3 Cara Penting Membantu Anak Mengatasi Kecemasan

Anda dapat menolong anak-anak belajar keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi pemicu stres dengan cara yang positif sebelum itu melemahkan mereka.

4,333 views   |   14 shares
  • Pada suatu titik dalam kehidupan, semua orang akan menghadapi pemicu stres atau lingkungan yang dapat menyebabkan stres dan kecemasan. Bagi anak-anak, peristiwa dan situasi sederhana dapat menjadi terlalu berat bagi mereka dan menyebabkan gangguan kecemasan jangka panjang. Anda dapat menolong anak-anak belajar keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi pemicu stres ini dengan cara yang positif sebelum itu melemahkan mereka.Berikut adalah tiga cara Anda dapat membantu.

  • Mendorong keterampilan pemecahan masalah melalui bermain peran dan diskusi terbuka

  • Doronglah rasa percaya diri dalam keterampilan dan kemampuan mereka. Anda dapat membantu anak-anak belajar cara menangani pemicu stres pribadi atau keadaan dan lingkungan yang menyebabkan stres dengan mengajarkan keterampilan pemecahan masalah kepada mereka. Pertama-tama, mulailah dengan mengajarkan cara mengenali pemicu kecemasan. Kemudian, bantulah anak Anda belajar cara melihat situasi atau masalah dan mengenali cara-cara mengatasi situasi itu atau mengubah pandangan mereka. Dengan membuka dialog dengan anak-anak, Anda dapat membantu mereka memahami pemicu stres yang seringkali muncul dan bahwa mereka memiliki kuasa untuk mengatasinya. Anda dapat membantu menanamkan rasa percaya diri dalam diri mereka mengenai pilihan dan keputusan mereka sendiri agar mereka mampu belajar cara menangani situasi yang datang. Satu cara untuk membantu anak-anak melakukan ini adalah melalui bermain peran atau kegiatan ‘bagaimana-jika’. Kegiatan ini membantu menyajikan berbagai peristiwa dan membiarkan anak-anak menentukan cara mereka sendiri untuk menghadapinya.

  • Meyakinkan keamanan lingkungan kepada anak-anak

  • Memastikan bahwa anak-anak tahu mereka selalu memiliki lingkungan yang aman dalam rumah akan membantu mereka merasa lebih percaya diri ketika mengambil keputusan. Menyediakan tempat yang aman bagi anak-anak memungkinkan mereka tahu bahwa meskipun mereka membuat kesalahan atau tersandung, mereka akan selalu memiliki tempat untuk kembali dan orang-orang di rumah yang akan selalu mengasihi mereka tanpa syarat. Membantu mereka memahami bahwa mereka akan selalu memiliki tingkat keamanan ini dalam rumah mereka sendiri dapat membantu mereka merasa kurang cemas dalam situasi apapun.

  • Mengajarkan teknik relaksasi

  • Ini merupakan keterampilan yang dapat mereka gunakan sejak kanak-kanak sampai dewasa kelak. Mengajarkan keterampilan pemecahan masalah dan metode relaksasi kepada anak-anak adalah penting baik dalam masa kanak-kanak maupun dalam masa dewasa. Mereka akan terus menghadapi peristiwa tak terduga, keadaan di luar kendali mereka, dan situasi yang tidak nyaman. Dengan membantu anak-anak belajar mengenali pemicu stres dan bagaimana kecemasan muncul, kemudian mengajarkan mereka cara-cara untuk mengendalikan ini atau mulai menenangkan diri, Anda memberikan keterampilan berharga yang dapat digunakan seumur hidup. Beberapa keterampilan ini dapat mencakup hal-hal seperti bernapas perlahan dan mendalam, menemukan tempat yang tenang untuk bermeditasi, atau bahkan berjalan dan kegiatan jasmani. Apa pun metode yang berhasil bagi anak Anda adalah yang harus terus Anda dukung.

  • Advertisement
  • Sementara kecemasan dapat melemahkan jika tidak ditangani, bagi anak-anak yang belajar sedini mungkin cara mengenali gejala, membuat rencana, dan belajar teknik relaksasi, itu dapat dikendalikan dan tidak mengakibatkan dampak besar dalam kehidupan sehari-hari. Adalah penting untuk mengingat bahwa setiap anak adalah berbeda, setiap situasi bisa berbeda, dan hal-hal terpenting adalah untuk menanamkan rasa percaya diri dalam kemampuan mereka untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan terlepas dari pemicu stres yang muncul.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "3 important ways to help a child with anxiety" karya Lynn Scoresby.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Dr. Scoresby enjoys sitting with his wive amidst the trees and flowers he and his wife have planted, while listening to the quiet sounds of nature...and their many playing grandchildren. Dr. A. Lynn Scoresby is the founder and president of www.firstanswers.com, www.achievementsynchrony.com, and www.6innovations.com. He has been a marriage and family psychologist for more than 35 years and published more than 20 books/training program

3 Cara Penting Membantu Anak Mengatasi Kecemasan

Anda dapat menolong anak-anak belajar keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi pemicu stres dengan cara yang positif sebelum itu melemahkan mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr