Bagaimana Mempererat Ikatan Keluarga Jarak Jauh

Apakah kita hanyut oleh dunia modern yang bergerak dengan sangat cepat atau kita memanfaatkannya untuk mempererat hubungan keluarga kita adalah gagasan yang disodorkan dalam artikel ini.

2,588 views   |   3 shares
  • Saya dibesarkan di California. Suami saya dibesarkan di Carolina Utara. Tak dapat dihindari jika kami tidak mungkin tinggal dekat keluarga saya atau keluarganya. Keadaan tersebut telah berlangsung selama 25 tahun pernikahan kami. Kami pernah tinggal dekat salah satu keluarga kami tetapi tidak lagi demikian. Itu merupakan kenyataan dari dunia modern kita yang makin bergerak cepat. Namun demikian kami masih tetap menjaga hubungan dekat dengan kedua keluarga kami selama tahun-tahun tersebut dan membantu anak-anak membina ikatan mereka dengan kedua pihak kakek dan nenek dan bibi dan paman dan sepupu. Berikut ini caranya.

  • Saling menelepon

  • Slogan tua komersial telepon berbunyi, “Menjangkau dan menyentuh seseorang.” Dengan telepon gengam, layanan telepon internet dan SLJJ, berhubungan jarak jauh menjadi lebih mudah. Saya selalu menelepon orang tua saya paling sedikit sekali seminggu. Kakak perempuan saya dan saya juga sering bercakap-cakap. Mengirim pesan teks adalah cara lain berkomunikasi. Seringkali ketika berbelanja saya mengambil foto suatu barang dan mengirimkan teksnya ke saudara perempuan saya dan ibu untuk meminta opini mereka. Sepertinya mereka sedang berbelanja bersama saya.

  • Blog

  • Anak perempuan tertua saya menulis sebuah blog yang hebat. Dia tinggal di California dengan suami dan bayinya, sehingga kami suka menjenguknya lewat blog untuk melihat foto-foto terkini cucu-cucu kami dan mendengar suara lucunya. Keluarga saya membuat blog selama bertahun-tahun dan kami semua mengisinya. Sepupu kami suka bertukar cerita, gambar, atau ucapan selamat.

  • Media sosial

  • Salah satu cara yang terbaik yang dapat dilakukan untuk tetap berhubungan adalah lewat media sosial. Saya dapat mengikuti perkembangan banyak kemenakan perempuan dan kemenakan lelaki saya dan keluarga mereka. Saya menjadi makin dekat kepada sanak keluarga suami meskipun mereka sibuk mengurusi keluarga mereka dan tidak tinggal dekat dengan kami.

  • Surat tradisional dan surat elektronik

  • Ketika anak-anak kami masih kecil mereka suka menerima paket dari pos dari kakek atau nenek mereka. Mereka berdua selalu mengirim barang-barang untuk mereka. Cara seperti ini membuat mereka sadar kalau mereka dikenang dan dikasihi. Kami menikmati berkirim surat dan foto sehingga mereka dapat melihat perkembangan cucu-cucu mereka. Setelah orang tua suami saya meninggal, kami menemukan semua foto dan surat yang pernah kami kirimkan. Mereka menyimpan setiap surat yang kami kirim. Sekarang orang tua saya mengirim surat elektronik kepada kami dan anak-anak saya.

  • Advertisement
  • Reuni keluarga dan kumpul-kumpul

  • Keluarga saya selalu mengadakan reuni selama seminggu setiap dua tahun sekali. Itu merupakan waktu yang menyenangkan untuk berhubungan kembali dan bersenang-senang. Keluarga suami saya tinggal lebih dekat dan kami sering mencoba berkumpul untuk makan malam di restoran setiap tahunnya. Kegiatan ini membantu anak-anak saya membina ikatan dengan keluarga besar mereka.

  • Menciptakan tradisi jarak jauh

  • Jadilah kreatif dan pikirkan cara untuk membina ikatan. Pada mulanya ibu saya sangat sedih ketika kami pindah ke Carolina Utara. Anak perempuan saya yang berusia 3 tahun adalah satu-satunya cucu perempuannya pada waktu itu dan kepindahan kami merupakan Natal pertama kami tidak berkumpul di rumah orang tua kami. Maka ibu saya menciptakan 24 hadiah kecil hitung mundur. Sebuah sajak ditulis khusus untuk anak perempuan kami yang menjelaskan tentang hitung mundur tersebut. Sejak itu telah menjadi tradisi dalam keluarga dengan masing-masing cucu menerima sajak mereka dan hadiah hitung mundur khusus untuk mereka.

  • Tinggal berjauhan dari orang-orang yang dikasihi tidak mudah. Namun demikian, jika kita berusaha kita masih dapat memiliki hubungan dekat. Kasih itulah yang mengikat kita dan saling mengingatkan tentang ikatan yang perlu dipererat. Sebuah kutipan populer dari Kay Knudsen berkata, “Kasih adalah merindukan seseorang ketika sedang berjauhan, tetapi merasa hangat di dalam sebab selalu dekat di hati.” Usahakanlah untuk menjaga keluarga dekat di hati. Kita semua akan jadi lebih baik untuk itu.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Effian Kadarusman dari artikel asli “How to strengthen family ties long distance” karya Robyn Carr.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Robyn Carr is a graduate of Brigham Young University, the mother of 5 and grandmother to 1. She currently lives in North Carolina. Comments welcomed at mrsincredible41@yahoo.com

Bagaimana Mempererat Ikatan Keluarga Jarak Jauh

Apakah kita hanyut oleh dunia modern yang bergerak dengan sangat cepat atau kita memanfaatkannya untuk mempererat hubungan keluarga kita adalah gagasan yang disodorkan dalam artikel ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr