Cara Mengembangkan Persahabatan di Antara Anak-Anak Anda

Adalah penting bagi orang tua untuk bersikap proaktif dalam memelihara persahabatan di antara anak-anak mereka.

1,288 views   |   shares
  • Saya teringat sebuah kutipan, "hadiah terbesar yang pernah orang tua saya berikan pada saya adalah saudara saya." Sesungguhnya, hubungan antara saudara memberikan anak-anak sebuah ikatan yang tak ada bandingannya. Petualangan bersama anak-anak dari kecil sampai dewasa menyatukan mereka dengan begitu indah dan bermakna. Dan keterampilan sosial yang diperoleh dengan negosiasi masa kanak-kanak bersama – memecahkan masalah, kerjasama, kepemimpinan, berbagi, dll - tidak ternilai harganya.

  • Namun, membesarkan anak-anak bersama-sama tidaklah selalu manis dan mudah. Hubungan saudara melibatkan persaingan untuk mencari perhatian orangtua, untuk berprestasi, bahkan untuk mendapatkan kesempatan-kesempatan istimewa. Inilah sebabnya mengapa penting bagi orang tua untuk bersikap proaktif dalam memelihara persahabatan antara anak-anak

  • Bicarakan tentang hal ini

  • Orangtua tahu betapa pentingnya memberitahu anak-anak kita bahwa kita mengasihi mereka. Adalah logis mempererat hubungan antara anak-anak kita, terutama saat mereka masih terlalu kecil untuk melakukannya sendiri, kita perlu memberitahu mereka bahwa mereka saling mencintai. Mungkin terasa agak konyol pada awalnya, tetapi ungkapan-ungkapan seperti, "lihat betapa kamu mencintai kakakmu," atau "Kamu adalah saudara yang baik," menanamkan dalam pikiran anak-anak hubungan yang positif. Carilah kesempatan untuk menunjukkan kepada mereka bahwa mereka saling mencintai. Ini tidak hanya mempererat tali persaudaraan, tapi juga memberi dorongan positif atas hal-hal baik yang mereka lakukan dalam menunjukkan kasih mereka pada saudara-saudara mereka.

  • Tuntut rasa hormat

  • Pastikan bahwa rumah adalah tempat yang aman di mana tidak boleh ada intimidasi dalam bentuk apapun - fisik, emosional atau verbal. Berikan aturan semenjak dini untuk tidak mengejek, menggunakan bahasa yang jorok, tindak kekerasan, dan hal-hal yang merendahkan. Ciptakan suasana di mana persahabatan dapat berkembang bebas dari rasa takut atau dominasi.

  • Biarkan mereka memecahkan masalah mereka sendiri

  • Saya sama sekali tidak menyarankan agar kita membiarkan rumah kita menjadi rumah yang kacau. Tetapi jika orangtua terburu-buru untuk menyelesaikan setiap masalah anak-anaknya, kita merampok anak-anak kita dari kesempatan untuk belajar memecahkan masalah dalam lingkungan yang aman. Ketika seorang anak datang mengadu tentang saudaranya, ekspresikan kepercayaan dalam kemampuannya untuk memecahkan masalah, ditambah dengan ucapan seperti, Saya tahu betapa kalian saling mencintai satu sama lain dan ingin memecahkan masalah ini." Jika perselisihan semakin meningkat, ingatkan mereka bahwa, "Saudara lebih penting daripada mainan (atau video game, atau apa pun). Pikirkan tentang hal itu selama beberapa menit dan saya tahu kalian bisa mengatasi masalah ini." Tentu saja, kadang-kadang emosi yang terlalu panas, menjadikan orang tua campur tangan, tetapi membiarkan mereka mencoba dulu memecahkan masalah sendiri merupakan suatu kesempatan besar untuk membiarkan mereka belajar selain memperkuat hubungan saudara. Saya selalu kagum bahwa solusi anak-anak sering kali lebih baik dan kreatif daripada solusi yang saya pikirkan.

  • Advertisement
  • Melayani

  • Kita semua tahu bahwa kita mengasihi orang-orang yang kita layani. Ini berlaku juga untuk saudara. Carilah kesempatan untuk membuat saudara-saudara saling membantu. Anak yang lebih tua dapat membantu anak-anak yang lebih kecil dengan pekerjaan rumah, atau membaca cerita untuk balita, berbuat baik terhadap sesama, permainan yang melibatkan saudara untuk melayani dengan melakukan tugas-tugas rumah mereka - ada banyak ide untuk membuat saudara saling membantu dan mempererat tali persaudaraan.

  • Bekerja

  • Kerjasama membutuhkan komunikasi dan dedikasi untuk mencapai tujuan bersama. Bila tujuan ini tercapai bersama, hubungan persaudaraan semakin erat. Kenangan terbaik dengan saudara saya adalah saat bekerja bersama – membersihkan rumah sambil menyanyi keras-keras, menyiangi tanaman strawberry kami, dan memetik buah persik.

  • Keluarga yang bermain bersama

  • Permainan yang imajinatif dan lucu, video game, menyusun lego, mendaki gunung, liburan, atau bentuk apapun permainan itu: tidaklah terlalu penting asalkan ada banyak tawa dan semua anggota keluarga merasa dilibatkan. Kata orang, "bermain adalah pekerjaan anak-anak." Perkembangan penting dalam otak anak-anak sering kali terbentuk saat mereka bermain. Bila saudara dan keluarga bermain bersama, mereka menjadi bagian dari pembentukan penting ini.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “How to Cultivate Friendship between your children” karya Tamara Webb.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Tamara Webb has an MA in British and American Literature from the University of Utah, where she also taught writing as an Adjunct Professor. She is a mother of five. Contact her at tjbibliomaniac@yahoo.com, and find her blog at LivinginLilliput.com.

Cara Mengembangkan Persahabatan di Antara Anak-Anak Anda

Adalah penting bagi orang tua untuk bersikap proaktif dalam memelihara persahabatan di antara anak-anak mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr