Prestasi anak di sekolah menurun. Apakah yang harus dilakukan orangtua?

Prestasi anak menurun di sekolah adalah salah satu dari sekian faktor bahwa ia membutuhkan perhatian Anda.

2,262 views   |   11 shares
  • Siapa sih yang tidak ingin anaknya mempunyai prestasi gemilang dengan nilai memuaskan di setiap pelajaran? Tentu saja ini adalah impian setiap orang tua, terlepas apakah nilai tersebut berada di atas rata-rata atau bahkan mendapatkan peringkat kelas.

  • Jika prestasi anak mulai menurun, tentu ada sedikit perasaan kecewa di hati orang tua. Biasanya Anda akan mulai bertanya-tanya alasan dibalik kondisi menutun tersebut, apakah anak menemui kesulitan atau kurang semangat? Apapun itu, hargailah hasilnya saat ini dan tetap semangat ia untuk melakukan yang lebih baik lagi ke depannya.

  • Berikut ini sikap yang bisa Anda lakukan saat menghadapi anak yang sedang menurun prestasinya.

  • Cari tahu penyebabnya

  • Tidak ada salahnya mengomunikasikan dengan anak, penyebab turunnya prestasi belajarnya. Apakah ada kesulitan yang dihadapi, atau hal-hal lain di luar itu. Lakukan diskusi dari hati ke hati, kendala yang sedang ia hadapi. Apakah karena materi pelajaran, atau ada hal lain di luar itu. Jika sudah diketahui maka solusinya akan dipecahkan dengan lebih mudah bersama-sama.

  • Tidak menyalahkan anak

  • Turunnya prestasi bukan semata-mata karena kesalahan anak. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut dialami anak, bisa faktor internal maupun eksternal. Sebaiknya Anda tidak terburu-buru menjudge dan melabeli anak, dengan sebutan 'malas' dan 'tidak mau mendengarkan' akibat penurunan prestasi tersebut.

  • Perhatikan tipe belajar anak

  • Setiap anak memiliki tipe belajarnya sendiri, yang berbeda dengan anak lainnya. Anak tipe visual memiliki kemampuan belajar dengan mengobservasi, mengamati lewat gambar, ataupun membaca buku secara mandiri. Sedangkan anak dengan tipe belajar auditori memiliki kemampuan belajar dengan mendengarkan secara langsung atau melalui rekaman suara. Jika anak Anda adalah tipe kinestetik, ia memiliki kemampuan belajar dengan bergerak, serta melakukan uji coba secara langsung. Karenanya, penting memperhatikan materi yang menyebabkan penurunan belajar pada anak. Cari cara belajar yang sesuai dengan tipe belajarnya.

  • Introspeksi diri

  • Tidak selamanya penurunan prestasi terjadi karena kondisi anak. Apa yang terjadi di sekitarnya, di rumah dan sekolah, bisa jadi penyebabnya juga termasuk peran Anda sebagai orang tua. Mungkin Anda selama ini terlalu sibuk dengan urusan pribadi sehingga tidak lagi memperhatikan proses belajarnya. Atau mungkin juga anak merasa tidak nyaman menerima pelajaran karena kondisi rumah yang tidak harmonis. Mungkin pula Anda selama ini secara tidak sadar menuntutnya lebih tetapi lupa menyediakan kebutuhannya.

  • Advertisement
  • Hai para orang tua, jangan sia-siakan anak-anak kita yang sangat membutuhkan perhatian Anda sebagai orang tuanya. Prestasi menurun di sekolah adalah salah satu dari sekian faktor yang menandakan mereka butuh perhatian Anda.

Baca, hidupkan, bagikan!

Profil Penulis Irni, lulusan Sarjana Psikologi UBAYA. Saat ini menetap di Jepang mendampingi suami bersama dua buah hatinya. Aktif menulis di berbagai media dan buku Pengembangan Diri. Baginya menulis adalah media berbagi pada sesama.

Situs: http://www.irniis.com

Prestasi anak di sekolah menurun. Apakah yang harus dilakukan orangtua?

Prestasi anak menurun di sekolah adalah salah satu dari sekian faktor bahwa ia membutuhkan perhatian Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr