Pentingnya mengedukasi anak agar terhindar dari pelecehan

Belajarlah memberikan informasi yang benar kepada anak-anak Anda di rumah agar mereka tetap aman ketika berada di luar rumah.

168 views   |   1 shares
  • Masyarakat kita terlanjur membangun benteng yang membuat pembicaraan mengenai seks menjadi tabu. Padahal seks adalah bagian hidup manusia, sama seperti makan, minum, dan melahirkan. Kita wajib mengajar anak-anak kita mengenai seks demi menghindari mereka dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sejauh mana kita menyampaikan informasi kepada anak-anak kita soal kegiatan seksual manusia?

  • Usia Balita

  • Anak-anak pada usia balita seringkali bermain-main dengan alat kelamin mereka, karena mereka sedang melakukan penjelajahan. Janganlah dilarang, tetapi diberi tahu untuk memainkannya di tempat tertutup dan harus mencuci tangan setelahnya. Tahap penjelajahan harus dituntaskan, karena kalau diputus di tengah jalan dan dihukum oleh orangtua, bisa berpengaruh pada kesehatan jiwanya saat dewasa, seperti teori Sigmund Frued. Untuk mengurangi 'penjelajahan', ajak anak bermain, atau melakukan kegiatan yang banyak menggunakan tangan, seperti menggambar.

  • Remaja

  • Kira-kira mulai usia 12 tahun, tubuh akan mengalami perubahan. Misalnya muncul rambut di sekitar alat kelamin. Sejak kecil, biasakan anak diajak berbicara empat mata. Tanyakanlah tentang perubahan yang terjadi dan beri tahu hal-hal ini:

  • Kepada anak perempuan, jelaskan bahwa payudaranya mulai tumbuh agar dia memiliki informasi yang benar. Kalau tidak, rasa ingin tahunya akan diisi oleh teman-teman sebayanya yang kemungkinan besar berupa 'mitos'. Jelaskan pula bahwa datang bulan adalah proses alami pertumbuhan fisik seorang gadis.

  • Kepada anak lelaki, jelaskan bahwa dia mulai mimpi basah, artinya dia bermimpi sesuatu yang mengaktifkan kantung air maninya sehingga air mani tersebut membasahi celana dalamnya. Perlu diberitahukan juga bahwa ini wajar karena tubuhnya sehat dan sedang mempersiapkan diri menjadi 'pejantan' buat mempertahankan kehidupan dengan melanjutkan keturunan.

  • Jelaskan pula mengenai masturbasi. Beberapa agama melarangnya, tetapi psikologi modern menyatakan bahwa masturbasi adalah wajar. Sama seperti anak-anak balita yang melakukan 'penjelajahan tubuhnya', sering-seringlah mereka diajak melakukan kegiatan bersama, memiliki kegiatan olah raga yang melibatkan kelompok seperti bola basket dan lain-lain.

  • Di atas 16 tahun

  • Baik laki-laki maupun perempuan perlu diberi informasi secukupnya terhadap perkembangan seksual lawan jenisnya agar mereka saling menghormati. Bahwa hubungan seks harus disertai tanggung jawab, karena menyangkut kesehatan pria dan wanita. Mereka perlu diberitahu tentang adanya libido, dorongan seksual agar dapat mengatasinya dengan cara yang benar.

  • Advertisement
  • Perlu juga Anda mendidik mereka mengenai seks yang aman, seperti menggunakan alat kontrasepsi untuk menghindari kehamilan. Jelaskan pula bahwa berganti pasangan bisa menyebabkan penyakit kelamin. Kita tidak bisa menahan anak di rumah, jadi sebaiknya kita membekali mereka dengan pengetahuan yang benar mengenai seks agar mereka bisa mengambil keputusan yang tepat di dalam pergaulannya, sehingga dapat menghindari diri dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kehamilan di luar pernikahan.

  • Kalaupun kehamilan tidak dapat dihindari, apa yang harus dilakukan? Anak harus belajar dari kesalahannya, tetapi tidak ada gunanya menghukum mereka. Kehamilan jangan pula ditutupi atau disembunyikan. Dan yang pasti, menikah bukan solusi yang baik. Pengalaman mengandung di luar pernikahan akan membekas dalalm diri anak untuk selamanya, sehingga mereka tidak mengulang kesalahan yang sama. Selain itu, bersiap-siaplah untuk mendidik anak agar lebih dewasa dan membantunya dalam merawat di jabang bayi.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Sebagai penulis, Effian sangat terinspirasi dengan karya-karya John Grisham, Michael Creighton, David Baldacci, James Patterson dan Dan Brown. Kegiatan favoritnya selain menulis adalah memasak dan melukis.

Pentingnya mengedukasi anak agar terhindar dari pelecehan

Belajarlah memberikan informasi yang benar kepada anak-anak Anda di rumah agar mereka tetap aman ketika berada di luar rumah.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr