Memperkenalkan Budaya Baru kepada Keluarga Anda

Bergaul dengan orang dan budaya yang beragam memberikan kesempatan belajar bagi keluarga.

336 views   |   shares
  • Suatu hari saat berada di toko, anak saya yang berumur 2 tahun melihat seorang wanita mengenakan kerudung. Dia bertanya mengapa wanita tersebut menggunakan cadar. Saya menjelaskan kepadanya sebisa saya bahwa itu bukan cadar, tetapi bagian dari budaya dan agamanya. Pada pertandingan sepak bola anak saya, wasit memakai sorban. Keluarga teman kami baru-baru ini mengadopsi dua anak dari Etiopia. Ini adalah beberapa contoh budaya di sekeliling saya, walaupun saya tinggal di Amerika Serikat. Bergaul dengan orang dan budaya yang beragam memberikan kesempatan belajar bagi keluarga. Berikut ini adalah tujuh cara untuk membantu keluarga Anda agar menjadi lebih memahami budaya yang majemuk.

  • Bertemulah dengan tetangga-tetangga Anda

  • Bukalah mata Anda terhadap orang-orang di sekeliling Anda. Mungkin saja terdapat berbagai unsur budaya Anda dalam lingkup pergaulan Anda. Ramahlah serta libatkan diri Anda dalam pembicaraan dengan orang-orang yang Anda temui. Saya bertemu dengan seorang wanita dari India dalam suatu acara di sekolah. Dia memberikan saran yang sangat bermanfaat kepada saya tentang rumah makan khas India di kota kami. Berhati-hatilah agar tidak terlalu menaruh kecurigaan terhadap orang yang tampaknya asing. Gunakanlah kepekaan untuk mencari orang-orang yang tampaknya tertarik untuk membahas kebudayaan mereka.

  • Cobalah rumah makan baru

  • Berbicara tentang makanan, pergi ke rumah makan etnik merupakan cara yang baik untuk belajar tentang budaya yang berbeda, terutama jika pemiliknya berasal dari negara tempat makanan tersebut berasal. Anak-anak mungkin ragu untuk mencoba makanan yang tampak atau berbau asing tetapi kebanyakan menu menawarkan sesuatu yang akan mereka makan. Sekarang setelah kami sering makan di berbagai rumah makan khas Asia, anak-anak saya menemukan makanan yang mereka nikmati dan cenderung mau mencoba hal-hal yang baru.

  • Carilah festival kebudayaan

  • Jika di daerah Anda terdapat konsentrasi kebudayaan tertentu, carilah festival yang mempertontonkan kekayaan warisan budaya mereka. Di kota kecil saya, saya melihat iklan festival tentang budaya Skandinavia, Irlandia, dan Asia. Pada festival semacam itu biasanya tersedia makanan, musik, serta pertunjukan yang terkait dengan kebudayaan yang dipersembahkan, biasanya dengan biaya yang murah dan suasana yang santai. Pencarian melalui internet adalah cara yang baik untuk menemukan festival kebudayaan di daerah Anda.

  • Kunjungi museum

  • Museum besar atau kecil memberikan informasi tentang orang-orang dan kebudayaan. Jika Anda tidak tinggal di kota besar, carilah museum budaya atau museum seni yang lebih kecil di daerah Anda. Universitas-universitas juga sering kali memiliki museum yang mengajarkan tentang budaya lokal.

  • Advertisement
  • Memasak di rumah

  • Mencoba pengalaman dengan suatu makanan dan budaya di rumah dapat menjadi cara yang menyenangkan dan mudah untuk memperkenalkan sesuatu yang baru. Jika anak-anak Anda tampak tertarik pada budaya yang baru, cobalah membuat suatu makanan bersama-sama. Anda mungkin perlu pergi ke toko bahan makanan tertentu untuk mendapatkan bahan-bahannya, tetapi kebanyakan toko besar memiliki rak khusus bahan makanan etnik. Teman suami saya berasal dari Korea. Ketika kami mengundang dia ke rumah kami, dia membawa makanan Korea untuk dibagikan. Sangat menyenangkan mendengar tentang keluarganya di Korea dan bagaimana dia dibesarkan di Korea.

  • Tontonlah film dokumenter

  • Saluran TV berlangganan seperti Travel dan National Geographic memiliki banyak program yang menampilkan budaya yang berbeda-beda. Jika Anda tidak memiliki akses terhadap saluran ini, cobalah meminjam DVD dari perpustakaan lokal atau carilah di internet. Beberapa film dokumenter mungkin mempertunjukkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh negara-negara yang sedang kesusahan. Pertimbangkan kebutuhan keluarga Anda ketika memilih prgoram.

  • Kerjakan tugas-tugas sekolah

  • Murid-murid sering mendapat tugas laporan tentang negara sebagai bagian dari kurikulum pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Ketika anak Anda mendapatkan tugas tersebut, jadikanlah pelajaran tentang budaya tersebut sebagai tugas keluarga. Cobalah untuk mempelajari beberapa kata atau ungkapan dalam bahasa yang baru, memasak makanan yang baru, dan biarkan anak Anda membagikan apa yang dia pelajari bersama keluarga.

  • Kita tinggal di dunia yang penuh dengan ragam budaya. Anak-anak perlu untuk membangun pandangan tentang dunia dan mudah menerima dan bekerja sama dengan orang-orang yang berlatar belakang budaya berbeda. Bantulah keluarga Anda untuk belajar menghargai dan menikmati kebudayaan lain. Ini adalah dunia yang kecil, dan tampaknya akan semakin kecil seiring perjalanan waktu.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “Bienvenidos! Introducing your family to new cultures” karya Amy Peterson.

Baca, hidupkan, bagikan!

Amy M. Peterson, a former high school English teacher, currently lives in Oregon with her husband and four children. She spends her days writing, reading, exercising and trying to get her family to eat more vegetables.

Memperkenalkan Budaya Baru kepada Keluarga Anda

Bergaul dengan orang dan budaya yang beragam memberikan kesempatan belajar bagi keluarga.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr