Apakah seluruh aspek dalam hidup saya sudah seimbang?

Semua orang perlu mencari jati dirinya. Ketika Anda memikirkan hal itu Anda bertanya-tanya tentang keseimbangan hidup Anda.

247 views   |   1 shares
  • Semua orang perlu mencari jati dirinya. Ketika Anda memikirkan hal itu Anda bertanya-tanya tentang keseimbangan hidup Anda. Anda mungkin memiliki segalanya, bahkan orang lain merasa agak iri melihat keberuntungan Anda. Namun Anda sendiri merasakan sesuatu yang kurang, ada tempat yang kosong di hati Anda. Anda mulai bertanya-tanya, apakah semuanya sudah seimbang? Dan Anda menelusuri satu per satu aspek dalam kehidupan Anda.

  • Keluarga

  • Anda sudah berkeluarga, memiliki istri yang mencintai Anda sepenuh hati dan anak-anak yang lucu. Sebagian besar cita-cita Anda sudah tercapai. Anda mampu mengurus keluarga Anda, mereka tidak kekurangan, walau juga tidak terlalu berlebihan. Anda memperhatikan keluarga Anda, bermain bersama anak-anak Anda dan menikmati rekreasi bersama. Kehangatan rumah tangga Anda membuat Anda merasa bahagia.

  • Pekerjaan

  • Memang bukan pekerjaan yang Anda idam-idamkan. Anda bukan direktur sebuah perusahaan besar, Anda cuma pegawai bagian pembukuan. Namun gajinya cukup untuk hidup senang. Anda dapat pergi berlibur setahun sekali. Membeli baju baru dan mainan untuk anak-anak. Bos Anda cukup baik, Anda juga mempunyai rekan-rekan kerja yang menyenangkan. Setiap hari Anda pergi bekerja dengan senang hati tanpa beban atau perasaan stres.

  • Perumahan

  • Rumah Anda cukup nyaman, walau bukan di Pondok Indah, cuma di Bukit Indah tetapi rapi, bersih dan cukup besar. Ada halaman kecil dengan bunga-bunga cantik dan pohon belimbing yang rimbun. Gapura Bali menghias sebagai jalan masuk. Tetangga-tetangga Anda seperti keluarga besar yang menikmati hari-hari besar seperti hari kemerdekaan, hari Lebaran, Natal dan Tahun Baru bersama. Perayaan yang dimeriahkan dengan karaoke, makan-makan dan obrolan akrab. Lingkungan Anda juga aman berkat kegiatan siskamling yang tidak pernah diabaikan.

  • Kesehatan

  • Anda masih berusia 30-an, badan Anda masih bugar, paling-paling Anda kena pilek di musim hujan. Keluarga Anda juga sehat-sehat saja, anak-anak tumbuh dengan pesat. Bahkan istri Anda rajin berolahraga tanpa disuruh, badannya ramping walaupun sudah melahirkan anak beberapa kali. Tidak ada gangguan kesehatan yang serius dalam keluarga Anda.

  • Kerohanian

  • Nah, yang satu ini mungkin yang kurang Anda perhatikan. Anda sibuk dengan semua aspek lain dari kehidupan namun jiwa Anda kurang Anda perhatikan sehingga terasa kosong. Anda mungkin mulai berpikir walau Anda belum uzur bahwa kehidupan Anda tidak hanya di dunia ini, masih ada kehidupan lain yang lebih panjang. Anda tidak mempunyai pengharapan untuk memperoleh istana di sorga karena selama ini Anda melalaikan kehidupan rohani Anda. Anda juga tidak mempunyai jaminan bahwa anak-anak Anda akan mengikuti jalan hidup yang lurus.

  • Advertisement
  • Renungan

  • Walau Anda tidak menjalankan yoga, namun Anda mungkin suka merenungkan apa yang Anda inginkan dalam kehidupan ini. Jika secara jasmani Anda sudah memiliki semuanya, bagaimana dengan rohani Anda? Katakanlah Anda mungkin tidak ingin menjadi kiai, pendeta atau rohaniawan lainnya. Tetapi Anda memerlukan asupan rohani untuk keseimbangan hidup Anda. Anda perlu memperkenalkan anak-anak Anda dengan sisi rohani dari kehidupan ini untuk mendidik mereka menjadi orang yang baik. Juga supaya mereka tidak cepat putus asa jika menghadapi kesulitan. Supaya mereka memiliki iman dan kepercayaan untuk melawan godaan dan tantangan hidup. Kerohanian seperti lingkaran tak terlihat yang melindungi keluarga Anda.

Baca, hidupkan, bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Apakah seluruh aspek dalam hidup saya sudah seimbang?

Semua orang perlu mencari jati dirinya. Ketika Anda memikirkan hal itu Anda bertanya-tanya tentang keseimbangan hidup Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr