Seberapa perlukah saya mengonsumsi vitamin selama kehamilan?

Apakah ibu perlu mengkonsumsi vitamin selama masa kehamilan? Apakah ada pengaruhnya bagi perkembangan janin bila ibu malas mengkonsumsi vitamin yang diberikan dokter?

786 views   |   2 shares
  • Bagi wanita yang sedang hamil, menjaga kesehatan sangatlah penting untuk diperhatikan. Dalam kondisi hamil, kebutuhan akan nutrisi dan zat-zat gizi yang dibutuhkan lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak hamil. Hal tersebut dikarenakan ibu hamil memerlukan sumber nutrisi ekstra bagi dirinya sendiri dan bagi perkembangan janin yang dikandungnya.

  • Asupan makanan yang dikonsumsi tidak hanya harus sehat dan seimbang, tetapi juga harus sesuai dengan kebutuhan ibu hamil dan janin, termasuk dalam mengkonsumsi vitamin. Vitamin yang dikonsumsi sebaiknya sesuai dengan saran dan anjuran dokter atau bidan yang menangani kehamilan Anda. Dalam beberapa kondisi ibu hamil, pemberian vitamin mungkin tidak sama dan akan disesuaikan dengan kesehatan ibu dan usia kandungan. Yang pasti tujuannya sama-sama untuk menjaga perkembangan janin tetap sehat, mencegah terjadinya gangguan kehamilan dan mempertahankan kesehatan ibu dan janin.

  • Jadi jika vitamin mempunyai manfaat yang penting bagi ibu hamil, apakah ibu perlu mengonsumsi vitamin selama masa kehamilan? Apakah ada pengaruhnya bagi perkembangan janin bila ibu malas mengonsumsi vitamin yang diberikan dokter?

  • "Pemberian vitamin bagi ibu hamil memang diperlukan tetapi hal tersebut bukanlah hal utama. Jika ibu yakin asupan makanan utama ibu sudah mencukupi nutrisi yang dibutuhkan ibu dan janin serta kondisi ibu stabil tidak ada keluhan apa-apa, saya pikir vitamin atau suplemen dikonsumsi sebagai makanan tambahan saja. Artinya bila tidak dikonsumsi juga tidak akan berpengaruh apa-apa. Biasanya pemberian obat dari dokter pada umumnya berupa vitamin yang mengandung zat besi dan asam folat, mengingat dua nutrisi tersebut sangat penting bagi ibu hamil. Jika ibu merasa membutuhkannya ada baiknya vitamin atau obat yang diberikan dikonsumsi saja." ( Meinita, 29 tahun, pegawai bank BRI)

  • "Sebenarnya sumber vitamin dapat kita dapatkan dari buah dan sayuran. Tetapi terkadang kita merasa buah dan sayur yang kita konsumsi belum mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan. Sehingga mau tidak mau kita memerlukan vitamin dalam bentuk suplemen atau obat. Selama masa kehamilan, kita pasti mengharapkan kehamilan yang sehat. Untuk memperoleh kondisi kehamilan yang sehat, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi nutrisi dari vitamin B12, asam folat, zat besi, vitamin c, kalsium secara teratur. Pastikan sebelum mengonsumsinya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter tentang aturan pakai dan dosisnya." ( Ila, 25 tahun, Kediri)

  • Advertisement
  • "Mengonsumsi vitamin selama masa kehamilan itu perlu, selama ibu dan janin memerlukan vitamin tersebut sebagai pemenuhan tambahan nutrisi. Meskipun vitamin baik untuk kesehatan, jika dikonsumsi berlebihan dapat memengaruhi kesehatan ibu dan janin. Ada beberapa vitamin yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan seperti asam folat, bahkan dianjurkan sampai ibu menyusui, tetapi ada juga vitamin seperti vitamin yang mengandung zat besi dikonsumsi hanya bila ibu menderita anemia. Intinya tidak semua vitamin untuk ibu hamil harus dikonsumsi selama masa kehamilan. Kembali lagi, semuanya tergantung kondisi dan kebutuhan ibu." ( Nunung , 30 tahun, Kediri)

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Seberapa perlukah saya mengonsumsi vitamin selama kehamilan?

Apakah ibu perlu mengkonsumsi vitamin selama masa kehamilan? Apakah ada pengaruhnya bagi perkembangan janin bila ibu malas mengkonsumsi vitamin yang diberikan dokter?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr