4 Cara untuk Menghidupkan Kembali Kedekatan dalam Pernikahan Anda

Alih-alih membela diri, cobalah untuk melihat hal-hal dari sudut pandang pasangan Anda.

4,276 views   |   shares
  • Di dalam setiap pernikahan, ada masa di mana para pasangan merasakan pasang dan surut tingkat keintiman. Kadang-kadang tekanan dari pekerjaan, membesarkan anak, membayar tagihan-tagihan dan keadaan lainnya dalam kehidupan bisa menyebabkan pasangan yang sudah menikah menjadi fokus pada hal-hal lain dan saling menjauh untuk sementara waktu.

  • Namun, jika Anda menemukan bahwa kurangnya kedekatan tanpa kecuali telah muncul dalam pernikahan Anda, mungkin ini waktunya untuk mengambil langkah untuk memperbaiki masalah sebelum hal itu menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.

  • Salah satu cara yang paling penting untuk dilakukan adalah untuk menjalin komunikasi yang sehat antara Anda dan pasangan Anda. Ini bisa menjadi proses yang sulit. Itu memerlukan banyak kerendahan hati, kesabaran, pengertian, dan pengampunan. Kabar baiknya adalah jika Anda berdua berkomitmen untuk membuat perubahan yang positif di dalam hubungan Anda, Anda akan baik-baik saja pada perjalanan Anda menuju ke pernikahan yang lebih kuat dan memuaskan. Petunjuk berikut ini akan membantu Anda untuk membuka jalur komunikasi dan memperoleh kembali keintiman dan kebahagian yang seharusnya ada dalam pernikahan Anda.

  • 1. Jaga emosi Anda agar terkendali

  • Anda tahu ketika Anda merasa terlalu marah untuk berkomunikasi secara efektif, pastikan bahwa Anda menjauhi pembicaraan ketika Anda mencapai titik itu. Itu sangat penting, namun, pastikan bahwa Anda tidak menghentikan pembicaraan secara kasar. Setujuilah waktu dan tempat untuk melanjutkan pembicaraan bersama pasangan Anda saat Anda berdua merasa lebih bisa menguasai diri.

  • 2. Mengakui dan menghindari perilaku yang bisa menyakiti

  • Bagian dari mengatasi komunikasi negatif dalam hubungan Anda adalah belajar mengakui dan mengendalikan perilaku-perilaku yang bisa menyakiti pasangan Anda. Jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan komunikasi dan kedekatan, mengucapkan atau melakukan hal-hal yang tidak baik terhadap pasangan Anda hanya akan menyebabkan Anda jauh dari tujuan. Kadang-kadang sulit untuk mengakui kebiasaan Anda sendiri.

  • Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mencatat perdebatan antara Anda dan pasangan Anda dan kemudian menganalisanya bersama-sama hal-hal apa saja yang menyakitkan bagi kedua belah pihak. Cara lainnya adalah dengan mengontrol pembahasan, mana yang Anda ucapkan sementara yang lainnya menggunakan bahasa tubuh atau tanda untuk menunjukkan kepada Anda ketika perilaku Anda mempengaruhi pasangan Anda secara negatif, secara positif atau secara netral. Latihan ini akan membantu Anda untuk memahami bagaimana Anda bisa berkomunikasi secara positif terhadap pasangan Anda.

  • Advertisement
  • 3. Respon kritik dengan empati

  • Alih-alih membela diri, cobalah untuk melihat hal-hal dari sudut pandang pasangan Anda. Cara ini seringkali memerlukan latihan. Salah satu cara paling efektif untuk dilakukan untuk menetapkan peraturan-peraturan dasar di mana Anda hanya boleh berbicara setelah meringkas apa yang Anda pahami dari komentar-komentar pasangan Anda. Latihan semacam ini akan memaksa Anda untuk mencoba melihat hal-hal dari perspektif pasangan Anda.

  • 4. Bertanggungjawablah terhadap semua pernyataan Anda

  • Ketika kita saling berbagi saran seringkali kita berbicara dalam bentuk memerintah atau tuduhan (contohnya, “Kamu tidak pernah mau mendengar” atau “Kamu harus selalu menghubungi jika kamu akan datang terlambat”). Jenis pernyataan-pernyataan semacam ini akan selalu menyebabkan penolakan yang tak dapat dihindari. Lebih efektif untuk mengambil tanggung jawab pribadi dengan mengatakan pernyataan “Saya” (contohnya “Saya merasa kamu tidak sedang mendengarkan saya” atau “Saya akan menghargai jika kamu mau menelpon bila kamu akan terlambat”). Jenis pernyataan-pernyataan semacam ini sepertinya lebih mungkin untuk mempromosikan pemahaman.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli “4 ways to reestablish closeness in your marriage” karya Lynn Scoresby.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Dr. Scoresby enjoys sitting with his wive amidst the trees and flowers he and his wife have planted, while listening to the quiet sounds of nature...and their many playing grandchildren. Dr. A. Lynn Scoresby is the founder and president of www.firstanswers.com, www.achievementsynchrony.com, and www.6innovations.com. He has been a marriage and family psychologist for more than 35 years and published more than 20 books/training program

4 Cara untuk Menghidupkan Kembali Kedekatan dalam Pernikahan Anda

Alih-alih membela diri, cobalah untuk melihat hal-hal dari sudut pandang pasangan Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr