Yuk, hilangkan godaan berprasangka buruk terhadap orang lain

Kendalikan diri Anda, stop berprasangka buruk terhadap orang lain

3,012 views   |   40 shares
  • Mengawali hidup baru di awal perkawinan kami tidak berjalan dengan mudah. Setelah menikah, kami berdua pindah menempati rumah baru namun di sana saya dan suami mendapat cobaan dari salah satu tetangga kami. Ia adalah seorang ibu dengan sifat yang agak "kepo" dengan latar belakang kami.

  • Tak lama tinggal di sana, tersiar berita bahwa kami adalah pasangan tidak sah dan yang harus segera diusir dari tempat tinggal kami. Awalnya saya dan suami berusaha tidak merespons kabar tersebut. Hingga pada puncaknya rumah kami didatangi oleh beberapa pria yang hendak mengintograsi. Syukurlah waktu itu suami saya sudah berada di rumah. Tanpa sedikitpun merasa khawatir dia menyambut mereka dan mempersilakan masuk.

  • Dan benar saja, tamu-tamu tersebut datang mengatasnamakan warga, dan berniat menanyakan perihal status pernikahan dan asal-usul kami. Saat itu, perumahan kami adalah sebuah komplek hunian baru yang belum memiliki pengurus RT dan RW sehingga kami belum dapat melaporkan diri secara resmi.

  • Singkat kata, para bapak ini datang karena laporan dari salah seorang ibu yang mengaku merasa resah dengan keberadaan kami. Suami akhirnya menunjukkan bukti surat nikah, kartu keluarga serta KTP kepada mereka. Tidak ada hal yang aneh dan mencurigakan tentang kami, sehingga akhirnya bapak-bapak tersebut tidak punya alasan untuk mengusir kami. Sejak kejadian tersebut, akhirnya segera dibentuk pengurus RT - RW di tempat kami tinggal. Lambat laun perumahan di mana kami tinggal akhirnya semakin ramai dan hingga sekarang suami saya dipercaya oleh warga untuk menjabat sebagai ketua RT.

  • Sepenggal kisah yang kami alami di atas mungkin juga pernah Anda alami. dicurigai dan difitnah oleh orang yang tidak terlalu mengenal Anda. Kepada orang seperti itu, saya ingin berpesan, saat mencurigai seseorang atau suatu hal, sebaiknya Anda menanyakan langsung kebenarannya ketimbang menyebarkanberita-berita menghasut dan menebar fitnah.

  • Berikut beberapa hal yang perlu Anda pikirkan sebelum melayangkan tuduhan tidak beralasan kepada seseorang:

  • 1. Apa keuntungan yang Anda dapat dari menyebarkan fitnah?

  • 2. Pernahkah Anda berpikir apa dampak yang ditimbulkan dari sikap Anda tersebut? Bagaimana ketidakpedulian Anda merugikan orang lain.

  • 3. Jika terbukti tidak benar, tentu pandangan orang terhadap Anda akan berubah menjadi kurang respek hingga terjadi sangsi sosial seperti dijauhi.

  • 4. Sikap tersebut hanya akan menunjukkan sifat iri hati Anda terhadap seseorang, dan berujung akan mempermalukan diri Anda sendiri.

  • Advertisement
  • Akhir kata, untuk Anda yang mudah berprasangka buruk semoga kebiasaan ini bisa segera diubah. Jadilah pribadi yang ramah dan dapat bersimpati kepada siapapun, sehingga dengan demikian Anda akan dihormat dari orang lain.

Bantu kami menyebarkan

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Yuk, hilangkan godaan berprasangka buruk terhadap orang lain

Kendalikan diri Anda, stop berprasangka buruk terhadap orang lain
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr