Siasati pengeluaran rumah tangga yang membengkak dengan cara mudah ini

Ini 10 cara menghemat pengeluaran dan menambah pemasukan rumah tangga yang harus Anda coba.

440 views   |   2 shares
  • ini 10 cara berhemat pengeluaran dan 'menambah' pemasukan rumah tangga yang mudah dan patut Anda coba:

    1. Memanfaatkan air cucian beras dan kurasan kolam untuk menyiram tanaman. Zaman dahulu orang tua memakai air cucian beras untuk menyiram tanaman agar lebih subur. Entah benar atau tidak, pemanfaatan air cucian beras dan kurasan kolam untuk menyiram tanaman bisa menghemat pengeluaran air Anda dalam sebulan.

    2. Memanfaatkan pakaian bekas untuk lap dan pel. Pakaian bekas yang tidak terpakai lagi dan sudah tidak bisa disumbangkan karena terlalu jelek, bisa Anda manfaatkan untuk lap dan kain pel. Gunting kotak dan lebarnya disesuaikan dengan kebutuhan.

    3. Menjual barang yang tidak terpakai. Barang-barang yang sudah tidak terpakai, bisa dikumpulkan dan dijual kepada yang membutuhkan. Ingat, rongsokan bagi Anda mungkin jadi 'harta' bagi orang lain yang membutuhkan.

    4. Menyewakan ruang kosong di rumah kepada orang lain. Jika ada bagian di rumah atau kamar kosong yang tidak berpenghuni, tidak ada salahnya menyewakan pada orang yang mencari kos-kosan. Selain bisa memanfaatkan ruang kosong, Anda juga dapat uang imbalan sewanya.

    5. Mendesain rumah 'budget friendly': membuat atap tembus cahaya agar cahaya dapat masuk di siang hari dan banyak ventilasi agar angin dapat masuk melalui celah-celah lubang udara. Hal ini akan menghemat pengeluaran listrik Anda, dan meminimalkan penggunaan AC ruangan.

    6. Mencabut semua peralatan listrik setelah selesai digunakan. Peralatan listrik yang masih terpasang pada colokan dapat menghabiskan kuota listrik, walaupun sedikit. Biasakan untuk selalu mencabut kabel yang menempel pada listrik setiap kali selesai menggunakannya.

    7. Memakai timer pada AC saat malam hari. Memakai timer pada AC saat malam hari akan membantu menghemat pengeluaran listrik saat tidak diperlukan.

    8. Memanfaatkan promo gratis alat perkakas rumah tangga di supermarket pada pembelanjaan tertentu. Misalnya beli detergen, gratis piring cantik. Coba manfaatkanlah momen-momen tersebut. Tetapi ingat, beli barang yang benar-benar Anda butuhkan saja.

    9. Menggunakan shower daripada bak di kamar mandi. Menggunakan shower di kamar mandi akan lebih sedikit mengeluarkan air daripada pemakaian gayung utnuk menimba air di bak.

    10. Memanfaatkan hadiah-hadiah yang Anda peroleh. Seringkali ada kerabat atau teman yang memberikan hadiah pada saat momen-momen tertentu misalnya pernikahan, ulang tahun, atau kelahiran anak. Biasanya mereka memberi hadiah berupa barang perkakas, perlengkapan bayi atau alat rumah tangga. Tidak jarang mereka akan bertanya apa yang Anda butuhkan, sebelum membelikan barang tersebut untuk Anda.

  • Advertisement
  • Sepuluh cara di atas bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat membantu Anda lebih menghemat pengeluaran. Selamat mencoba!

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Nuria adalah lulusan Teknik Elektro UGM. Nuria mengawali karir sebagai praktisi bidang IT di salah satu perusahaan swasta, Menulis adalah salah satu kegemaran saya untuk mengekspresikan dan sharing tentang hal-hal yang bermanfaat.

Siasati pengeluaran rumah tangga yang membengkak dengan cara mudah ini

Ini 10 cara menghemat pengeluaran dan menambah pemasukan rumah tangga yang harus Anda coba.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr