6 asupan makan yang penting untuk diet pasca-operasi persalinan

Luka pasca-operasi persalinan butuh perhatian khusus agar masa pemulihan dapat Anda lalui dengan baik dan lebih cepat. Salah satu caranya lewat memperhatikan pola makan. Ini yang perlu Anda ingat.

569 views   |   3 shares
  • Ini pertama kalinya Anda menjalani operasi Caesarian atau C-Section? Selain harus menahan rasa nyeri luar biasa ketika efek bius habis, Anda juga masih harus menjaga asupan makan agar terhindar dari efek gatal-gatal yang semakin menjadi seiring mengeringnya area sayatan. Karena itu, ada baiknya Anda mengetahu apa saja asupan makanan yang harus dihindari dan mana yang sebaiknya Anda konsumsi selama pasca-operasi Caesar.

  • 1. Makanlah menu yang mudah dicerna usus

  • Para ibu baru mengumpulkan gas di dalam tubuhnya setelah proses persalinan. KArena itulah, Anda perlu cermat dalam memilih makanan. Jangan pilih makanan yang berkarbonasi dan gorengan, yang cepat memproduksi gas. Makanlah menu sarat serat sekaligus kaya nutrisi seperti sup hangat, keju, kaldu ayam dan yogurt.

  • 2. Makanan tinggi protein

  • Protein dibutuhkan oleh tubuh pasca-operasi untuk mempercepat pertumbuhan lapisan kulit selama masa pemulihan. Selain itu, protein juga berperan besar untuk pertumbuhan otot Anda. Nikmatilah menu makan seperti ikan, telur, daging ayam, produk-produk susu, daging sapi dan kacang-kacangan. Menu semacam ini mudah dicerna terutama selama Anda menyusui. Ikan mengandung asam lemak Omega-3 dan telur mengandung zat besi yang bermanfaat bagi kesehatan.

  • 3. Vitamin C

  • Vitamin C mempercepat proses penyembuhan dan melawan infeksi. Antioksidan alami yang terkandung dalam vitamin C membantu tubuh Anda memulihkan jaringan tubuh, Anda bisa mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran seperti halnya jeruk, melom, papaya, stroberi, anggur, ubi, tomat dan brokoli. Untuk Anda yang menyusi, kadar vitamin C yang dibutuhkan adalah 2,000 miligram.

  • 4. Zat besi

  • Zat besi sangat penting untuk menstabilkan level hemoglobin atau sel darah merah dalam tubuh Anda terutama setelah operasi persalinan-dimana banyak sekali sel darah merah dalam tubuh Anda terbuang. Selain itu, zat besi juga penting untuk memaksimalkan daya tahan tubuh. Makanlah jenis makanan tinggi kandungan zat besi seperti kuning telur, daging merah, tiram, hati sapi, kacang-kacangan dan buah yang dikeringkan. Tapi, batasi pula asupan zat besi Anda, karena risiko lantaran terlalu tinggi zat besi juga bisa menyebabkan tubuh kita mengalami konstipasi. Kadar zat besi yang disarankan untuk Anda yang berusia di atas 19 tahun adalah 9 miligram per harinya.

  • Advertisement
  • 5. Kalsium

  • Kalsium membantu merelaksasi otot-otot tubuh, menguatkan tulang dan gigi, serta mencegah Anda dari osteoporosis ataupengeroposan tulang serta membantu mengentalkan darah. Asupan kalsium yang baik bisa diperoleh dengan mengonsumsi susu, yogurt, keju, tahu sutera, daun kol dan bayam. Untuk Anda yang menyusui, dibutuhkan 1,000 mg kalsium setiap harinya. Sebanyak 250 hingga 350 mg kalsium tersalurkan ke tubuh bayi selama ibu menyusui.

  • 6. Serat dan cairan

  • Serat mampu mencegah Anda dari konstipasi. Makanlah banyak buah dan sayuran. Kemudian, jangan lupakan air putih untuk mencegah Anda dari dehidrasi. Minum air setidaknya 8 gelas per hari termasuk susu rendah lemak, jus tanpa gula, teh herbal, air kelapa muda dan sup. Cairan adalah unsur terpenting yang dibutuhkan oleh ibu selam menyusui. Untuk sementara waktu, hindari juga produk-produk minuman ber-kafein karena mudah memengaruhi kualitas tidur bayi.

  • Semoga masa pemulihan pasca-operasi persalinan Anda bisa berlangsung lebih cepat ya. Dan, selamat menjadi ibu baru untuk Anda.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Lulus sebagai Sarjana Sastra dan menjabat sebagai Content Manager www.keluarga.com. Wiwin mengawali kariernya di media cetak harian nasional tertua di Indonesia, mengasah kemampuannya sebagai jurnalis mulai dari reporter junior hingga editor senior di beberapa majalah gaya hidup asing dan lokal Indonesia.

Situs: http://wiwinwiw.wordpress.com

6 asupan makan yang penting untuk diet pasca-operasi persalinan

Luka pasca-operasi persalinan butuh perhatian khusus agar masa pemulihan dapat Anda lalui dengan baik dan lebih cepat. Salah satu caranya lewat memperhatikan pola makan. Ini yang perlu Anda ingat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr