Ini kandungan luar biasa dari setiap tetes Air Susu Ibu yang mungkin belum Anda sadari

Tubuh setiap wanita diciptakan berbeda, ada ibu yang ASInya sudah keluar sebelum persalinan, tetapi ada juga yang membutuhkan waktu seminggu bahkan lebih setelah persalinan.

698 views   |   6 shares
  • Menjadi dambaan bagi setiap ibu bisa menyusui bayinya sedini mungkin, tetapi kadang harapan tersebut tidak terwujud. Seperti yang dialami oleh istri saya baru-baru ini, telah 5 hari sejak persalinan ASI yang didambakannya tak kunjung keluar.

  • Khawatir mengenai hal ini kami pun mengunjungi seorang dokter kandungan langganan kami, kepadanya kami utarakan segala permasalahan yang sedang kami hadapi. Berharap mendapatkan penanganan secara klinis, ternyata kami hanya diminta untuk bersabar. Istri saya diminta untuk mengendalikan stres, mengonsumsi sayuran dan buah-buahan lebih sering serta melakukan pijatan secara teratur di sekitar payudara. Luar biasa, menginjak hari ke tujuh pasca persalinan ASI yang kami harapkan akhirnya mulai keluar, meskipun masih belum lancar tetapi hal tersebut telah mampu membuat semangat istri saya bangkit kembali.

  • Sekarang, di antara Anda mungkin ada yang sedang menghadapi permasalahan yang sama. ASI memang menjadi makanan terbaik bagi bayi yang baru lahir. Akan tetapi, jika setelah persalinan ASI Anda belum juga keluar saya harap Anda tidak perlu terlalu panik. Tubuh setiap wanita diciptakan berbeda, ada ibu yang ASInya sudah keluar sebelum persalinan, tetapi ada juga yang membutuhkan waktu seminggu bahkan lebih setelah persalinan. Untuk sementara waktu berikan asupan gizi melalui susu formula, perhatikan takaran yang tepat dan segera hentikan ketika ASI Anda sudah lancar keluar.

  • Mengapa ASI menjadi begitu sangat penting bagi bayi? Sebagai orang yang awam dengan dunia medis saya juga memiliki pertanyaan yang sama. Namun, setelah beberapa saat mencari informasi saya akhirnya menemukan sedikit pencerahan. Mengutip dari sebuah laman kesehatan di http://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/nilai-nutrisi-air-susu-ibu, ternyata ASI mengandung berbagai macam zat penting yang sangat baik bagi kesehatan bayi, antara lain:

  • 1. Komposisi

  • Kandungan air ASI mencapai 87,5% sehingga mencukupi kebutuhan bayi terhadap cairan. Di samping itu, tingkat kekentalan ASI sangat sesuai dengan sistem pencernaan bayi sehingga dapat mencegah bayi menderita sembelit ataupun diare.

  • 2. Protein

  • Jika dibandingkan dengan susu sapi, ASI mengandung protein yang cukup lengkap. Protein di dalam ASI terdiri dari protein Whey dan Casein. Namun demikian, prosentase protein Whey ternyata jauh lebih tinggi mencapai 70%, di mana protein Whey jauh lebih mudah diserap oleh usus bayi. Selain itu, beta laktoglobulin yang banyak dikandung oleh susu sapi tidak dimiliki oleh ASI, sehingga dapat mencegah bayi menderita alergi. Kualitas protein ASI juga jauh lebih baik ketimbang susu sapi, di mana ASI memiliki jenis asam amino (unsur yang membentuk protein) yang lebih lengkap daripada susu sapi.

  • Advertisement
  • 3. Karbohidrat

  • Sebagai sumber energi ASI mengandung laktosa. Laktosa ASI adalah karbohidrat utama yang kandungannya mencapai dua kali lipat jika dibanding dengan susu sapi pada takaran yang sama. Jarang ditemui bayi mengalami diare ketika diberi ASI, hal ini disebabakan penyerapan laktosa ASI jauh lebih baik ketimbang susu sapi ataupun susu formula.

  • 4. Kolostrum

  • Kolostrum adalah zat yang dikeluarkan oleh kelenjar air susu ibu (ASI) pada tahap akhir kehamilan. Kolostrum mengandung immunoglobulin, rantai anti-microbial dan molekul bioaktif lain yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Begitu pentingnya kolostrum bagi bayi segera berikan setelah persalinan. (www.kalbestore.com)

  • 5. Lemak

  • Jika dibandingkan dengan susu sapi dan susu formula kandungan lemak ASI jauh lebih tinggi, kandungan lemak yang tinggi ini dibutuhkan bayi untuk membantu pertumbuhan sel-sel otaknya. Di samping itu, ASI mengandung lemak jenuh dan tak jenuh yang seimbang, sehingga bayi dapat terhindar dari penyakit pembuluh darah yang sering menyerang orang dewasa.

  • 6. Karnitin

  • Karnitin atau L-karnitin adalah salah satu dari 20 jenis asam amino non-esensial. Memiliki fungsi membantu membawa asam lemak ke dalam mitokondria dalam sel sehingga asam lemak tersebut dapat diubah menjadi energi. www.referensisehat.com

  • 7. Vitamin

  • Kandungan vitamin di dalam ASI termasuk paling lengkap jika dibandingkan dengan susu sapi ataupun susu formula, di antaranya adalah: Vitamin K untuk mencegah bayi mengalami pendarahan, vitamin D untuk memperkuat tulang bayi, vitamin E berfungsi untuk mencegah bayi menderita anemia, dan vitamin A untuk kesehatan mata bayi. Selain itu, ada juga beberapa jenis vitamin yang larut dalam air, seperti: Vitamin B, asam folat, vitamin C, vitamin B1 dan B2, B6 dan B12.

  • 8. Kalsium dan zat besi

  • Mineral utama yang terkandung di dalam ASI adalah kalsium dan zat besi. Kalsium memiliki peranan penting untuk membantu pertumbuhan jaringan otot dan tulang. Sedangkan zat besi berfungsi untuk proses metabolisme tubuh dan mencegah bayi menderita acrodermatitis enterophatica (www.idai.or.id)

Baca, hidupkan, bagikan!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Ini kandungan luar biasa dari setiap tetes Air Susu Ibu yang mungkin belum Anda sadari

Tubuh setiap wanita diciptakan berbeda, ada ibu yang ASInya sudah keluar sebelum persalinan, tetapi ada juga yang membutuhkan waktu seminggu bahkan lebih setelah persalinan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr