Bersahabat dengan serat demi tubuh langsing dan sehat

Tahukah Anda cara mencegah bertambahnya berat badan dan menguranginya tanpa ‘diet’? Rahasianya hanya penuhi tubuh Anda dengan serat. Kelihatannya mudah bukan? Tapi cukupkah serat Anda?

401 views   |   12 shares
  • Tahukah Anda cara mencegah bertambahnya berat badan dan menguranginya tanpa 'diet'? Rahasianya hanya penuhi tubuh Anda dengan serat. Menurut jurnal penelitian Annals of Internal Medicine didapati bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi 30 gram serat/hari kehilangan lebih dari 2 kg setahun tanpa diet. Kelihatannya mudah bukan? Tiap wanita memerlukan 25 gram serat sehari sedangkan pria 35-40 gram perhari. Namun rata-rata kebanyakan orang hanya mengkonsumsi setengah dari kebutuhan mereka per harinya.

  • 1. Bertemanlah dengan buncis, kapri, kacang polong dan kacang panjang

  • Salah satu cara mudah menambah serat dalam diet adalah dengan memasukkan jenis makanan di atas sebagai menu sehari-hari. Bahan-bahan tersebut kaya akan protein, vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Tambahkan bahan-bahan ini dengan cara direbus atau ditumis yang akan menjadi santapan lezat dalam masakan Anda.

  • 2. Rajin mengkonsumsi ber bagai macam kacang dan biji-bijian

  • Terkejutkah Anda apabila kacang mengandung serat? Contohnya kacang kenari memiliki kandungan serat 3.5 gram. Penelitian menunjukkan para penggemar kacang tubuhnya lebih kurus daripada yang tidak atau jarang makan kacang. Selain kacang, biji-bijian seperti Chia seed, Flax seedbila dicampur dengan air, puding, minuman dan makanan akan membut perut terasa kenyang.

  • 3. Menyantap sayur-sayuran

  • Salah satu alasannya karena tinggi serat dan rendah kalori. Bila ingin kurus inilah cara tepat untuk memperoleh tubuh ideal dengan mengkonsumsi banyak sayuran. Santap sayuran sebagai campuran dadar telur, sup, salad, dikukus, ditumis dan lalapan seperti ketimun, kemangi, daun selada dan tomat sebagai menu harian Anda.

  • 4. 'Ngemil' buah-buahan

  • Seperti halnya sayuran, buah-buahan pun kaya serat dan nutrisi lainnya. Buah nanas, apel, jambu merah dan pepaya dalam takaran yang tepat 4.5 gram mengandung serat. Para peneliti dari Journal appetite mengatakan wanita yang menambah 3 apel kecil dalam dietnya setiap hari dapat mengurangi berat badan 1 kg selama 10 minggu. Buah pear yang banyak mengandung air mengandung 5.5 gram serat dan ditambah lagi dengan buah kering lainnya.

  • 5. Sehat dengan havermoot, gandum dan beras merah

  • Kurangi kebiasaan menyantap nasi uduk di pagi hari atau kudapan lainnya. Pilih makanan kaya serat yang akan membuat Anda 'awet' kenyang sehingga membuat tubuh langsing. Ganti sarapan dengan havermoot atau roti gandum karena kandungan seratnya yang diperlukan tubuh. 1 mangkok havermoot memiliki kandungan 4 gram serat dan karbohidrat yang mencukupi kebutuhan Anda. Untuk makan siang cobalah beras merah 5 - 6 sdm, dan di malam hari 2 potong roti gandum, buah atau sayuran, kacang dan biji-bijian untuk mencukupi kebutuhan tubuh Anda.

  • Advertisement
Bantu kami menyebarkan

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Bersahabat dengan serat demi tubuh langsing dan sehat

Tahukah Anda cara mencegah bertambahnya berat badan dan menguranginya tanpa ‘diet’? Rahasianya hanya penuhi tubuh Anda dengan serat. Kelihatannya mudah bukan? Tapi cukupkah serat Anda?
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr