi atau menambah skill lain yang bisa meningkatkan nilai diri. Itulah sebabnya gaji tidak kunjung naik.

  • Performa kerja stuck

  • Jika ada karyawan yang merasa gajinya tidak naik-naik, seharusnya mereka mengevalusi diri. Apakah selama bekerja diperusahaan itu mereka sudah menunjukkan performa di atas rata-rata atau hanya stuck di titik tertentu. Jika ini yang menjadi masalah, berarti mereka harus mencari cara dan bekerja lebih ekstra agar mencapai performa yang luar biasa. Sehingga hasil itu nanti yang akan dibandungkan dengan pendapatan atau gaji.

  • 4. Tidak Berani menghadapi tantangan

  • Gaji yang meningkat akan seiring dengan tantangan kerja yang meningkat. Jika kita ingin gaji naik, tentunya harus berani untuk mengambil tantangan baru pekerjaan yang diberikan perusahaan. Jangan terlalu nyaman di zona nyaman jika Anda ingin gaji naik dengan signifikan.

  • Meskipun demikian, kita pun harus menyadari bahwa dalam dunia usaha semuanya tidak selalu berjalan mulus. Perusahaan tempat kita bekerja, ada kalanya mengalami masa sulit. Maka di saat itu jangan dulu kita meminta gaji karena akan sensitif bagi pimpinan. Menurut Muayyad Nanang Kartiadhy, Relation Executive PT Anugerah Citra Abadi (ACA), jika perusahaan tidak kunjung memberikan kenaikan gaji dalam kurun waktu yang cukup lama, ia memilih untuk terlebih dahulu memikirkan penyebabnya. "Apakah memang karena kondisi perekonomian perusahaan sedang tidak stabil, atau justru sebenarnya dari segi karyawan sendiri yang tidak cukup produktif sehingga tidak layak menerima kenaikan gaji," ujar Muayyad.

  • Advertisement
  • Nah, faktor tambahan lainnya jika Anda sudah berupaya maksimal dalam bekerja dan berinteraksi dengan perusahaan namun gaji masih saja sulit naik, itu artinya Anda berada di perusahaan yang salah. Entah itu watak pimpinan yang pelit atau tebang pilih kepada karyawan, bisa saja terjadi kok. Bisa jadi secara pribadi Anda memang tidak disukai karena satu dua hal. Jika Anda ingin dihargai dengan lebih baik, maka tak mungkin lagi untuk bertahan dalam perusahaan tersebut.

  • Lalu harus bagaimana dong? Hasil survei yang dilakukan ECC UGM menunjukkan bahwa 32 persen responden memilih untuk menghemat pengeluaran ketika gaji dari kantor tak kunjung mengalami kenaikan. Selain itu, 29 persen responden memilih mencari pekerjaan sambilan, demi menambah pemasukan agar dapat meng-cover semua kebutuhan. Sebanyak 15 persen responden dari survei yang sama memilih mengambil langkah mengajak mengobrol atasan perihal kenaikan gaji. Mereka cenderung memilih jalan 'damai' dan mencoba membicarakan jalan keluar bersama atasan. Sedangkan 10 persen lainnya memutuskan mengajukan resign jika gaji tak juga naik. Namun, ada pula yang memlih pasif dan mengatakan tidak bisa berbuat apa-apa meskipun jumlahnya hanya 2 persen dari keseluruhan responden.

  • Sebanyak 98 persen responden dari survei di atas menunjukkan sikap tertentu menghadapi gaji yang tidak kunjung dinaikkan oleh perusahaan. Meskipun cara yang ditempuh masing-masing berbeda, namun dapat dilihat bahwa mayoritas responden tidak bisa tinggal diam dalam menyikapi nominal gaji yang jumlahnya selalu sama setelah sekian lama. Nah sekarang, bagaimana dengan Anda?

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Gaji tidak kunjung naik dari tahun ke tahun. Evaluasi diri yuk

Sudah bekerja selama bertahun-tahun namun tak juga mengalami kenaikan gaji, adalah hal yang patut dipertanyakan. Tak hanya kepada perusahaan, namun juga kepada diri sendiri. Sebab jangan-jangan memang Anda salah.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr