Tidak perlu jauh-jauh, tempat rekreasi sarat edukasi ini bisa jadi pilihan Anda warga Jakarta

Mengisi akhir pekan atau hari libur dengan kegiatan keluarga yang berkualitas sangat bermanfaat bagi perkembangan anak. Rancanglah agenda wisata edukasi keluarga Anda dengan 5 pilihan destinasi wisata edukasi di sekitar Jakarta ini.

239 views   |   1 shares
  • Menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga adalah hal yang sangat penting. Selain membangun kedekatan, Anda turut membentuk pribadi anak-anak Anda menjadi individu yang bahagia dan berkarakter kuat. Salah satu caranya adalah dengan belajar sambil berwisata. Di Jakarta dan sekitarnya tersebar banyak destinasi wisata edukasi yang menarik untuk dikunjungi. Simak 5 destinasi wisata edukasi berikut ini sebagai referensi jalan-jalan keluarga Anda akhir pekan atau hari libur nanti.

  • 1. Planetarium Jakarta

  • Alamat : Jl. Cikini Raya No. 73, Jakarta Pusat Telepon : 021-2305146 Situs : http://planetarium.jakarta.go.id

  • Luar angkasa menyimpan rahasia yang indah untuk diulik dan diungkap. Menjadi salah satu destinasi wisata edukasi favorit sejak lama, Planetarium Jakarta menawarkan petualangan dunia astronomi yang mengagumkan. Anda sekeluarga dapat menyaksikan fenomena benda-benda langit yang menarik. Mulai dari ruang pameran, observatorium yang dilengkapi dengan teleskop-teleskop, hingga pertunjukkan Teater Bintang yang memesona. Ruang pameran dapat diakses secara gratis, sedangkan untuk pertunjukkan dikenai biaya Rp. 3.500,- untuk anak hingga usia SD dan Rp. 7.000,- untuk usia SMP ke atas. Selain itu, Planetarium Jakarta secara rutin melakukan kegiatan peneropongan bintang setiap bulannya. Jadwal kegiatan ini dapat Anda ketahui dari situs Planetarium Jakarta.

  • 2. Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) Taman Mini

  • Alamat : Kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur Telepon : 021-8401488 Situs : http://ppiptek.ristekdikti.go.id/

  • Belajar sains sering dipandang membosankan dan rumit. Padahal, sains dapat dipelajari dengan cara yang mengasyikkan. Ajaklah keluarga belajar sains bersama secara interaktif di PP-IPTEK Taman Mini. Anda dapat melihat berbagai peragaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam galeri dalam dan luar ruangan, termasuk eksperimen-eksperimen yang sayang untuk dilewatkan, seperti sepeda layang, simulator gempa bumi, roket air, dan lain-lain. Film pendidikan sains juga ditayangkan di sini di ruang auditorium berkapasitas lebih dari 100 orang. Dengan tiket masuk Rp. 16.500 per orang, ilmu pengetahuan siap diserap dalam acara wisata keluarga Anda.

  • 3. Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara

  • Advertisement
  • Alamat : Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur Telepon : 081585569492 / 082111008899 Situs : http://www.tamanlalulintasjakarta.com

  • Sadar berlalu lintas penting untuk dikenalkan sejak dini. Selain edukasi tertib berlalu-lintas, Taman Lalu Lintas ini juga menyediakan sarana rekreasi seperti mobil keliling dan kereta api mini untuk mengitari lokasi, serta permainan gokart. Di hari Senin sampai Jumat, tersedia program edukasi Polisi Anak (Polsanak). Dalam kegiatan Polsanak, anak akan mengenal berbagai rambu dan tata tertib lalu lintas, berkenalan dengan profesi Polisi Lalu Lintas (Polantas), sambil bermain dan bernyanyi gembira.

  • 4. Museum Layang-layang Indonesia

  • Alamat : Jl. H. Kamang No. 38. Pondok Labu, Jakarta Selatan Telepon : 021-7658075 / 021-7505112 Situs : http://www.museumlayanglayang.co.id

  • Siapa yang tak kenal layang-layang? Permainan tradisional yang masih mengasyikkan untuk dimainkan. Jika Anda mencari variasi kunjungan museum, maka Museum Layang-layang Indonesia dapat menjadi pilihan keluarga Anda. Tak hanya melihat koleksi layang-layang tradisional dan mancanegara, museum ini juga menyediakan berbagai kegiatan kreatif yang dapat diikuti mulai dari usia anak hingga dewasa. Di antaranya membuat layang-layang, melukis layang-layang, membuat keramik, melukis keramik, membatik, melukis payung, wayang, dan T-shirt. Cukup dengan membayar tiket masuk Rp. 15.000,-, perjalanan wisata menarik dan mendidik siap Anda arungi sekeluarga.

  • 5. Taman Buah Mekarsari

  • Alamat : Jl. Raya Cileungsi - Jonggol, KM 3, Bogor Telepon : 021-8231822, 8231823, 8231824 Situs : http://www.mekarsari.com

  • Anda mendambakan wisata edukasi yang super lengkap? Destinasi di pinggiran Ibukota ini adalah pilihan yang tepat. Keluarga Anda akan berekreasi dan belajar menyatu dengan alam dengan sederet atraksi serta fasilitas yang tersedia. Mengenal budidaya aneka tanaman dan buah-buahan Indonesia, atraksi wahana air yang seru untuk anak dan dewasa, fasilitas outbound, kegiatan bertani (menanam padi, menangkap ikan, memandikan kerbau), yang ditawarkan dalam beberapa paket wisata. Anda ingin bermalam? Taman Buah Mekarsari juga menyediakan akomodasi unik berupa rumah pohon, kabin, dan kemah, dilengkapi dengan paket wisata. Dengan biaya masuk sebesar Rp. 25.000,- per orang, ditambah tiket masuk kendaraan, Anda akan dimanjakan dengan one-stop-educational-trip yang tak terlupakan.

  • Advertisement
  • Persiapkan agenda liburan keluarga Anda dengan destinasi wisata edukasi ini. Rekamlah perjalanan berkesan dengan kenangan indah dan ilmu yang bertambah.

Bantu kami menyebarkan

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Tidak perlu jauh-jauh, tempat rekreasi sarat edukasi ini bisa jadi pilihan Anda warga Jakarta

Mengisi akhir pekan atau hari libur dengan kegiatan keluarga yang berkualitas sangat bermanfaat bagi perkembangan anak. Rancanglah agenda wisata edukasi keluarga Anda dengan 5 pilihan destinasi wisata edukasi di sekitar Jakarta ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr