Mungkin membosankan, tapi ini manfaat musik klasik yang belum Anda tahu

Mungkin sebagian dari Anda merasa 'ribet' mendengarkan musik klasik, atau malah membosankan? Tahukah Anda manfaat sehat dibalik alunan nada tersebut?

299 views   |   2 shares
  • Dentingan musik klasik tidak hanya bernada indah terdengar, tapi juga memiliki manfaat lain bagi tubuh manusia loh. Sebagai akar dari segala jenis musik, nada-nada musik klasik ternyata punya manfaat kesehatan bagi tubuh kita.

  • Beberapa orang mungkin bertanya-tanya, bagaimana bisa? Apalagi bagi sebagian orang musik ini kerap terdengan membosankan. Namun dengan segala kerumitan nada di dalamnya, ada manfaat positif yang bisa didapatkan oleh para pendengarnya. Apa sajakah itu, berikut beberapa di antaranya.

  • Musik klasik dapat membantu memilihara tubuh manusia

  • Bagaimana mungkin? Ya, penelitian dari Universitas Oxford mengungkapkan bahwa dengan mendengarkan musik klasik setiap hari selama 30 menit hingga 1 jam dapat membantu tubuh Anda menyeimbangkan tekanan darah Anda loh. Hal ini disebabkan karena ketika Anda mendengarkan musik klasik, musik klasik yang masuk dalam telinga dan pikiran Anda akan membantu menormalkan detak jantung Anda (yang mungkin sedang gelisah atau mungkin karena terlalu aktif beraktifitas). Sehingga tubuh dan pikiran akan terasa lebih ringan karena lebih relax. Hal inilah dengan sendirinya akan membantu Anda untuk lebih positif dalam melakukan aktifitas. Sehingga tubuh Anda tidak akan mudah lelah dan Anda pun tidak akan mudah terkena penyakit.

  • Musik klasik dapat memberikan relaksasi saat kehamilan maupun persalinan

  • Hormon kehamilan membuat seorang wanita lebih mudah mengalami stres. Padahal pada masa kehamilan, seorang ibu disarankan untuk tidak stress demi ketenangan dan kesehatan bayi dalam kandungannya. Sebuah artikel dalamJournal of Clinical Nursing yang diterbitkan pada tahun 2008 memaparkan bahwa wanita hamil yang sering mendengarkan musik klasik, merasakan dampak stres, kecemasan dan depresi yang lebih kecil dibandingkan dengan yang tidak. Selain itu musik klasik juga seringkali dihubungkan dengan pengaruh kecerdasan pada bayi sejak dalam kandungan.

  • Musik klasik dapat mengurangi stress

  • Hampir sepertiga dari pendengar musik klasik, mengaku mendengarkan musik klasik untuk membangkitkan suasana hati positif dan mencari ketenangan jiwa dalam rutinitasnya sehari-hari. Begitulah dampak musik klasik bagi psikis para pendengarnya. Sebuah penelitian memaparkan, pengaruh musik klasik pada manusia ternyata dapat meningkatkan IQ dan bahkan meningkatkan spiritual Quotient. Artinya, ketika alunan nada musik masuk dalam pikiran kita, secara tidak langsung akan membantu kita untuk berpikir lebih positif, sehingga dengan sendirinya musik tersebut membawa ketenangan tersendiri dalam hati dan pikiran. Itulah sebabnya, musik klasik dapat membantu mengurangi stres dan kegelisahan yang kita rasakan.

  • Advertisement
  • Musik klasik dapat membantu menjaga kesehatan mental yang lebih baik

  • Terapi musik klasik adalah salah satu alternatif yang digunakan untuk mengobati seorang penderita gangguan kesehatan mental. Cara ini sangat efektif dan positif, di mana musik digunakan sebagai sarana komunikasi dan ekspresi diri. Kedua, musik dilakukan sebagai sarana restoratif atau penyembuhan. Siapa saja dapat menggunakan musik klasik untuk mengekspresikan hal-hal yang tidak dapat mereka ungkapkan dengan kata-kata, meskipun orang tersebut menderita gangguan mental. Hal inilah yang digunakan sebagai stimulus untuk membangkitkan kenangan lama atau membangkitkan tanggapan emosional yang baru. Hingga dengan perlahan mereka mulai belajar mengenal dan mengendalikan emosi, bahkan kembali menemukan pribadinya yang lama.

  • Musik klasik dapat mengobati insomnia

  • Tidak hanya dapat mengurangi stres, musik klasik juga dapat membantu mengobati gangguan susah tidur atau insomnia pada seseorang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mendengarkan musik klasik selama 45 menit sebelum tidur, dapat merasakan ketenangan pikiran dua kali lipat dibandingkan mereka yang tidak mendengarkan. Sehingga ketenangan inilah yang dapat membantu mereka yang memiliki masalah gangguan tidur.

  • Meningkatkan daya fungsi otak

  • Banyak penelitian mengungkapkan bahwa musik klasik mampu membantu mempertajam kinerja otak manusia. Anda tentu pernah mendengar istilah 'Mozart effect' dan bagaimana musik klasik disarankan untuk didengarkan kepada janin dan anak-anak bayi untuk meningkatkan kecerdasan mereka.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Mungkin membosankan, tapi ini manfaat musik klasik yang belum Anda tahu

Mungkin sebagian dari Anda merasa 'ribet' mendengarkan musik klasik, atau malah membosankan? Tahukah Anda manfaat sehat dibalik alunan nada tersebut?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr