Ini dia ilmu 'parenting' dari Pangeran William yang patut dicontek setiap orangtua

1,684 views   |   15 shares
  • Video yang merekam cara Pangeran William mengasuh putra sulungnya, pangeran George ramai dibagikan dan dibicarakan oleh banyak pengguna Facebook pada beberapa hari terakhir ini.

  • Video itu menggabungkan beberapa cuplikan yang merekam gestur Pangeran William yang selalu berlutut ketika berbicara dengan putranya. Video ini seakan 'menegur' para orangtua yang juga memiliki balita—seberapa seringkah kita para orangtua berlutut dan mensejajarkan diri dengan posisi anak ketika mereka berbicara atau ketika kita ingin berbicara dengan mereka?

  • Kontak mata adalah hal yang sangat penting dalam setiap komunikasi, terutama ketika Anda—sebagai orangtua, berbicara kepada anak yang masih balita. Untuk mendapatkan kontak mata yang sempurna dengan balita Anda, tentu salah satu caranya adalah 'menyetel' gestur tubuh yang sejajar dengan anak. Entah itu dengan berlutut, atau menggendong anak ketika berbicara atau menjelaskan sesuatu.

  • Menurut pakar pola asuh anak, Gill Connel dalam bukunya "A Moving Child Is a Learning Child", berbicara sambil berlutut atau jongkok untuk mengimbangi tinggi badan anak adalah hal yang harus dilakukan oleh para orang tua.

  • Ia juga menambahkan bahwa menatap anak ketika berbicara juga menjadi salah satu cara paling efektif untuk menyampaikan pesan penting kepada si kecil. Cara ini juga mampu menumbuhkan rasa percaya diri kepada mereka serta perasaan bahwa kita memperhatikan mereka sepenuhnya.

  • Center For Parenting Education seperti dilansir laman ini, merekomendasikan orangtua untuk menghentikan segala kegiatan ketika mendengarkan anak bicara agar si kecil merasa diperhatikan. Sebab, momen bersama anak tidak akan berarti apabila orangtua tidak memperlihatkan perhatian dan benar-benar mendengarkan.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Wiwin Wirwidya Hendra is a graduate of English Literature. Started her career as a reporter for a national newspaper and editor for several lifestyle magazines. Writing has been her biggest passion.

Situs: http://uniqueones@wordpress.com

Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr