Mengerti orangtua yang semakin sensitif

Sebagai anak yang berbakti kepada orang tua, Anda seharusnya bisa membahagiakan orang tua yang telah merawat Anda sewaktu kecil.

834 views   |   6 shares
  • Apakah orang tua Anda kini pemarah? Apakah nenek Anda makin cerewet? Kita harus sadar akan hal tersebut, bahwa mereka sedang menjalani sebuah fase penuaan dalam diri mereka. Di dalam fase tersebut, mereka mengalami perubahan dalam segi pemikiran serta hati mereka. Dengan keadaan yang sedemikian rupa ternyata mengakibatkan perubahan terhadap perilaku sehari-harinya, terkadang orang yang sudah tua tersebut berubah menjadi cerewet dan begitu sensitif. Maka dari itu sebagai anak yang berbakti kepada orang tua, Anda seharusnya bisa membahagiakan orang tua yang telah merawat Anda sewaktu kecil. Berikut ini adalah beberapa tips membahagiakan orang tua sekaligus akan membuat Anda tidak merasa kesulitan meskipun mereka sudah menjadi sangat sensitif.

  • 1. Memahami kebiasaan yang mereka miliki

  • Hal yang telah menjadi kebiasaan memang akan sulit untuk dihilangkan, akan tetapi jika memang kebiasaan tersebut masih dianggap normal maka hal itu masih tidak akan menjadi masalah. Sedangkan, terhadap orangtua Anda yang sudah berusia senja kebiasaan mereka sudah merupakan jati diri mereka, jadi janganlah menghalau kebiasaan yang mereka lakukan selama tidak ada alasan yang jelas. Hanya kegiatan dan suasana di rumah bersama anak dan cucunya saja yang dapat mengisi hari-harinya.

  • 2. Mengerti tentang apa yang paling tidak ia sukai

  • Suasana hati mereka akan mudah sekali berubah warna, mereka lebih mudah terluka. Sensitifitas perasaan yang mereka miliki sangat labil, Anda sebagai anak kebanggaannya pasti sudah memiliki daftar hal yang paling tidak mereka sukai. Sikap toleransi yang mereka miliki pada usia senja kini sudah tidak dapat Anda harapkan, mungkin meskipun tidak dengan cara merengek namun mereka bisa diam seribu bahasa bahkan marah dengan situasi yang lain.

  • 3. Berilah harapan yang benar-benar pasti

  • Dari segi fisik orangtua Anda sudah tidak seperti saat mereka masih setengah baya dulu, mungkin saat Anda tinggal terpisah dengan orangtua diluar kota ada suatu hari dimana Anda terhalang untuk dapat pulang kerumah karena suatu hal, namun orangtua Anda tidak mempermasalahkannya sebab mereka masih bisa datang ketempat Anda untuk melepas kerinduan. Akan tetapi, tidak seperti saat ini sebab usia yang mereka miliki sudah cukup membuat fisik mereka melemah dan sulit untuk bergerak aktif dan bebas saat melakukan sesuatu, mereka hanya akan kecewa yang dapat menjadikan mereka stres ketika mereka mendengar bahwa Anda mengingkari janji yang telah Anda buat.

  • Advertisement
  • 4. Tidak terlalu sering membuat mereka sendirian di rumah

  • Orang yang sudah cukup tua memiliki kualitas respon gerak lebih lambat, mereka memerlukan pengawasan dari orang lain yang berguna untuk menjaga keselamatannya. Tidak sedikit kejadian dari para orang tua yang mengalami kecelakaan di dalam rumah, Anda tentunya tidak menginginkan orangtua Anda mengalami hal tersebut, bukan? Oleh sebab itu gunakan jasa pengawas jika Anda atau saudara yang lain tidak memiliki waktu sepenuhnya untuk menjaga orangtua Anda di rumah.

  • 5. Dengarkan tanpa rasa penyesalan ketika mereka menceritakan hal atau pengalaman itu berkali-kali kepada Anda

  • Orang tua memiliki kecenderungan bahwa mereka akan kekurangan daya ingat saat menginjak usia senja, dari faktor tersebut mungkin mereka akan lebih sering menceritakan hal yang sama ketika Anda dan ia sedang dalam pembicaraan yang hampir menyerupai cerita tersebut. Hargai maksud mereka meskipun cukup membuat Anda merasa tidak nyaman, tetap dengarkan apakah yang mereka sampaikan dan senangkanlah hati mereka sebab mereka hanya tinggal menikmati masa tua yang cahayanya akan semakin redup hingga pada waktu sang Pencita mengambil hak-Nya.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Mengerti orangtua yang semakin sensitif

Sebagai anak yang berbakti kepada orang tua, Anda seharusnya bisa membahagiakan orang tua yang telah merawat Anda sewaktu kecil.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr