Aturan yang perlu Anda tahu sebelum membeli bra menyusui

Seorang ibu menyusui ternyata perlu perlengkapan tempur yang tak kalah lengkap dari ibu hamil. Tidak hanya baju yang memudahkan proses menyusui, namun juga pakaian dalam yang mendukung, yaitu bra menyusui yang tepat.

516 views   |   1 shares
  • Seorang ibu menyusui ternyata perlu perlengkapan tempur yang tak kalah lengkap dari ibu hamil. Salah satunya adalah pakaian menyusui yang nyaman. Tidak hanya baju yang memudahkan proses menyusui, namun juga pakaian dalam yang mendukung, yaitu bra menyusui.

  • Pada dasarnya, bra menyusui mirip seperti bra ibu hamil. Perbedaannya, bra menyusui memiliki cup yang dapat dibuka-tutup dengan mudah sebagai akses menyusui. Bra menyusui yang baik bersifat fleksibel dan menyediakan ruang ekstra saat payudara Anda dipenuhi oleh air susu. Anda tidak terasa tertekan dan sesak, saat bra digunakan.

  • Fitur-fitur lain yang perlu ada dari sebuah bra menyusui adalah :

    • Kaitan bra yang terdiri atas 4 kait, mudah dipasang namun merekatkan erat dan nyaman di bagian punggung

    • Tali bra yang lebar, anti-selip, dan mengikat erat dari samping, belakang, serta tengah; supaya tidak mudah lepas saat Anda menyusui bayi Anda

    • Bagian cupyang mudah dibuka-tutup (terutama dengan satu tangan) dan menyediakan ruang yang cukup (ketika dibuka); demi kemudahan dan kenyamanan menyusui Anda.

    • Bahan yang nyaman, seperti 100 persen katun atau bahan yang membuat kulit Anda "mudah bernafas" atau menyerap keringat. Hindari bra dari bahan sintetik yang tidak menyerap keringat dan tepi plastik.

  • Ketika Anda memutuskan untuk membeli bra menyusui untuk melengkapi koleksi busana menyusui Anda, pertimbangkan hal-hal berikut ini pula.

  • 1. Sediakan beberapa ukuran

  • Pilihlah ukuran Anda di usia kehamilan 8-9 bulan dan 1-2 ukuran lebih besar. Di minggu-minggu awal kelahiran, ukuran payudara Anda akan membesar dan selanjutnya akan mulai mengecil kembali. Lakukan pengukuran yang tepat untuk menentukan lingkar dada dan ukuran cup Anda, seperti langkah-langkah dalam artikel Rookie Moms ini. Atau, Anda dapat meminta bantuan pramuniaga di gerai penjual bra yang terpercaya. Bra yang terlalu ketat dapat menyebabkan penyumbatan kelenjar air susu, masalah baru yang akan membuat perjalanan menyusui Anda menjadi terjal. Jika Anda membeli bra secara daring (online), lakukan pengukuran dengan benar dan pastikan rincian ukuran bra yang Anda beli.

  • Advertisement
  • 2. Jumlah yang harus dimiliki

  • Setidaknya, Anda perlu memiliki tiga pasang bra menyusui. Satu untuk dipakai, satu dalam pencuci, dan satu di dalam lemari. Ada baiknya Anda menyediakan lebih, sehingga Anda tidak perlu sering mencuci. Selain itu, lebih baik Anda gunakan breast pad untuk menghindarkan air susu membasahi bra Anda dan membuatnya lebih mudah lembap. Bergantilah bra menyusui setidaknya dua kali sehari, untuk memastikan area payudara Anda selalu kering dan bebas bakteri.

  • 3. Hindari model berkawat

  • Kawat bra digemari untuk menopang dan membentuk payudara menjadi lebih indah. Namun, tidak halnya pada bra menyusui. Kawat bra justru berisiko menghalangi kelancaran aliran air susu, dimana jaringan produksi air susu terbentang dari mulai rusuk hingga ketiak Anda. Ancaman infeksi pun dapat terjadi karena tersumbatnya aliran air susu ini.

  • Bra menyusui ini dapat Anda buat sendiri. Manfaatkan jiwa kreatif Anda dan mentransformasi bra lama Anda menjadi bra menyusui. Ikuti tutorial dari Jan Andrea, langkah-langkah yang dapat Anda lihat dalam artikelnya ini. Dengan tutorial ini, Anda menambahkan kait dan akses menyusui yang mudah digunakan. Selain itu, cara ini cocok bagi Anda yang ingin mempunyai bra menyusui dari bra yang sudah nyaman Anda gunakan dan tentu saja, hemat biaya!

  • Banyak ibu menyusui yang memiliki preferensi bra berbeda untuk mendampingi masa menyusui mereka. Selalu utamakan kenyamanan dan kemudahan pemakaian sebagai aspek utama pemilihan bra menyusui Anda. Terkadang, harga dan merek tidak lagi menjadi faktor utama untuk mendapatkan bra menyusui ideal dan cocok dengan Anda. Selamat berburu bra menyusui pilihan Anda!

Bagikan pada teman dan keluarga..

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Aturan yang perlu Anda tahu sebelum membeli bra menyusui

Seorang ibu menyusui ternyata perlu perlengkapan tempur yang tak kalah lengkap dari ibu hamil. Tidak hanya baju yang memudahkan proses menyusui, namun juga pakaian dalam yang mendukung, yaitu bra menyusui yang tepat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr