Bingung memilih pompa ASI? Ini dia tips-nya

Semakin banyak pilihan akan membuat bunda semakin bingung dalam memilih. Jangan khawatir, ini dia tips dalam memilih pompa ASI yang tepat.

407 views   |   1 shares
  • Pompa ASI menjadi sangat penting ketika Anda adalah seorang ibu bekerja dan tetap ingin memberikan ASI kepada putra-putrinya, hingga berusia 2 tahun.

  • Keberadaan pompa ASI akan mempermudah Anda untuk menampung ASI selama berada di tempat kerja, untuk nantinya digunakan oleh bayi Anda ketika Anda tidak bisa menyusui secara langsung. Pilihan pompa ASI sangat beragam, tentu saja dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Pompa ASI sendiri terbagi menjadi 2 jenis, ada yang manual dan ada yang elektrik dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Bingung? Pilih berdasarkan hal-hal di bawah ini:

  • 1. Budget

  • Semakin bagus spesifikasi sebuah pompa ASI, tentu saja harga jualnya semakin mahal. Tetapi yang murah belum tentu tidak baik loh. Namun yang pasti, harganya tidak benar-benar murah. Jika memang berniat untuk memakai pompa ASI yang baik, persiapkan budget khusus untuk membeli pompa ASI yang Anda inginkan. Jangan lupa pilih yang sesuai budget Anda, dengan hasil yang terbaik untuk Anda.

  • 2. Kenyamanan

  • Pompa ASI baik manual dan elektrik sama-sama mempunyai fitur yang diunggulkan, mulai dari cara pakainya ataupun bahannya yang aman untuk digunakan. Yang perlu Anda perhatikan adalah kenyamanan saat menggunakannya. Beberapa ibu menyusui tidak menyukai bunyi pompa elektrik yang tergolong bising dan dapat mengganggu bayi yang sedang tidur, namun beberapa tidak mempermasalahkannya karena banyak fitur kenyamanan seperti pengaturan daya hisap pompa yang dapat disesuaikan. Dengan pompa elektrik pun tangan Anda dapat bebas beraktivitas lain dan biarkan mesin yang memompa untuk Anda. Berbeda dengan pompa ASI manual, dimana Anda harus berusaha untuk memompa dengan tangan Anda. Keuntungannya, hal ini justru mempermudah Anda mengatur kecepatan, ritme dan tekanan pompa. Kedua-duanya tentu mempunyai nilai keunggulan masing-masing, tinggal bagaimana kenyamanan Anda saat menggunakannya.

  • Kecepatan dalam memompa

  • Jika Anda adalah ibu bekerja yang aktif dan harus banyak berkegiatan, pompa ASI elektrik tepat digunakan untuk mempersingkat waktu memompa. Tetapi jika keseharian kerja Anda hanya berada di kantor, pompa yang manual yang dapat menjadi pilihan Anda. Untuk hasil ASI yang didapatkan, keduanya sama mampu menghasilkan ASI perah yang optimal, karena pompa tidak melulu jadi alasan dibalik banyaknya hasil perahan. Faktor lain seperti makanan yang Anda konsumsi dan kondisi psikis yang Anda rasakan juga memiliki peran penting.

  • Advertisement
  • Perangkat pompa

  • Dalam memilih suatu barang, tentu saja kita memilih barang yang dapat digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Karenanya, perawatan pompa yang baik penting untuk menunjang performa pompa ASI. Jika berniat menjadikan pompa ASI sebagai investasi untuk anak berikutnya, pilihlah yang memiliki reputasi baik di kalangan ibu dan perhatikan apakah mudah memperoleh suku cadangnya.

  • Nah bunda, masih bingung dalam memilih pompa ASI? Semoga tips-tips di atas dapat memberi manfaat dalam membantu Anda memilih pompa ASI yang sesuai ya. Happy breastfeeding!

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Profil Penulis Irni, lulusan Sarjana Psikologi UBAYA. Saat ini menetap di Jepang mendampingi suami bersama dua buah hatinya. Aktif menulis di berbagai media dan buku Pengembangan Diri. Baginya menulis adalah media berbagi pada sesama.

Situs: http://www.irniis.com

Bingung memilih pompa ASI? Ini dia tips-nya

Semakin banyak pilihan akan membuat bunda semakin bingung dalam memilih. Jangan khawatir, ini dia tips dalam memilih pompa ASI yang tepat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr