'Baby walker'. Pentingkah untuk si kecil?

Segala alat-alat canggih diciptakan untuk balita, namun apakah semua itu memang perlu atau hanya supaya orang lebih konsumtif?

300 views   |   2 shares
  • Segala alat-alat canggih diciptakan untuk balita, namun apakah semua itu memang perlu atau hanya supaya orang lebih konsumtif? Tentu saja car seat sangatlah penting karena menjaga keselamatan anak-anak di mobil. Dan sippy cup berguna sekali karena anak-anak dapat minum tanpa tumpah. Kursi tinggi untuk meja makan membuat anak-anak duduk sejajar dengan orang-orang dewasa sehingga mereka tidak merasa diabaikan. Bagaimana dengan baby walker, pentingkah itu?

  • Pro

  • Baby walker membantu anak-anak yang belum dapat merangkak untuk bergerak ke sana ke mari. Dalam keadaan setengah duduk kaki mereka mengayuh baby walker itu. Mereka merasa senang dapat bergerak sendiri dan tidak perlu mengandalkan orang dewasa. Sementara itu si ibu juga tidak harus selalu menggendong si kecil, kegiatan yang jika dilakukan terlalu lama dapat membuat ibu sakit pinggang. Dia juga dapat mengerjakan sesuatu yang lain sambil mengawasi anaknya.

  • Tentu saja orangtua tidak boleh lengah karena ketika bergerak si anak tidak dapat sepenuhnya mengendalikan gerakannya. Anak pertama penulis senang sekali waktu dia memperoleh baby walkernya. Saat itu dia berumur kira-kira delapan bulan. Ayahnya memasak di dapur sambil sesekali menoleh ke arahnya. Tiba-tiba dia menghilang dan ketika ayahnya melihat pintu depan terbuka segera saja dia bergegas ke depan. Ternyata si anak terjerembab ke rerumputan di halaman. Padahal di depan pintu ada keset yang tebal sekali, entah bagaimana baby walker itu dapat menanjak, namun karena tidak seimbang dia jatuh.

  • Kontra

  • Konon baby walker dapat mengubah tulang kaki anak-anak sehingga berbentuk O bila terlalu banyak memakainya. Tetapi pendapat ini tidak ditunjang secara ilmiah. Baby walker dapat mulai dipakai bila kaki si anak cukup panjang untuk mengayuhnya. Bagi bayi yang terlalu kecil baby walker tidak berfungsi. Karena itu pendapat bahwa baby walker dapat menyebabkan kaki O tidaklah masuk akal. Seberapa lama seorang bayi betah ditinggal sendiri walau dia dapat bergerak "leluasa"? Sebagai anak kecil yang cepat bosan, tentu saja dia lebih senang dipeluk ibunya dalam dekapan yang penuh kasih sayang. Kaki O lebih banyak disebabkan oleh kekurangan vitamin D dan kalsium pada tubuh si bayi. Juga bisa diakibatkan oleh penyakit Blount yang membuat tulang tumbuh secara abnormal.

  • Baby walker bukan barang yang murah, bagi orangtua yang berpenghasilan kecil, ini barang mewah. Dan berapa lama bayi akan memakainya? Mungkin cuma sebulan dua bulan, jadi bukan keperluan wajib. Orangtua yang mampu membelinya juga tidak ingin menyimpannya jika mereka merasa sudah cukup memiliki dua anak. Mereka mungkin akan menyumbangkannya ke panti asuhan atau memberikannya kepada kerabat atau orang lain yang memerlukannya daripada menyimpan barang yang menyita banyak tempat.

  • Advertisement
  • Dengan pertimbangan-pertimbangan di atas, Anda dapat mengambil keputusan apakah perlu membeli baby walker untuk anak Anda. Ada banyak macam baby walker. Ada yang di atasnya diberi mainan untuk membuat si anak lebih betah karena bisa bermain sesudah capai berkeliling. Ketika membeli periksalah dengan baik bagian-bagiannya, apakah ada yang membahayakan atau mengganggu kenyamanan si anak. Pilihlah baby walker yang berwarna-warni sehingga bayi Anda mau memakainya karena banyak anak yang menangis ketakutan dimasukkan ke benda yang asing.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

'Baby walker'. Pentingkah untuk si kecil?

Segala alat-alat canggih diciptakan untuk balita, namun apakah semua itu memang perlu atau hanya supaya orang lebih konsumtif?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr