Anak bersekolah ke luar negeri. Apa saja yang harus saya persiapkan?

Sebelum menyekolahkan ke luar negeri, anak harus sudah siap dari segala aspek tumbuh kembangnya. Artinya, secara mental, fisik, emosional dan spritual si anak sudah harus siap.

200 views   |   4 shares
  • Mampu mengantarkan anak hingga memiliki pendidikan setinggi mungkin menjadi dambaan setiap orangtua, orangtua juga berharap melalui pendidikan yang tinggi buah hatinya kelak bisa memiliki kehidupan dan masa depan yang lebih baik. Banyak pendidikan tinggi berkualitas di dalam negeri, tetapi terkadang orangtua berharap buah hatinya bisa menempuh pendidikan di luar negeri agar wawasan serta pengetahuannya menjadi lebih banyak.

  • Berbicara mengenai bersekolah di luar negeri, ada persiapan-persiapan yang perlu orangtua lakukan agar anak-anak mampu fokus belajar dan tentunya aman sewaktu di negara orang. Salah satu dari persiapan tersebut adalah bagaimana supaya anak memiliki mental yang tangguh, sehingga tantangan yang akan ia hadapi mampu diselesaikan dengan baik. Berikut beberapa tips untuk memulainya:

  • 1. Pastikan usia anak telah memenuhi syarat

  • Hal pertama yang perlu orangtua lakukan adalah memastikan apakah usia dan kematangan mental si anak sudah memenuhi syarat untuk diizinkan bersekolah di luar negeri. Umumnya, selepas SMA adalah saat yang tepat, tetapi hal ini tidak berlaku jika ternyata si anak masih belum memiliki cukup kemandirian untuk menyelesaikan tugas-tugas harian semisal bangun pagi, mencuci baju sendiri dan memasak makanannya sendiri.

  • 2. Apakah kepribadian anak sudah cukup dewasa?

  • Usia tidak bisa digunakan sebagai tolak ukur untuk menentukan tingkat kedewasaan seseorang. Mengutip TabloidNova.com, seorang psikolog Novita Tandry mengatakan, "Sebelum menyekolahkan ke luar negeri, anak harus sudah siap dari segala aspek tumbuh kembangnya. Artinya, secara mental, fisik, emosional dan spritual si anak sudah harus siap." Mengapa demikian? Hal ini berkaitan dengan ancaman kejahatan, pergaulan bebas dan kemampuan seorang anak menyelesaikan masalah, sehingga dengan kedewasaan yang dimiliki anak diharapkan mampu mengatasi hal itu semua.

  • 3. Latih penguasaan bahasa

  • Menguasai bahasa adalah modal utama bagi anak ketika bersekolah di luar negeri, sehingga diharapkan anak tidak perlu lagi mengikuti kelas penyesuaian bahasa sebelum mengikuti pelajaran. Oleh karena itu, pastikan Anda telah melatihnya sejak kecil atau setidaknya pastikan anak Anda telah menguasai bahasa yang digunakan di negara yang akan ia tuju.

  • 4. Latih untuk beradaptasi

  • Berada seorang diri di negara orang dengan kultur yang berbeda dapat membuat seseorang mengalami gegar budaya. Untuk itu, proses adaptasi sangatlah penting sehingga perbedaan-perbedaan yang ada tidak menjadi hambatan dalam belajar. Proses adaptasi ini bisa Anda latih sejak anak-anak masih kecil, ajarkan kepada mereka untuk menghormati orang lain, menghargai kebiasaan-kebiasaan orang lain serta mampu bersahabat dengan semua orang.

  • Advertisement
  • 5. Keuangan

  • Sekolah di luar negeri membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu, Anda harus yakin benar bahwa kemampuan keuangan Anda mampu untuk memenuhi kebutuhan hidup buah hati Anda selama bersekolah di luar negeri.

  • 6. Perkuat moral dan kehidupan rohaninya

  • Ketika berada jauh dari orangtua banyak godaan mampu menghancurkan masa depan buah hati Anda. Maka dari itu, perkuat benteng kerohanian mereka dan ajarkan nilai-nilai moral agar mereka mampu menolak segala godaan yang dapat menjerumuskan mereka.

Bantu kami menyebarkan

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Anak bersekolah ke luar negeri. Apa saja yang harus saya persiapkan?

Sebelum menyekolahkan ke luar negeri, anak harus sudah siap dari segala aspek tumbuh kembangnya. Artinya, secara mental, fisik, emosional dan spritual si anak sudah harus siap.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr